close

Kodak Photo Printer 605: Cocok Untuk Usaha Photobooth

Kodak Photo Printer Photobooth! Mungkin bagi orang-orang yang hidup di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung atau mungkin Bali nampaknya sudah tidak asing mendengar kata Photobooth. Bagi anda yang belum tahu apa sebenarnya Photobooth itu, kami akan memberikan penjelasan secara umum mengenai tempat yang satu ini. Photobooth yang notabene merupakan satu kalimat, sebenarnya terdiri dari 2 kalimat berbahasa Inggris, yaitu Photo dan Booth. Photo sendiri berarti foto, dan booth bisa kita artikan sebagai tempat, stan atau ruang. Jadi, Photobooth merupakan tempat yang digunakan untuk mengambil foto. Bagi kalian yang sering pergi ke Photobooth, tahukah kalian mesin yang digunakan untuk mencetak foto milik kalian? Yap, mesin itu adalah printer, namun yang pasti bukan printer dengan kemampuan biasa. Oleh karena itu, tidak jarang sebuah toko online memberikan kategori tersendiri untuk perangkat yang satu ini, yaitu Photobooth printer. Salah satu Photobooth printer yang bisa anda jumpai di pasaran printer ini adalah Kodak Photo Printer 605.

Kodak Photo Printer 605 merupakan suksesor dari tipe Photobooth printer Kodak 6850 yang telah tergolong printer tua. Meski merupakan suksesor dari tipe sebelumnya, bukan berarti Kodak Photo Printer 605 masih menggunakan fitur-fitur dari printer sebelumnya. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai printer Photobooth Kodak Photo Printer 605.

Overview

Kodak Photo Printer 605 bisa di golongkan sebagai printer yang digunakan untuk mencetak foto, oleh karena itu teknologi yang digunakan pun lebih mengedepankan hasil dibandingkan dengan kecepatan. Jika anda ingin mendirikan gerai Photobooth, Kodak Photo Printer 605 bisa dijadikan salah satu opsi printer yang akan anda gunakan nantinya. Hasil yang cukup bagus dan tahan lama menjadi salah satu pertimbangannya. Namun, beberapa orang menemukan jika dibalik kualitas gambar yang bagus, hasil cetak dari Kodak Photo Printer 605 sangat mudah untuk tergores. Untuk isu yang satu ini kami belum berani memastikan jika terdapat masalah pada thermal smear atau kualitas gambar dari Kodak 605.

Kodak Photo Printer
Bagian dalam Kodak Photo Printer 605

Kami juga menilai jika Photobooth printer yang satu ini, menghasilkan suara yang cukup berisik ketika melakukan operasi. Tapi, kami percaya jika hal tersebut sama sekali tidak mengganggu konsumen Photobooth anda. Jika dibandingkan dengan tipe printer yang digunakan pada Photobooth, Kodak Photo Printer 605 merupakan printer dengan suara terendah.

Kodak Photo Printer
Kodak Photo Printer 605

Para pelanggan berharap jika masalah yang ada pada Kodak 6800 dan 6850 telah diperbaiki ketika Kodak meluncurkan produk Kodak 605 ini. Kami juga menilai jika produk yang baru ini jauh lebih ringan dan mudah di pindahkan meski bentuknya tidak tergolong kecil dan cenderung besar.

Review Produk

Jika berbicara mengenai produk printer, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah masalah media cetak, kecepatan cetak dan hasil cetak. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas ketiga unsur tersebut dan lalu bisa kita simpulkan keunggulan dan kekurangan printer tersebut.

1. Media Cetak

Media cetak merupakan tempat yang bisa digunakan oleh sebuah printer untuk bisa menggambarkan/mencetak hasil. Untuk printer Kodak Photo Printer 605, memiliki media cetak yang tidak jauh berbeda dengan yang digunakan oleh tipe sebelumnya. Tentunya Kodak tidak mungkin mengeluarkan tipe baru tanpa adanya peningkatan performa. Pada Kodak 605, pengguna bisa menggunakan media cetak sebesar 9×6 inci dan 7×5 inci borderless (tanpa border) dengan membeli sebuah alat bernama “one time upgrade kit”. Tampaknya hal ini sedikit memakan biaya, dikarenakan banyak photo printer profesional sudah bisa mencetak pada media 9×6 inci dan 7×5 inci borderless tanpa tambahan satu alat pun. Yang di sayangkan lagi, alat tersebut masih harus diletakkan pada bagian atas printer sehinga menambah berat pinter dan semakin terlihat besar. Kodak 605 juga tidak bisa mencetak ukuran 6×9 inci, hal ini menjadi salah satu kelemahan dari pihak kodak melihat banyak produsen Photoboot printer telah menyediakan opsi cetak pada media sebesar 6×9 inci.

Kami mengapresiasi adanya fitur print catcher pada bagian depan printer. Fitur ini mungkin kebanyakan dilupakan oleh beberapa manufaktur lain dan hal ini cukup bagus untuk pihak Kodak. Dengan adanya fitur ini, konsumen Photobooth bisa mencetak foto mereka sendiri tanpa perlu terganggu intervensi dari operator. Kodak Photo Printer 605 bisa mencetak foto dengan ukuran 6×8 inci (15×20 cm), 5×7 inci (13×18 cm) dan 4×6 inci (10×15 cm).

2. Kecepatan Cetak

Kecepatan cetak dari Kodak Photo Printer 605 tampaknya sudah tidak perlu di ragukan lagi. Bahkan Photoboot printer yang satu ini mampu mencetak lebih cepat dibandingkan dengan model sebelumnya, yaitu Kodak 6850. Kodak 605 mampu mendetak dengan kecepatan 11 detik untuk dokumen 6×4 inci, 18.5 detik untuk kertas 7×5 inci dan 8×6 inci.

Ketika kita melakukan analisa mengenai kecepatan cetak sebuah printer, sebaiknya kita melakukan cetak secara terus menerus selama 1 menit. Mengapa hal tersebut dilakukan? Tak lain karena, banyak sekali manufaktur printer yang mengalami penurunan kecepatan ketika telah mencetak dokumen dalam waktu lebih dari 1 menit. Jadi, ketika kita melakukan hal tersebut kita akan mendapatkan hasil yang pasti.

3. Hasil Cetak

Kualitas hasil cetak bisa dikatakan sangat bagus. Dengan pewarnaan yang terjadi secara berkala, hasil dari cetak dari printer Kodak Photo Printer 605 tidak bisa dipungkiri jika sangat bagus. Dengan hasil cetak sebesar 300 dpi, printer ini cocok untuk digunakan pada Photobooth. Lalu mengapa hasilnya bisa sangat bagus? Hal tersebut tak lain karena printer Kodak 605 ini menggunakan teknologi Dye-Sub.

Kodak Photo Printer
Hasil cetak Kodak Photo Printer 605

Teknologi dye-sublimation merupakan sebuah proses yang digunakan untuk mencetak hasil fotografi dengan menggunakan teknik mencetak yang membedakan pita pewarna (dye) dengan kertas. Dye sendiri terbuat dari sebuah pita yang mampu melakukan konversi dan membedakan gas ketika panas muncul, lalu gas tersebut diserap oleh sebuah layer spesial yang bersentuhan langsung dengan kertas. Print head pada printer ini mampu menghasilkan panas yang akurat pada temperatur yang bervariasi. Print head mampu menciptakan nuansa warna yang berbeda sesuai dengan jumlah panas yang dihasilkan.

Print head pada Photobooth printer mampu menghasilkan 256 level dari setiap warna primer (Cyan, Magenta, Kuning) dan mampu menciptakan sebesar 16 juta warna lainnya dengan mengkombinasikan ketiga warna primer tersebut. Dengan menggunakan layer spesial, warna yang dihasilkan pada dye layer dapat langsung tersegel pada kertas dan hasilnya bisa terlindungi dari sinar UV, sidik jari dan bahkan mungkin air.

Hasil cetak dari Printer Kodak Photo Printer 605 tidak akan menghasilkan noda tinta, blur, atau noda bercak hasil sentuhan tangan. Hal tersebut dikarenakan hasil cetak dari Kodak 605 cukup kering dan siap di sentuh kapan pun, bahkan sesaat setelah keluar dari printer.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Kodak Photo Printer 605 merupakan sebuah produk yang cukup bagus dengan fasilitas fitur yang cukup memadai untuk sebuah Photobooth printer.

  • Keunggulan: Kemampuan cetak dari Kodak 605 sudah tidak perlu di ragukan lagi, ini merupakan printer dengan kemampuan cetak yang tinggi. Dengan desain bentuk yang cukup ramping, printer ini nyaman diletakkan dimanapun. Hasil cetak yang sangat berkualitas dan cepat, mampu meningkatkan efisiensi dari para pengusaha Photobooth. Printer ini cocok bagi anda yang sangat mengharapkan hasil yang bagus.
  • Kekurangan: Kami sangat terganggung dengan kemungkinan terjadinya paper jam dan hal tersebut tidak di rekomendasikan untuk sebuah studio cetak yang berkomitmen untuk menghasilkan gambar dengan cepat.

Pada anugrahpratama.com kita tidak memihak sebuah produk untuk untuk para konsumen, kami membiarkan konsumen menilai sendiri melalui review yang telah kami buat dan yang pasti kami tidak mungkin menjual produk yang memiliki kualitas yang buruk. Tujuan dari artikel ini adalah membantu anda mendapatkan produk terbaik bagi kebutuhan anda. Dengan memberikan sebuah review yang lengkap mengenai printer tersebut, kami mengharapkan anda bisa memilih printer yang terbaik dan cocok bagi kebutuhan anda.

12 Comments

  1. om, mau tanya dong. kami pake kodak 605, tiap kali kertas di ganti otomatis printer motong 5 lembar ukuran 4R, itu kenapa ya?bisa disetting ga ya?thanks.

    1. bantu jawab, itu memang sudah diprogram untuk “buang” 5lbr kertas pertama supaya menghindari kertas kotor karena kena sidik tangan ketika memasang roll kertas.

  2. Saya baru 2 minggu beli kodak 605, sebelumnya saya belum tahu hasil dari kodak 605, saya mengira hasil cetakanya sama seperti merk lain, dari satu jenis kertas bisa menghasilkan cetakan glosy atau metle (DOOF), karena ada teman yg punya merk lain dan bisa di pilih kuwalitas cetaknya, akan tetapi di kodak 605 tidak bisa, bahkan saya konfirmasi dengan tekhnisinya ternyata memang tidak bisa, pada hal sebelumnya saya berharap bisa. akhirnya saya kecewa, tp mau gimana lagi, nasi uda menjadi bubur, barang uda terlanjur di beli mau di jual lagi pasti rugi, di tukarpun cp yg mau,dan yg pasti harus nambah.

  3. Mas Karsulin @ MAAF BOLEH TAHU NGGAK TEMANNYA PAKE MESIN MERK DAN TIPE APA YANG BISA BUAT GLOSY DAN MATTE (DOFF)? JAZAKALLAH

  4. hallo salam kenal Anugrah Pratama……saya dari Papua Barat Kota Sorong….
    saya mau tanya kalo saya mau beli mesin foto kodak 605 caranya gimana ya?? maksi

  5. Hallo, saya baru saja membeli dan hasil cetakannya terdapat 1 garis lurus sepanjang kertas disisi kanan (sekitar 1 inch jarak dari sisi kanan) sudah coba di clean head juga tetap masih seperti itu. kira2 apa solusinya dan gimna menangani permasalahan ini?

Leave a Response