close

Keluarga Sony Xperia Z5 Termasuk Ponsel 4K Pertama di Dunia

Keluarga Sony Xperia Z5

Sony resmi memperkenalkan keluarga Sony Xperia Z5 setelah terakhir kalimeluncurkan Xperia Z3 dan Z3+. Sony mengklaim jika keluarga Sony Xperi Z5 adalah ponsel pintar dengan resolusi 4K pertama di dunia. Benarkah demikian?

Keluarga Sony Xperia Z5 Termasuk Ponsel 4K Pertama di Dunia

 

Nantinya akan ada tiga keluarga untuk Xperia Z5 yaitu Xperia Z5, Xperia Z5 Premium dan Xperia Z5 Compact. Sebelum membahas mengenai 4K display, walaupun tanpa fitur display 4K, Sony Xperia Z5 adalah ebuah ponsel pintar yang cukup menjanjikan. Akan dijual pada bulan November 2015 mendatang, Z5 Premium adalah versi yang sedikit lebih besar dan berkelas dari Xperia Z5 baru dan saudaranya yang lebih kecil yang Z5 Compact.

Fitur-fitur Keluarga Sony Xperia Z5

Sony Xperia Z5 Premium memiliki layar berukuran 5.5 inchi dibalut dengan kaca cermin yang mewah. Casing berwarna emas, krom hitam atau seperti cermin. Mengkilap, casing reflektif tampak hebat tapi itu cepat dirusak oleh sidik jari, sehingga sediakan kain kecil yang dapat berguna untuk membersihkan kaca tersebut. Seperti kebanyakan dari ponsel-ponsel Sony, Xperia Z5 Premium tahan air. Trio Xperia Z5 ini juga sangat tipis dan ringan, dan layar mengisi sebagian besar wajah depan. Ketiganya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 32 GB dapat ditambah dengan slot MicroSD eksternal.

Keluarga Sony Xperia Z5 Termasuk Ponsel 4K Pertama di Dunia

Sebuh fitur terbaru hadir untuk keluarga Sony Xperia Z5, yaitu scanner sidik jari, namun sayangnya akan membutuhkan waktu satu menit untuk menempatkannya dengan melihat gambar. Alih-alih sensor di tombol home (seperti iPhone) atau di bagian belakang di mana Anda tidak dapat melihatnya (seperti Samsung Galaxy S6) ponsel Z5 menyuguhkan sensor yang lebih halus dalam tombol di samping.

Prosesor yang digunakan oleh keluarga Sony Xperia Z5 adalah Qualcomm Snapdragon 810 dengan menggunakan Android Lollipop. fitur yang lain yaitu Sony menyertakan PlayStation Remote Play yang memungkinkan para pengguna menikmati game dari PS4 ke ponsel. Kamera yang disediakan keluarga dari Sony Xperia Z5 ini adalah 23 MP untuk kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan.

4K Display pada Ponsel Xperia Z5 Premium

4K display inilah yang menjadi satu titik jual atau kelebihan dari keluarga Sony Xperia Z5 ini. Sebelum membahas mengenai 4K itu sendiri, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu 4k display. 4K display adalah resolusi untuk layar atau konten dengan kualitas 4K atau 4.000 piksel. 4K ini biasanya dipakai di dunia perfilman yaitu sinematografi dan televisi digital. Nama 4K kemudian semakin dikenal dengan nama UHDTV (Ultra High Definition). 4K display pertama kali dipakai di bioskop pada tahun 2011. Dalam hal ini Sony merilis proyektor 4K pertamanya yang dipakai di bioskop-bioskop hingga saat ini. Lantas bagaimana jika ponsel memiliki 4K display seperti yang diklaim Sony untuk keluarga Sony Xperia Z5 nya?

Keluarga Sony Xperia Z5 Termasuk Ponsel 4K Pertama di Dunia

Sony Xperia Z5 Premium memiliki kelebihan 4K sedangkan Z5 reguler dibekali dengan layar full HD 1080p dan Z5 Compact dengan 720p. 4K adalah hal besar berikutnya dalam teknologi layar, menjanjikan banyak detail ekstra dikemas menjadi film, game dan video apakah Anda sedang menonton di televisi 4K atau syuting pada kamera 4K me. Hal ini sangat baru sehingga masih ada kekurangan hal yang harus diperhatikan.

Beberapa ponsel sudah menerapkan 4K untuk mengambil video seperti Samsung Galaxy Note 5 dan Sony Xperia Z3+ yang memungkinkan dapat melihat pada TV 4K. Tetapi Z5 Premium adalah ponsel pertama yang memungkinkan Anda untuk mengambil video 4K dan kemudian menonton kembali pada resolusi penuh pada perangkat yang sama. The Z5 Premium juga menupscales video yang kurang rinci dari Netflix atau YouTube atau sumber lain untuk 4K.

Pertanyaan besar adalah The apakah ada manfaat yang sebenarnya dalam memiliki ponsel dengan memiliki 4K display seperti salah satu dari keluarga Sony Xperia Z5 ini? Sebuah jumlah besar detail tambahan di TV besar adalah satu hal, tapi terbuka untuk diperdebatkan apakah pada ukuran yang lebih kecil ini Anda benar-benar akan dapat melihat perbedaan antara 4K video dan video definisi tinggi, yang sudah cukup menyenangkan untuk mata.

Issue yang lain dari memiliki ponsel 4K display adalah bagaimanan ketahanan baterai. Sony mengklaim juga bahwa keluarga dari Sony Xperia Z5 ini memiliki baterai yang dapat bertahan hingga dua hari (Z5 dan Z5 Compact) karena berkapasitas 3,600 mAh, sedangkan untuk Z5 adalah 2900 mAh dan Z5 Compact daya baterai 2700 mAh. Hal ini berarti Anda dapat memiliki waktu normal 2 hari menggunakan ponsel untuk melakukan panggilan, menonton video 4K dan melakukan aktifitas internet.

Jadi, pembeda atas keluarga Sony Xperia Z5 adalah pada ukuran layar. Xperia Z5 reguler memiliki ukuran layar 5,5 inchi sedangkan Z5 dan Z5 Compact memiliki ukuran layar 5,2 inchi. Selain itu Z5 Premium dilengkapi dengan 4K display sedangkan Z5 dan Z5 Compact tidak.

Rekomendasi

Banyak yang akan bergantung pada harga dari Sony Xperia Z5 premium: kurangnya konten, bahaya dari overheating dan keraguan tentang bagaimana Anda dapat membedakan ukuran layar berarti tidak akan membayar biaya ekstra untuk menikmati 4K. Mungkin saja Anda akan tertarik pada Z5 reguler dengan full HD display. Namun tanpa layar resolusi 4K, ponsel Z5 reguler tidak ‘bertaring’.

 

Leave a Response