close

Find My iPhone: Menemukan iPhone Yang Hilang

Jika iPhone anda tidak berada lagi disekitar anda, lalu anda mencari di tempat yang mungkin anda kunjungi sebelumnya, tapi masih tanpa hasil. Lalu pada akhirnya anda berpikir bahwa iPhone anda hilang dan anda khawatir tentang data-data yang ada pada iPhone anda. Jangan khawatir, kami memberikan tips menemukan iPhone yang hilang dengan aplikasi Find My iPhone.tips menemukan iPhone yang hilang 6

Tercurinya data-data pribadi seperti dokumen, foto, video atau berkas-berkas lainnya yang ada di dalam iPhone mampu menyebabkan dampak yang lebih besar dibandingkan dengan kehilangan gadget yang lebih mahal. iPhone anda mungkin saja sebuah perangkat yang paling berpengaruh terhadap hidup anda, sehingga anda tidak ingin seseorang mendapatkan akses pribadi anda seperti akun email, eBanking atau social media anda.

Ini dia yang harus anda lakukan untuk menemukan iPhone yang hilang, aplikasi Find my iPhone akan sangat berguna dalam menemukan iPhone anda.

Gunakan aplikasi Find My iPhone

Dengan kekuatan dari berkembangnya sistem iCloud, sekarang memungkinkan untuk anda mengakses keberadaan iPhone anda. Dengan syarat iPhone anda memiliki koneksi data dari ISP (Internet Service Provider). Aplikasi Find My iPhone tidak berfungsi jika anda tidak memiliki konesi data atau jika iPhone anda berada dalam kondisi mati. Untuk menemukan iPhone yang hilang, setidaknya diperlukan iPhone yang menyala, servis aplikasi Find My iPhone dan disertai dengan memiliki paket data/terhubung ke internet.

tips menemukan iPhone yang hilang
Tampilan web iCloud untuk melacak iPhone yang hilang

Jika iPhone anda terhubung dengan servis aplikasi Find My iPhone dan disertai dengan paket data. Kini anda bisa membuka website iCloud.com, login dengan Apple ID anda dan pastikan jika password yang anda isikan sesuai dengan ID anda. Setujui ijin yang ditawarkan oleh pihak Apple dan klik pada menu Find My iPhone. iCloud akan memberikan anda lokasi dari perangkat anda, jika ditemukan anda bisa melacak iPhone anda, apakah dalam keadaan sedang dibawa oleh seseorang (bergerak), atau dalam keadaan diam (anda lupa meletakannya terakhir kali dimana) atau mungkin dalam keadaan diam tapi berada di tempat yang berbeda dari tempat terakhir kali anda meletakkannya.

tips menemukan iPhone yang hilang
Fitur wipe via iCloud

Dengan menggunakan fasilitas yang ada pada iCloud.com, sangat memungkinkan untuk melakukan remote wipe (menghilangkan seluruh data pada iPhone), sehingga smartphone besutan Apple ini berada pada keadaan factory settings dan setidaknya data anda tidak ada yang tercuri. Anda bisa melakukan ini dengan cara yang hampir sama dengan melacak iPhone anda, anda login melalui web iCloud.com, lalu pilih fitur Find My iPhone dan pilih perangkat yang terhubung dengan iCloud tersebut (iPhone anda yang hilang) dan nyalakan fitur Lost Mode. Lalu jangan lupa untuk meninggalkan sebuah pesan dan nomer telpon yang bisa dihubungi. Hal ini ditujukan barangkali seseorang yang menemukan iPhone anda ingin mengembalikannya atau meninggalkan iPhone tersebut disuatu tempat.

Jika iPhone anda telah menggunakan sistem operasi iOS 7, anda malah mendapatkan keuntungan untuk keselamatan data anda. Meskipun telah dilakukan wipe terhadap device anda, sistem operasi iOS 7 akan tetap meminta personal Apple ID anda dan passwordnya agar bisa tetap digunakan. Selama orang yang menemukan iPhone anda tidak bisa membuka personal Apple ID anda, ponsel tidak akan bisa digunakan. Hal tersebut membuat para pencuri serasa tidak berguna mencuri iPhone anda dan biarpun dibawa ke pihak Apple, pihak Apple menolak untuk memberikan bantuan membuka iPhone tersebut.

tips menemukan iPhone yang hilang
Perbedaan iOS 6 dan iOS 7

Bagaimana jika anda tidak bisa menemukannya?

Jika anda tidak bisa menemukannya atau cara diatas tidak berfungsi untuk menemukan iPhone yang hilang, masih ada beberapa cara yang dapat memastikan jika akun Apple ID anda dan beberapa akun penting lainnya tidak tercuri.

Anda mungkin tidak menduga jika alamat email anda merupakan salah satu hal yang penting. Kenapa alamat email ini begitu penting. Pertama, Email ini merupakan tempat reset password dari personal akun Apple ID anda, jika seseorang mendapatkan email anda maka oang tersebut bisa dengan mudah mengubah password Apple ID anda. Kedua, secara tidak langsung akun bank atau beberapa akun financial menggunakan email anda, dan apakah anda bisa membayangkan jika password yang anda gunakan jatuh ke tangan orang yang salah, atau mungkin orang tersebut mengganti password-nya. Lalu apa yang harus anda lakukan? Segeralah buka email anda, dan lakukan revoked ketika cara-cara diatas tidak bisa dilakukan.

Twitter dan Facebook yang terintegrasi dengan iOS 7 bisa juga dilakukan revoke. Anda bisa mengakses website utama twitter lalu masuk ke menu Setting > Apps, lalu klik revoke pada aplikasi yang terhubung dengan aplikasi anda. Jika anda terhubung secara khusus dengan twitter, tentunya anda tidak dapat melakukan hal ini, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengganti password Twitter anda. Sama halnya dengan twitter, anda bisa melakukan hal yang sama pada akun Facebook anda.

tips menemukan iPhone yang hilang
Revoke akses pada laman Twitter

Hal ini cukup penting, dan kami harapkan anda melakukannya secepat mungkin ketika cara yang pertama benar-benar tidak bisa dilakukan.

tips menemukan iPhone yang hilang
Revoke akses pada laman Facebook

Ketika semua akun telah selesai di revoke, anda mungkin tidak perlu lagi menghubungi polisi, karena ditahap ini sebaiknya anda mengikhlaskan jika iPhone anda yang telah hilang. Anda hanya bisa berpasrah bahwa suatu saat nanti akan ada seseorang yang dengan baik hati mengembalikan iPhone anda.

Sedia payung sebelum hujan

Ketika anda membaca artikel ini dan iPhone anda tidak dalam keadaan hilang. Maka sebaiknya yang anda lakukan sekarang adalah mengunci iPhone anda dengan passcode sesuai privasi anda. Pastikan juga  iPhone anda terhubung dengan servis Find My iPhone, anda bisa mengaturnya pada Settings > iCloud, hal ini akan menambahkan keamanan pada perangkat anda ketika hilang. Jika anda belum berada pada iOS 7, maka segeralah untuk memperbaharui versi OS anda, karena dengan menggunakan iOS 7 akan membuat data-data anda semakin private.

Jika anda pernah mengalami kehilangan iPhone, langkah apa yang anda ambil? Apakah anda menggunakan salah satu cara diatas? Kami akan sangat senang untuk mengetahui kisah anda.

Leave a Response