close
Info Komputer

Pengertian dan Fungsi Lainnya dengan Menggunakan Mikrotik

Pengertian dan Fungsi Lainnya dengan Menggunakan Mikrotik

Pengertian dan fungsi lainnya dengan menggunakan Mikrotik. Ada yang sudah tahu tentang mikrotik? Mikrotik merupakan sistem operasi Linux base yang digunakan untuk network router. Buat para penggunanya ini tentu akan sangat mudah, karena mikrotik didesain untuk memberikan kemudahan.

Salah satu sistem administrasinya yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan Windows Application (Winbox). Selain itu, proses instalasi-nya juga bisa dilakukan dengan menggunakan Standard Computer. Mikrotik memiliki banyak fungsi dan tentunya membutuhkan resource yang besar untuk penggunannya serta mikrotik biasanya digunakan router yang ada pada PC.

Jadi dalam hal ini kalian perlu memilih router mikrotiknya yang paling memadai sehingga kinerja tidak terganggu. Secara umum, mikrotik merupakan sistem operasi dan perangkat lunak untuk router yang bisa digunakan di PC/komputer.

Selain itu mikrotik juga didesain khusus untuk memudahkan berbagai keperluan jaringan komputer. Dimulai dari merancang bangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga skala jaringan yang kompleks.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, mikrotik juga memiliki banyak fitur yang membuat mikrotik semakin diminati penggunanya. Pengertian dan Fungsi Lainnya dengan menggunakan Mikrotik. Contoh fiturnya adalah:

  • Ipsec
  • Caching DNS Client
  • Routing Static Routing
  • Firewall dan NAT
  • Web Proxy
  • UpnP
  • SNMP
  • MNDP
  • Monitoring atau accounting
  • Tools dan masih banyak fitur lainnya

Nah ini dia biar kalian tidak bingung juga, mikrotik sama router tentu berbeda ya. Router merupakan perangkat yang menjembatani jaringan sedangkan mikrotik adalah sistem operasi yang masuk kedalam bagian open source system akan tetapi tidak termasuk software gratisan.

OpenDNS merupakan penyedia layanan DNS resolution yang dimana memiliki salah satu fitur yaitu phising protection dan content filtering yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Mikrotik yang merupakan sistem operasi, banyak digunakan di perusahaan skala UKM, rumah sakit bahkan tingkat pemerintahan.

Apabila kalian menggunakan Mikrotik sebagai gateway untuk melakukan akses internet dirumah atau dimana manapun kalian bisa menggunakan OpenDNS untuk membahkan fitur proteksi maupun content filtering untuk di jaringan kita.

Sekian pembahasan dari anugrahpratama mengenai pengertian dan fungsi lainnya dengan menggunakan Mikrotik. Semoga bermanfaat ya dan buat kalian yang berkecimpung didunia jaringan bisa mulai mencoba mempelajari teknisnya ^^

Tags : mikrotikrouter