Hasil Pendaftaran PPDB Online, Begini Caranya Melihatnya!

anugrahpratama.com – PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) menjadi momen penting bagi para orang tua yang sedang mencari sekolah terbaik untuk anak-anak mereka. Di era digital ini, pendaftaran PPDB semakin mudah dilakukan berkat sistem layanan online yang dapat diakses melalui Internet. Bagi Sobat AP yang tengah menantikan hasil pendaftaran PPDB online, berikut ini kami akan menjelaskan langkah-langkahnya.

Cara Melihat Hasil Pendaftaran PPDB Online

Sumber: Channel Youtube Denuffa

1. Langkah Pertama: Mengunjungi Situs Resmi PPDB

Langkah awal untuk melihat hasil pendaftaran PPDB online adalah mengunjungi situs resmi PPDB yang ditetapkan oleh masing-masing daerah. Situs ini biasanya memberikan informasi terkait jadwal, prosedur, dan hasil pendaftaran PPDB.

Tapi pastikan perangkat yang sobat AP gunakan sudah memadai untuk mengakses situs tersebut ya. Bisa menggunakan Laptop atau Komputer yang mendukung, agar sobat AP dapat mengakses situs dengan lancer.

Cari tahu alamat situs resmi PPDB melalui pengumuman yang telah diberikan atau dengan menghubungi pihak sekolah. Jangan lupa juga untuk Cek nomor pendaftaran yang tertera dalam formulir bukti pendaftaran.

2. Langkah Kedua: Masuk ke Halaman Pencarian

Setelah mengakses situs resmi PPDB, carilah halaman pencarian atau portal yang menyediakan layanan untuk melihat hasil pendaftaran. Pada halaman ini, Sobat AP akan diminta untuk mengisi 14 digit nomor pendaftaran di kolom pencarian sebelah pojok kanan.

3. Langkah Ketiga: Memperoleh Hasil Pendaftaran

klik tombol “Cari” atau “Lihat Hasil” untuk memperoleh informasi mengenai hasil pendaftaran PPDB online. Biasanya, sistem akan menampilkan status pendaftaran, seperti diterima, tidak diterima, atau masih dalam proses verifikasi.

Saat sudah muncul datanya, lihat pada bagian paling bawah halaman untuk melihat hasil seleksinya. Jika diterima, situs tersebut juga biasanya memberikan informasi terkait jadwal dan prosedur pendaftaran selanjutnya.

Baca juga: Guru dan Pelajar Wajib Tahu! Ini 4 Jenis Peralatan TIK Rekomendasi Kemdikbud Untuk DAK

Daftar Ulang Setelah Hasil Pendaftaran PPDB Online

Daftar Ulang Setelah Hasil Pendaftaran PPDB Online
Sumber foto: freepik.com

Mengacu pada Permendikbud Nomor 1/2021 tentang PPDB TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, penetapan peserta didik baru dilaksanakan berdasar hasil rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala sekolah dan ditetapkan melalui keputusan kepala sekolah. Jika keputusan kepala sekolah belum definitif, maka penentuan peserta didik dilaksanakan oleh pejabat yang berwenang.

Namun, untuk penerimaan peserta didik baru pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan, dapat dilakukan seleksi khusus sebelum pengumuman penentuan peserta didik baru. Pastikan Sobat AP selalu memantau situs resmi PPDB atau menghubungi pihak sekolah untuk memperoleh informasi terbaru.

Setelah penentuan siswa baru, siswa tersebut perlu melakukan proses daftar ulang untuk memastikan statusnya sebagai peserta didik di sekolah yang diterima. Daftar ulang ini harus dilakukan dengan menyertakan dokumen asli yang diperlukan.

Baca juga: Solusi praktis memilih menggunakan laptop chromebook untuk pelajar

Penutup

Ringkasnya, melihat hasil pendaftaran PPDB online dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana, yaitu mengunjungi situs resmi PPDB, masuk ke halaman pencarian, dan memperoleh hasil pendaftaran. Dengan menggunakan kemudahan layanan online, Sobat AP dapat memantau dan memperoleh informasi terkini mengenai status pendaftaran anak-anak, adik, atau saudara dari Sobat AP.

Video rekomendasi:

Produk rekomendasi:

Anugrahpratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia

Telepon: 031-33601117
Whatsapp: 08113127777

Leave a Reply