close

Mendeteksi Aplikasi Boros Baterai Pada Android

mendeteksi aplikasi pembunuh android

Semua orang pengguna Android pasti pernah merasakan jika Android yang digunakan sangat boros baterai. Banyak sekali artikel yang membahas cara menghemat baterai Android yang baik, namun kurang membahasan mengenai aplikasi yang boros baterai. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang menemukan aplikasi Android boros baterai.mendeteksi aplikasi pembunuh android

Tanpa anda sadari aplikasi yang berjalan dalam smartphone Android bisa menghabiskan baterai ponsel anda secara signifikan. Beberapa aplikasi bahkan berjalan seperti malware yang hanya memberatkan kinerja ponsel, namun beberapa juga mungkin lebih dari itu. Hal itu disebabkan oleh desain aplikasi yang buruk atau mungkin aplikasi tersebut memang didesain seperti itu sehingga memberatkan kinerja ponsel anda.

Jika cara anda menangani hal ini dengan menginstall aplikasi task killer atau RAM booster, maka anda telah melakukan kesalahan. Aplikasi task killer dan RAM booster tidak baik untuk ponsel anda dan seharusnya ponsel ini tidak anda pasang pada smartphone Android anda. Aplikasi yang anda butuhkan adalah aplikasi yang mampu melakukan diagnostik pada ponsel anda.

Berikut ini beberapa aplikasi yang mampu mendeteksi aplikasi mana yang boros baterai dan membuat baterai gadget Android Anda cepat habis.

Wakelock Detector

Android dibangun dengan manajemen baterai yang buruk. Ketika anda tidak menggunakan ponsel anda, lalu mematikan layarnya, Android akan mengistirahatkan CPU dari ponsel anda. Aplikasi yang sedang anda jalankan mungkin tetap berjalan saat ponsel anda mati. Mungkin proses ini cukup berguna untuk beberapa aplikasi seperti game, namun kebanyakan kasus, proses seperti ini akan memboroskan baterai ponsel Android Anda.

mendeteksi aplikasi pembunuh android

Wakelock Detector merupakan aplikasi yang melakukan cek terhadap aplikasi yang tetap berjalan saat gadget anda mati (wakelock). Jadi aplikasi ini akan memadamkan aplikasi yang mengalami wakelock tersebut sehingga smartphone android anda beristirahat dengan benar dan hanya mengkonsumsi sedikit energy dari baterai yang ada. Selain itu anda bisa melihat, aplikasi mana yang sering mengalami wakelock dan seberapa besar menghabiskan tenaga dari baterai anda.

Aplikasi ini bekerja dengan simple dan efisien. Anda bisa membedakan antara partial wakelock (CPU bekerja, layar mati) dan full wakelock (CPU bekerja, layar bekerja). Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mengetahui aplikasi Android yang boros baterai, dan anda bisa mematikan atau meng-uninstall aplikasi tersebut.

GSam Battery Monitor

Sangat banyak aplikasi yang mampu melakukan tracking pada penggunaan baterai, namun tidak ada aplikasi tracking baterai yang seefisien dan useful seperti GSam Battery Monitor. Kenapa aplikasi ini berbeda? Karena aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai tools yang berbeda yang mampu membatu anda dalam mengatur konsumsi baterai anda seminimal mungkin, sehingga bisa menghemat baterai ponsel Android anda.

mendeteksi aplikasi pembunuh android
Gsam Battery Monitory

Home screen dari aplikasi ini memberikan tampilan yang sekilas tampak memudahkan anda dalam memonitor penggunaan baterai anda berdasarkan kategorinya, seperti telepon masuk, nyala layar, aktivitas WiFi, dan sebagainya. Jika Anda mempunyai aplikasi yang memiliki desain buruk yang hanya akan menghabiskan baterai anda, aplikasi ini bisa melihat setiap detail yang berlangsung, anda juga memiliki opsi untuk mematikannya termasuk melihat detail dari wakelock.

Aplikasi ini memberikan anda detail yang bagus karena menggunakan tabel untuk menggambarkan situasi pemakaian baterai pada handphone anda. Selama GSam Battery Monitor berjalan, aplikasi ini akan memberikan anda detail dari pemakaian, seperti temperature baterai, sinyal ponsel dan konsumsi baterai. Jadi dengan aplikasi GSam Battery Monitor anda bisa me-monitor aplikasi yang boros baterai.

Aplikasi ini bisa berjalan pada device Android yang belum di root, namun jika anda menggunakannya pada smartphone yang telah di root hal ini akan memberikan anda berbagai informasi tambahan, seperti wakelock, sensor data, dan banyak lagi. Terdapat 2 versi untuk aplikasi ini, yang pertama adalah versi free atau gratis, namun terdapat iklan ketika anda menggunakannya. Kedua, adalah versi Pro yang memberikan lebih banyak informasi dan tidak ada iklan, untuk versi Pro anda bisa membayarnya seharga Rp 25.000 saja.

Watchdog Task Manager

Watchdog Task Manager merupakan aplikasi yang cukup lama – pembaharuan terakhir berada pada bulan February 2012 – nyatanya aplikasi tersebut masih cukup layak untuk digunakan samapi saat ini. Ini merupakan salah satu aplikasi terbaik yang mampu menindentifikasi aplikasi yang memakan banyak konsumsi tenaga baterai anda, terutama untuk anda yang memiliki kebiasaan mencoba beberapa aplikasi baru pada smartphone Android anda.

mendeteksi aplikasi pembunuh android
Watchdog Task Manager

Penting untuk diketahui, Watchdog bukanlah aplikasi task killer yang automatis. Aplikasi ini tidak semena-mena menghentikan kinerja aplikasi yang berjalan pada background, karena aplikasi ini juga bekerja di background.

Watchdog merupakan bisa dianalogikan seperti sebuah monitor. Aplikasi ini melakukan tracking pada CPU yang digunakan oleh beberapa aplikasi pada satu waktu. Ketika Watchdog melihat sebuah kejanggalan pemakaian oleh sebuah aplikasi, Watchdog akan mengirimkan sebuah peringatan kepada anda mengenai detail masalah aplikasi tersebut, dan anda akan memiliki opsi untuk menghentikan aplikasi tersebut atau tetap menggunakannya. Teknik ini cukup cermat, tidak langsung menghentikannya tetapi memberikan pilihan kepada anda sebagai administrator utama.

Watchdog juga memiliki fitur whitelist dan blacklist. Aplikasi yang berada dalam whitelist tidak akan mendapatkan peringatan meskipun aplikasi tersebut menggunakan CPU secara tidak wajar, sedangkan untuk aplikasi yang berada pada blacklist akan langsung diberhentikan ketika aplikasi tersebut menggunakan batas penggunaan CPU yang telah ditentukan. Sayangnya fitur blacklist ini hanya terdapat pada versi berbayar.

Sama halnya seperti aplikasi GSam Battery Monitor, Watchdog juga memiliki 2 versi, yaitu versi berbayar dan gratis. Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 42.000 untuk mendapatkan fitur lengkapnya.

Satu-satunya hal yang menjadi kelemahan aplikasi Watchdog ini adalah pembaharuan yang sudah diberhentikan. Namun untuk saat ini aplikasi ini masih berjalan cukup baik, tapi kedepannya dengan sistem operasi Android yang terus berkembang, ditakutkan bahwa aplikasi ini tidak sesuai dengan beberapa fitur baru termasuk manajemen memori Android yang terus diperbaharui.

Bagaimana anda mendeteksi aplikasi boros baterai pada Android?

Jika anda merasa bahwa beberapa cara diatas tidak cukup membantu, apakah anda memiliki sebuah pandangan mengenai aplikasi yang dapat mendeteksi aplikasi yang boros baterai?

Apakah ada diagnosa yang kami lewatkan? Apakah ada yang kurang lengkap? Jika anda memiliki teknik lainnya untuk meningkatkan kinerja baterai Android anda, anda bisa berbagi bersama kami. Tinggalkan komentar anda dibawah ini, kami akan sangat senang mendengar tanggapan anda.

1 Comment

Leave a Response