close
ReviewTips & Trick

Keunggulan teknologi wireless pada perangkat IT Anda

teknologi wireless

Keunggulan teknologi wireless menjadi trend pada perangkat IT saat ini. Perlu Anda ketahui bahwa teknologi wireless atau nirkabel adalah suatu pengembangan teknologi konektifitas dimana untuk mengubungkan dari suatu perangkat IT ke perangkat IT lain tidak lagi menggunakan kabel. Penggunaan teknologi nirkabel dulu banyak dikenal saat handphone menggunakan sinar infra merah (infrared) untuk melakukan pemindahan data tanpa menggunakan kabel.

Semakin berkembang infrared tidak lagi digunakan dan banyak beralih ke teknologi bluetooth hingga wifi. Kemudian perangkat yang menggunakan teknologi wireless saat ini tidak hanya pada smartphone saja, namun telah berkembang ke perangkat IT lainnya. Contoh alat IT yang saat ini menggunakan teknologi wireless adalah smart tv, lampu rumah, speaker, bahkan untuk mengisi ulang baterai juga bisa tanpa menggunakan kabel.

Dalam artikel ini anugrahpratama.com akan memberikan informasi singkat tentang keuntungan menggunakan perangkat IT yang telah mendukung teknologi wireless. Ada empat keuntungan yang akan kami kupas dalam artikel ini mulai dari sisi fashion hingga dampak terhadap lingkungan.

Lebih gaya dengan perangkat tanpa kabel

Misalnya diambil contoh ketika Anda menggunakan headset dengan kabel, jika dibandingkan dengan perangkat headset bluetooth (earphone) maka akan lebih stylist jika menggunakan headset dengan teknologi bluetooth. Apalagi jika perangkat bluetooth ini digunakan di tempat umum atau dimanapun, maka Anda akan tampil lebih canggih jika dibandingkan dengan bluetooth dengan kabel.

Lebih efesien saat bekerja

Jika Anda adalah orang dengan mobilitas tinggi, mungkin Anda termasuk orang yang membutuhkan perangkat IT dengan teknologi wireless ini. Misalnya saja jika Anda butuh melakukan telepon banyak orang setiap hari, maka dengan teknologi wireless Anda tidak perlu lagi ribet untuk melakukan panggilan atau mengangkat telepon.

Anda dapat melakukan perintah untuk menelepon seseorang hanya dengan earphone atau headsfree yang Anda gunakan. Dengan teknologi ini Anda tinggal melakukan perintah jarak jauh kepada smartphone Anda, baik itu perintah untuk melakukan panggilan kepada seseorang dalam kontak Anda atau bahkan mengangkat panggilan masuk. Dengan demikian Anda akan semakin efesien saat bekerja dengan mobilitas tinggi.

Mempengaruhi estetika

Anda mungkin akan lebih tidak nyaman saat melihat kabel yang berantakan dirumah yang terhubung ke speaker, perangkat televisi hingga yang selainnya. Dengan keunggulan teknologi wireless ini, Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi kabel untuk menyalakan perangkat IT. Dan Anda bisa meletakan perangkat IT yang mendukung teknologi wireless dimanapun meski berjauhan dari colokan listrik, karena saat ini juga telah dikembangkan perangkat listrik tanpa kabel.

Selain itu Anda tidak perlu mendengarkan musik dengan menghubungkan perangkat smartphone Anda dengan speaker menggunakan kabel. Anda dapat mengendalikan musik di speaker dari jarak jauh dengan teknologi wireless.

Lebih ramah lingkungan

Dengan adanya teknologi wireless akan menekan produksi kabel dan industrinya. Dengan demikian ini akan mengurangi berbagai kerusakan lingkungan yang diakibatkan industri kabel, termasuk penggunaan logam, plastik dan sebagainya yang biasanya ada dalam perangkat kabel.

Tags : bluetoothinfraredteknologiwifiwireless