close
Tips & Trick

Tips hemat paket data internet smartphone

tips hemat paket data internet

Tips hemat paket data ini akan membantu Anda mengurangi biaya penggunaan internet dan internet habis sesuai dengan tempo waktunya. Berikut anugrahpratama.com memberikan tips agar Anda lebih hemat paket internet.

Gunakan konten offline

Salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk lebih hemat kuota dari Internet adalah mengunduh atau memutuskan konten. Dengan cara ini, Anda dapat lebih hemat kuota Anda, karena Anda hanya perlu menggunakan data internet sekali, tetapi Anda dapat menikmati konten berulang kali.

Konten, seperti musik, video, gambar, atau dokumen, adalah file yang sering Anda buka beberapa kali. Karena itu, lebih baik Anda mengunduhnya atau memanfaatkan mode offline di aplikasi yang menawarkannya. Misalnya video YouTube.

Melalui aplikasi resmi, kini Anda juga dapat membuat konten video offline. Karenanya, Anda dapat menikmati video ini meskipun Anda tidak terhubung ke koneksi Internet. Namun, harap dicatat bahwa tidak semua konten video dapat terputus.

Penghemat data

Penghemat Data adalah fitur yang sangat populer belakangan ini. Banyak aplikasi sudah mulai mengembangkan pelindung data, seperti Google Chrome, Opera dan lainnya. Penghemat Data adalah fungsi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi menentukan penggunaan data yang benar, sehingga tidak memakan banyak data di Internet.

Jika Anda menggunakan versi Android yang cukup baru, Anda juga dapat mengonfigurasi Penghemat Data untuk perangkat Android secara keseluruhan.

Batasi penggunaan internet

Anda menggunakan banyak biaya internet karena Anda tidak tahu berapa banyak yang telah Anda belanjakan. Ini, tentu saja, bisa lebih pintar dengan menetapkan batas jumlah kuota yang bisa Anda pakai, sehingga Anda tidak menggunakannya secara berlebihan.

Secara default, ponsel Android dilengkapi dengan fitur untuk membatasi penggunaan data Internet yang Anda gunakan.

Jangan disinkronkan

Sinkronisasi adalah salah satu proses yang menghabiskan sebagian besar Internet, karena aplikasi akan secara otomatis membuat perangkat terhubung ke informasi berbagi Internet. Jadi, agar proses sinkronisasi ini tidak menghabiskan kuota Anda, Google memberikan fleksibilitas sehingga Anda dapat menonaktifkan fitur sinkronisasi.

Selain dapat lebih hemat data, menonaktifkan sinkronisasi otomatis di Android dapat menghemat penggunaan baterai di perangkat Anda.

Demikian tips hemat paket data internet dari anugrahpratama.com untuk Anda. Dengan demikian Anda bisa lebih hemat data internet dan juga menghemat keuangan.

Tags : androidinternetpaket datapaket internetsmartphone