Mempercepat Kinerja Google ChromeHappy relaxed asian young businessman in glasses sitting at workplace with hands over head and eyes closed and dreaming at white background

anugrahpratama.com – Google Chrome telah menjadi salah satu browser web terpopuler di dunia, tetapi terkadang kinerjanya dapat menjadi lambat. Apakah Sobat AP ingin mempercepat kinerja google chrome?

Artikel ini akan memberikan Sobat AP 7 tips eksklusif untuk mempercepat Google Chrome. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Sobat AP dapat mengoptimalkan kinerja browser Sobat AP, menghemat waktu, dan meningkatkan pengalaman online Sobat AP. Yuk, simak tips-tips menarik berikut ini!

Baca juga: Berbagai macam browser terbaik, google chrome vs firefox

Cara Eksklusif Untuk Mempercepat Kinerja Google Chrome

Cheerful-Asian-man-showing-thumbs-up-and-looking-at-camera-mempercepat-kinerja-google-chrome
Ilustrasi: freepik.com

1. Perbarui Google Chrome secara Teratur Untuk Mempercepat Kinerja Google Chrome

Perbarui-Google-Chrome-secara-Teratur-mempercepat-kinerja-google-chrome

Pastikan Sobat AP selalu menggunakan versi terbaru Google Chrome. Perbarui browser Sobat AP secara berkala untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru dan perbaikan bug yang dapat meningkatkan kecepatan dan kestabilan. Google Chrome biasanya melakukan pembaruan otomatis, tetapi Sobat AP juga dapat memeriksa pembaruan manual dengan mengklik ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih “Pengaturan,” lalu klik “Tentang Chrome.”

2. Kurangi Jumlah Ekstensi Agar Dapat Mempercepat Kinerja Google Chrome

Kurangi-Jumlah-Ekstensi-mempercepat-kinerja-google-chrome

Ekstensi Chrome dapat menyediakan berbagai fitur tambahan yang bermanfaat, tetapi terlalu banyak ekstensi dapat memperlambat kinerja browser Sobat AP. Hapus ekstensi yang tidak Sobat AP gunakan secara teratur dan pertimbangkan untuk mengaktifkan mode penyamaran saat browsing tanpa ekstensi.

3. Hapus Riwayat Penjelajahan dan Cache:

Hapus-Riwayat-Penjelajahan-dan-Cache-mempercepat-kinerja-google-chrome

Cache dan riwayat penjelajahan yang terlalu besar dapat memperlambat Google Chrome. Menghapus riwayat penjelajahan dan cache secara berkala dapat membantu mempercepat kinerja browser Sobat AP. Untuk melakukan ini, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih “Lebih banyak alat,” lalu pilih “Hapus data penjelajahan.” Pastikan untuk memilih “Riwayat penjelajahan” dan “File dan gambar cache” sebelum mengklik “Hapus data.”

4. Aktifkan Fitur Praperendering:

Aktifkan Fitur Praperendering
Ilustrasi: freepik.com

Google Chrome memiliki fitur praperendering yang memuat halaman web di latar belakang sebelum Sobat AP mengklik tautan. Fitur ini dapat membantu mempercepat waktu pemuatan halaman. Aktifkan fitur ini dengan mengklik ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih “Pengaturan,” gulir ke bawah, dan pilih “Lanjutan.” Di bawah bagian “Privasi dan Keamanan,” centang kotak “Praperendering halaman yang mungkin Sobat AP kunjungi selanjutnya.”

5. Nonaktifkan Penggunaan Flash:

Nonaktifkan Penggunaan Flash
Ilustrasi: freepik.com

Flash merupakan teknologi yang sudah usang dan rentan terhadap serangan keamanan. Dalam banyak kasus, Flash dapat memperlambat kinerja Google Chrome. Nonaktifkan penggunaan Flash dengan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih “Pengaturan,” gulir ke bawah, pilih “Lanjutan,” dan di bawah bagian “Privasi dan Keamanan,” pilih “Pengaturan konten.” Di sana, nonaktifkan opsi “Izinkan situs web menggunakan Flash.”

6. Gunakan Fitur Penghemat Data:

Illustration of social media concept-Gunakan Fitur Penghemat Data
Ilustrasi: freepik.com

Google Chrome dilengkapi dengan fitur penghemat data yang dapat mengurangi penggunaan data saat browsing. Aktifkan fitur ini dengan mengklik ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih “Pengaturan,” gulir ke bawah, dan pilih “Lanjutan.” Di bawah bagian “Privasi dan Keamanan,” aktifkan opsi “Penghemat data.”

7. Aktifkan Prefetch DNS:

website-hosting-concept-with-domains-Aktifkan-Prefetch-DNS
Ilustrasi: freepik.com

Prefetch DNS memungkinkan Google Chrome untuk memuat alamat IP situs web yang umum dikunjungi sebelum Sobat AP mengklik tautan. Ini dapat mempercepat waktu pemuatan halaman. Aktifkan fitur ini dengan mengklik ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih “Pengaturan,” gulir ke bawah, dan pilih “Lanjutan.” Di bawah bagian “Privasi dan Keamanan,” aktifkan opsi “Prefetch DNS untuk mempercepat pemuatan halaman.”

Baca juga: Mengenal Chrome OS Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Dengan menerapkan 7 tips eksklusif ini, Sobat AP dapat mempercepat kinerja Google Chrome dan meningkatkan pengalaman browsing Sobat AP. Perbarui browser secara teratur, kurangi ekstensi yang tidak diperlukan, hapus riwayat penjelajahan dan cache, serta aktifkan fitur-fitur seperti praperendering, penghemat data, dan prefetch DNS. Dengan demikian, Sobat AP dapat menikmati kinerja Google Chrome yang lebih cepat, efisien, dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Produk rekomendasi:

Video rekomendasi:

Anugrahpratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia

Telepon: 031-33601117
Whatsapp: 08113127777

Leave a Reply