close
Tips & Trick

Tips Mikrotik di dalam Kehidupan Sehari-hari

Tips Mikrotik di dalam Kehidupan Sehari hari

Tips penerapan mikrotik di dalam kehidupan sehari-hari. Mikrotik merupakan sistem operasi berupa perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer menjadi jaringan.

Penggunaan mikrotik akan sangat pas banget untuk pembangunan sistem jaringan komputer di dalam skala kecil maupun di dalam skala besar serta cocok juga untuk keperluan administrasi jaringan komputer.

Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Mikrotik lebih banyak digunakan untuk game online, warnet-warnet umum, ISP, provider hotspot. Sistem yang di tersedia dari mikrotik ini yaitu management bandwith, statefull firewall, hotspot for plug-and-play access, remote, winbox GUI admin dan routing.

Nah sekali ini dia perbedaan antara mikrotik dengan router. Router merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menjembatani antara 2 jaringan, sedangkan mikrotik merupakan sistem operasi yang termasuk di dalam open source system akan tetapi bukan berarti termasuk software gratisan.

Mikrotik dapat kalian gunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Tentu dengan menggunakan mikrotik kalian juga bisa menghubungkan ke intenet akan tetapi ada beberpa hal yang perlu kalian lakukan untuk dapat menghubungkan mikrotik ke internet.

Yang pertama-tama kalian perlu melakukan setting atau meng-konfigurasikan IP Address pada interface yang terhubung dengan ISP, setelah itu kalian masukkan alat IP yang ada dan kemudian kalian lakukan test dengan cara melakukan PING ke alamat IP ISP atau ke gateway.

Kalau tahap pertama sudah kalian lakukan, coba dengan melakukan konfigurasi default rote dengan gateway alamat IP dan kalian buka kembali terminal untuk menguji koneksi ke internet dan janagn lupa untuk mengatur DNS Sever kalian ke Server Google. Setelah itu kalian ketik alamat IP lalu centang Allow dan kemudian uji kembali dengan melakukan PING ke seluruh URL.

Tips mikrotik di dalam kehidupan sehari-hari. Kalian juga bisa mencoba menerapkan mikrotik untuk mencegah router diretas. Ada 3 langkah cara apabila kalian ingin mencoba menerapkan mikrotik untuk ini.

Salah satu caranya adalah kalian harus rutin untuk mengganti password WiFi, ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk membantu mengamankan WiFi. Kalian bisa melakukannya melalui pengaturan yang ada pada router kalian. Kalian sisa memilih kata sandi, tapi carilah kata sandi yang mudah kalian ingat ya.

Sekian pembahasan dari anugrahpratama mengenai tips mikrotik di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ini bisa membantu dan bermanfaat khususnya buat kalian yang senang berkecimpung di dalam dunia jaringan.

Tags : jaringan komputermikrotikrouter