close

Microsoft Office untuk Smartphone Telah Rilis

Microsoft Office
Microsoft Office

Kabar gembira dari Microsoft bahwa aplikasi Microsoft Office versi smartphone Android telah rilis. Memang sebelumnya aplikasi Microsoft Office hanya bisa digunakan pada platform berbasis Windows Phone saja. Pada beberapa waktu yang lalu, pihak Microsoft telah membuat sesi preview aplikasi Microsoft Office di platform tablet untuk Android. Sesi preview tersebut diberlakukan selama kurang lebih lima pekan. Kini aplikasi Microsoft Office versi final untuk smartphone Android tersebut sudah bisa diunduh melalui aplikasi Google Play Store. Pengguna juga bisa mengakses penuh Word, Exel, dan Power Point.

Microsoft Office
Microsoft Office

Aplikasi ini akan berfungsi secara normal seperti versi yang ada di platform Windows Phone. Microsoft mengatakan bahwa aplikasi ini telah diuji pada 1.900 perangkat Android yang berbeda-beda, dan tidak ada kendala pada kompatibilitas. Aplikasi Microsoft Office di smartphone Android ini dapat diakses secara gratis untuk siapa saja yang telah memiliki akun Microsoft.

Beberapa fungsi dasar yang ditawarkan pada aplikasi ini meliputi membuka, membuat, mengedit, menyimpan, berbagi, upload, presentasi atau spreadsheet secara langsung pada aplikasi Microsoft Office yang ada pada smartphone dengn cepat dan mudah. Seluruh file akan tersimpan di dalam cloud milik pengguna. Sedangkan seluruh perubahan yang dilakukan pada dokumen akan tersinkronisasi dengan dokumen utama. Microsoft memiliki platform penyimpanannya sendiri. Namun ada beberapa aplikasi alternatif lain yang bisa digunakan seperti Dropbox, Google Drive, dan Box. Namun, fitur yang dimiliki memang masih minim jika dibandingkan dengan layanan Office 365. Walaupun secara keseluruhan kebutuhan dasar pengguna sudah tercukupi dengan fitur yang ada pada aplikasi ini.

Tak hanya itu saja, file yang telah dibuat di aplikasi juga bisa diolah kembali di Microsoft Office versi dekstop. Di aplikasi ini juga ada beberapa perubahan seperti fitur change tracking di Word dan sinkronisasi dokumen dengan perangkat lain. Aplikasi Microsoft Office ini dapat bekerja dengan lancar di Android 4.4 KitKat yang memiliki kapasitas RAM sebesar 1 GB.

Leave a Response