close

Panasonic KX-MB2090CX: Fitur Lebih Banyak Untuk Efisiensi Pekerjaan

Panasonic KX-MB2090CXPanasonic tampaknya tetap eksis dengan printer laser monokrom yang berjenis multifungsi, salah satu produknya adalah Panasonic KX-MB2090CX yang merupakan salah satu jenis printer yang meyangsa pangsa pasar mid-end. Tampaknya Panasonic tetap terus konsisten untuk pasar printer laser monokrom dengan jenis multifungsi, sebelumnya mereka memiliki beberapa produk low-end, seperti KX-MB1530 dan KX-MB1520 (baca review KX-MB1520 disini). Kini salah satu produk untuk kelas menengah Panasonic KX-MB2090 siap untuk bersaing dengan beberapa kompetitor yang ada di pasaran.

Perlu diketahui terlebih dahulu jika printer multifungsi dari Panasonic ini merupakan printer dengan jenis monokrom, jadi tidak bisa digunakan untuk mencetak lembar berwarna. Namun, untuk masalah scanningnya atau penerimaan fax-nya tetap bisa menerima dokumen berwarna. Jika dilihat dari fitur yang ditawarkan pada Panasonic KX-MB2090CX ini, kita bisa melihat perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan model pendahulunya yaitu KX-MB2010. Pada artikel ini, kita akan mengupas lebih dalam mengenai printer multifungsi dengan teknologi laser jet monokrom.

Overview

Panasonic KX-MB2090CX memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan Panasonic KX-MB2085CX yang juga memasuki pasar yang sama. KX-MB2090CX hanya tersedia dalam satu warna, yaitu putih. Scanner KX-MB2090CX memiliki dimensi sebesar 420 x 432 x 305 mm (p x l x t) dengan berat sekitar 12 Kg. Seperti halnya desain pada printer multifungsi lainnya, pada bagian atas printer ini dilengkapi dengan sebuah flatbed scanner yang memiliki kemampuan scanning dokumen A4. Inilah yang menjadi salah satu kelemahan dari KX-MB2090, dikarenakan pada flatbed scanner hanya muat dokumen A4. Namun, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan fitur ADF pada bagian atas untuk melakukan scanning dokumen yang lebih besar. Sekali lagi sangat disayangkan, karena Panasonic KX-MB2090 tidak bisa mencetak dengan menggunakan dokumen yang memiliki ukuran lebih besar dari A4. Beranjak ke fitur scanning, printer multifungsi ini memiliki kemampuan scanning yang lumayan tinggi. Printer multifungsi ini mampu melakukan scanning dokumen berwarna hingga 19.200 dpi (depth per inch).

Panasonic KX-MB2090CX
Panasonic KX-MB2090CX dengan fitur multifungsi

Beranjak ke bagian bodi yang lain, pada Panasonic KX-MB2090 memiliki panel pada bagian depan yang di desain sedikit miring sehingga mudah digunakan oleh user. Pada panel tersebut terdapat tombol menu navigasi, di samping kirinya terdapat tombol alfanumerik yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, dan di sebelah kirinya lagi anda bisa mendapatkan tombol operasi berupa start dan stop untuk memulai dan menghentikan proses yang terjadi. Pada bagian pojok kanan dari panel, terdapat tombol yang digunakan untuk memulai proses operasi “scan”, “copy” dan ”fax”, salah satu kelebihan dari adanya tombol ini adalah anda tidak perlu menyalakan komputer untuk bisa mencetak fax yang masuk. Dan seperti biasa, terdapat panel LCD yang bisa menjadi sebuah indikator terjadinya proses yang ada.

Panasonic KX-MB2090CX
Panel pada Panasonic KX-MB2090CX

Setelah membahas bagian bodi dari printer tersebut, kini kita beranjak membahas performa dari Panasonic KX-MB2090CX. Printer ini memiliki kecepatan cetak yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan model sebelumnya, yaitu KX-MB2010CX. MB2090CX memiliki kecepatan cetak sebesar 24 ppm (hanya karakter tanpa gambar atau ikon lainnya). Dengan kecepatan cetak yang lumayan, printer multifungsi ini cocok bagi perkantoran yang memiliki volume cetak yang tinggi. Beralih ke fitur scanning, printer ini mampu memindai dokumen berwarna maupun monokrom dengan sama baiknya. Kemampuan scanning yang tinggi juga dibuktikan dengan hasil gambar yang mampu mencapai 19.200 dpi. Selain itu, hasil scan juga bisa langsung di unggah ke dalam ftp server milik perusahaan, dengan syarat printer multifungsi ini juga tersambung ke dalam jaringan.

Memasuki fitur fax, printer multifungsi ini memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Keunggulan mesin fax dari printer ini adalah telah menggunakan modem dengan teknologi Super G3 Fax Modem yang memiliki kecepatan hingga 33.6 Kbps. Tentu saja dengan fitur ini, jika dokumen yang akan anda fax kan cukup banyak maka akan menghemat waktu pengiriman, sehingga kinerja perusahaan menjadi lebih efisien. Selain itu, terdapat pula fitur PC Fax. Fitur ini memperbolehkan anda untuk menerima fax yang masuk melalui komputer anda terlebih dahulu sebelum anda cetak. Karena biasanya sering terdapat fax yang tidak penting masuk, maka untuk menghemat pengeluaran kertas dan biaya cetak, anda memiliki kesempatan untuk memilah fax mana yang perlu di cetak dan fax mana yang tidak butuh di cetak. Dengan fitur tersebut, diharapkan perusahaan anda bisa menghemat cost factor (faktor pengeluaran). Terdapat juga fitur Fax to email, dengan fitur tersebut anda bisa menjadikan fax yang masuk sebagai email atau sebaliknya. Pengguna juga tidak perlu khawatir mengenai masalah koneksi internet, dikarenakan printer multifungsi ini telah dilengkapi dengan sebuah interface 100 base untuk koneksi ke dalam jaringan. Lalu apakah kekurangan fitur fax dari printer ini? Printer ini hanya dilengkapi dengan dokumen memori sebesar 3.5 Mb, ukuran yang bisa dibilang tidak seberapa besar.

Panasonic KX-MB2090CX
Fitur fax to email pada Panasonic KX-MB2090CX

Untuk fitur cetak dan fotokopi hampir sama. Hasil cetak dari printer ini tentunya lebih jelas jika dibandingkan dengan versi yang ada dibawahnya. Hanya sayangnya, printer laser ini hanya bisa mencetak dokumen hitam-putih (monokrom). Untuk biaya cetak sendiri, printer ini menghabiskan biaya cetak sekitar 300 rupiah per halaman. Oleh karena itu, kami sangat tidak menyarankan jika printer multifungsi ini digunakan untuk melakukan fotokopi dalam jumlah yang cukup banyak. Selain karena biaya cetak yang tinggi, printer Panasonic tidak bisa di isi ulang toner-nya. Toner pada Panasonic KX-MB2090CX memiliki volume cetak sebesar 2000 halaman dan drum-nya memiliki volume cetak sebesar 6000 halaman. Artinya, anda harus mengganti toner ketika telah mencetak kurang lebih 2000 halaman dan mengganti drum ketika mencetak kurang lebih 6000 halaman.

Dengan fitur yang cukup menarik tersebut, printer ini juga didukung dengan kapasitas daya tampung paper tray yang tinggi, yaitu sebesar 250 halaman (½ rim). Selain daya tampung paper tray yang tinggi, printer ini juga dilengkapi dengan fitur ADF (Automatic Document Feeder) yang mampu menampung 20 lembar kertas. Sehingga anda tidak perlu bolak-balik mengisi kertas dan tentu saja menghemat waktu yang ada.

Spesifikasi Panasonic KX-MB2090CX

Tidak adil rasanya jika kita tidak menampilkan spesifikasi dari printer tersebut. Terlebih lagi, dengan mengetahui spesifikasi yang ada, maka pengguna bisa menentukan apakah printer tersebut cocok untuk kegiatan harian mereka.

1. Spesifikasi Umum

Pada spesifikasi umum ini, dijelaskan mengenai spesifikasi peralatan yang digunakan secara umum (tidak ada perbedaan pada penggunaan fax, cetak, fotokopi dan scan) pada Panasonic KX-MB2090CX.

Teknologi Proses cetak Monochrome Laser
Ukuran kertas yang bisa di proses A4, Letter, Legal *1, B5(JIS/ISO), 16K, 216 x 330 mm *1, 216 x 340 mm*1
Kapasitas kertas yang bisa di proses 250 sheets + 1 sheet manual tray
Automatic Document Feeder Capacity 20 sheets
LCD Display 16 digits / 2 lines (Backlit LCD)
Ukuran Memori 32 MB
Interface 100Base-TX / 10Base-T, USB
Konsumsi tenaga yang dibutuhkan Maximum: 1000 W, Copy: 500 W,Ready: 65W, Sleep: Kurang dari 2.7 W *2
Dimensi (P x L x T) 420 x 432 x 305 mm
Berat 12 kg

2. Spesifikasi Printer

Spesifikasi printer menandakan spesifikasi hardware yang digunakan untuk kegiatan mencetak dokumen.

Kecepatan Cetak Up to 26 ppm (A4)
Resolusi Cetak 600 x 600 dpi
Emulation GDI

3. Spesifikasi Mesin Fotokopi

Sama halnya dengan spesifikasi mesin cetak (printer), spesifikasi mesin fotokopi menunjukan kapasitas hardware yang bisa digunakan dalam mencetak dokumen yang ada.

Kecepatan Cetak Hingga 26 cpm (A4)
Resolusi Cetak Hingga 600 x 600 dpi
Multi-Copy 99 halaman
Pengurangan / Perbesaran 25 % – 400 % (1 % step)
Fungsi penggandaan Quick ID, N-in-1, Separate N-in-1, Poster, Image Repeat, Edge/Margin

4. Spesifikasi Scanner

Scanner dari Panasonic KX-MB2090CX juga memiliki spesifikasi perangkat yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan kecepatan scanning atau pun kehandalan printer multifungsi tersebut terhadap proses pemindaian dokumen.

Scan Warna / Mono Bisa / Bisa
Resolusi Scan 600 x 1200 dpi hingga 19200 x 19200 dpi
Fitur Scanning Scan to PC / Email address / FTP / SMB

5. Spesifikasi Fax

Sama halnya dengan fitur-fitur yang lainnya, spesifikasi untuk fax juga mendeskripsikan kemampuan perangkat untuk melakukan pengiriman dan penerimaan fax.

Kecepatan Modem 33.6 kbps
Ukuran memori fax 3.5 MB
Kontak 100 + 6 stations
Fax to Email Yes
Preview Fax pada Web Yes

Kesimpulan

Secara keseluruhan Panasonic KX-MB2090CX cukup disarankan jika memang anda ingin memilih printer yang memiliki kemampuan yang cukup tinggi dengan harga yang tidak terlalu mahal. Printer multifungsi dengan teknologi mono laser ini memiliki beberapa kelebihan seperti harga yang terjangkau, ukuran yang tidak terlalu besar, kecepatan cetak yang lumayan untuk printer mid-end, kualitas cetak yang cukup baik, memiliki kemampuan untuk mengirimkan fax dan memiliki speakerphone dengan teknologi Digital Duplex.

Printer jenis ini juga memiliki teknologi ADF, sehingga terkesan cukup maksimal untuk beberapa kelebihan lainnya. Jumlah kertas pada paper tray yang tinggi, dirasa tidak cukup maksimal untuk mendukung teknologi ADF. Jumlah tersebut juga memudahkan anda untuk tidak melakukan pengisian kertas secara berulang-ulang, sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien.

Leave a Response