close

Panasonic KX-MB1520: Fitur Multifungsi Dengan Harga Ekonomis

panasonic-kx-mb1520-1

panasonic-kx-mb1520-1Panasonic tampaknya cukup serius dalam menekuni bidang penjualan printer bertipe multifungsi dengan teknologi laser. Dengan meluncurkan Panasonic KX-MB1520, mereka optimis jika produk tersebut bisa menarik minat masyarakat dikarenakan harganya yang cukup murah, namun dilengkapi dengan teknologi yang tinggi dan lengkap.

Panasonic KX-MB1520 memiliki kemampuan untuk bisa mengirimkan fax, mencetak dokumen, melakukan scanning, melakukan fotocopy, dan bisa digunakan sebagai speakerphone. Dengan fitur yang lengkap tersebut, printer multifungsi dengan teknologi laser ini, cukup berguna untuk kegiatan perkantoran.

Overview

KX-MB1520 hanya memiliki satu warna, yaitu hitam doff. Dan perlu anda ketahui, bahwa Panasonic KX-MB1520 ini merupakan printer monokrom, bukan printer berwarna. Printer laser Panasonic ini memiliki ukurang sebesar 380 x 360 x 203 mm (pxlxt), serta memiliki berat sebesar 19.8 pound. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil seperti kebanyakan printer laser multifungsi, membuat model Panasonic KX-MB1520 ini pas untuk kegiatan perkantoran. KX-MB1520 sendiri merupakan suksesor dari tipe sebelumnya yang telah diberhentikan produksinya, yaitu KX-MB1500. Tipe baru ini memang memiliki bentuk bodi yang hampir sama dengan KX-MB1500, tetapi fitur yang ada jauh berbeda.

panasonic-kx-mb1520
Panel depan pada Panasonic KX-MB1520

Pada bagian depan, KX-MB1520 memiliki panel yang di desain miring oleh pihak Panasonic. Pada panel tersebut terdapat 4 anak arah yang digunakan sebagai kontroler, 2 layar monokrom, keypad alfanumerik yang digunakan untuk fax, tombol Menu, Start, Stop, dan beberapa tombol yang berfungsi untuk mengkontrol Copy, Scan, dan fungsionalitas fax.

panasonic-kx-mb1520
Flatbed scanner pada Panasonic KX-MB1520

Pada bagian atas Panasonic KX-MB1520, terdapat flatbed scanner yang cukup digunakan untuk melakukan proses scanning kertas A4 dan kertas letter. Sayangnya, printer ini tidak dilengkapi dengan dukungan fitur ADF (Automatic Document Feeder). Paper tray pada printer ini mampu menampung hingga 150 lembar kertas dan masih memiliki 1 tempat yang bisa digunakan sebagai manual feeder (tempat masuk manual). Printer laser monokrom ini memiliki kecepatan cetak standart, yaitu sebesar 18 ppm. Kapasitas paper tray yang tinggi dan kecepatan cetak yang standart, tidak di imbangi dengan dokumen memori yang besar. Dokumen memori dari printer KX-MB1520 hanya sebesar 3.1 MB.

panasonic-kx-mb1520
Paper tray pada Panasonic KC-MB1520

Penambahan fitur fax pada printer laser monokrom ini merupakan salah satu hal yang cukup bagus. Anda bisa mengirimkan fax langsung dari printer tersebut atau melalui komputer. Meskipun cukup kesulitan tanpa adanya fitur ADF, sistem masuk dari kertas yang melalui paper tray di bagian bawah cukup membantu pengguna. Sehingga, pengguna tidak perlu memasukan kertas satu per satu. Anda hanya perlu mengisi paper tray dengan setumpuk kertas, untuk bisa digunakan dalam berbagai kegiatan (fax, cetak, fotokopi, dan scan). Dengan harga yang berkisar 1,2 jutaan, Panasonic KX-MB1520 merupakan printer yang cocok untuk digunakan sebagai personal printer di rumah atau di kantor.

Satu hal lagi yang cukup disayangkan dari printer ini adalah masih menggunakan konektivitas USB sebagai penghubung antara printer dan komputer. Sehingga printer ini dirasa kurang memiliki fleksibilitas untuk bisa digunakan secara bersamaan.

Spesifikasi

Dengan mengetahui spesifikasi dari sebuah perangkat maka kita bisa menentukan kekurangan dan kelebihan dari perangkat tersebut. Tentunya setiap perangkat memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, tak terkecuali Panasonic KX-MB1520. Kami melihat kekurangan dan kelebihan dari perangkat ini dari berbagai sisi spesifikasi.

1. Kecepatan cetak dan kualitas output

Jika anda mencetak dengan menggunakan KX-MB1520, anda akan mendapatkan kecepatan sebesar 8.1 ppm untuk mencetak dokumen bisnis yang biasa anda buat. Spesifikasi tertulis memiliki kecepatan sebesar 18 ppm, kecepatan ini merupakan kecepatan cetak ketika hanya mencetak karakter biasa, atau bisa dibilang hanya teks, tanpa gambar ataupun konten lainnya. Sebenarnya, untuk ukuran printer dengan harga 1,2 jutaan, hal tersebut sudah merupakan standart kecepatan cetak.

Beralih ke kualitas hasil cetak. Tentunya, ketika kita membeli sebuah printer, kita pasti menginginkan printer dengan kualitas cetak yang bagus dengan biaya cetak yang ringan. Sayangnya, Panasonic KX-MB1520 tidak bisa memberikan kualitas hasil cetak yang terlalu bagus (high quality), karena pada dasarnya printer ini bukanlah printer kelas high-end. Hasil cetak MB1520 cenderung dibawah standart untuk ukuran printer mono laser, bisa dikatakan rata-rata. Begitu juga dengan kualitas grafik dan foto yang ada, tidak seberapa detail namun masih enak untuk di lihat. Pengguna tidak perlu khawatir karena hasilnya sesuai dengan kebutuhan untuk mencetak dokumen perkantoran dan rumahan.

Jika kebanyakan dokumen yang ada cetak berhubungan dengan grafik, maka kami tidak menyarankan anda untuk membeli printer jenis ini. Karena, yang pertama printer ini hanya bisa mencetak dokumen secara monokrom. Kedua, hasil cetak yang ada sering terdapat masalah pada perbedaan kecerahan warna, jadi ketika terdapat banyak gradasi warna, maka perbedaan warna itu terasa semakin sedikit dikarenakan hasil cetak kurang bisa membedakan perbedaan-perbedaan tersebut.

2. Biaya cetak dokumen

Panasonic KX-MB1520 di klaim oleh pihak Panasonic memiliki biaya cetak dokumen yang rendah. Dengan hasil yang sedikit lebih bagus jika dibandingkan dengan pendahulunya, biaya cetak KX-MB1520 juga lebih rendah. Printer ini memiliki biaya cetak sebesar 300 rupiah per halamannya. Untuk printer di kelasnya, biaya cetak yang dihasilkan oleh printer ini tergolong rendah atau bisa dikatakan murah. Kami juga tidak menyarankan anda menggunakan printer multifungsi ini sebagai mesin fotokopi, anda bisa menggunakannya sesekali saja.

3. Drum dan toner

Mungkin inilah salah satu kelemahan yang ada pada printer laser monokrom dari Panasonic. Toner dari printer panasonic tidak bisa di isi ulang, ketika toner habis, maka anda harus mengganti toner tersebut. Sayangnya, harga toner tidak murah dan terkesan sedikit mahal. Tiap toner yang dijual oleh pihak Panasonic memiliki volume print sendiri. Seperti contohnya, KX-MB1520 bisa menggunakan toner Panasonic KX-FAT410E yang memiliki volume cetak sebesar 2500 halaman.

panasonic-kx-mb1520
Toner pada Panasonic KX-MB1520

Berbeda dengan toner yang ada, untuk drum dari printer Panasonic KX-MB1520 cenderung lebih tahan lama. Drum dari Panasonic bisa mencapai 2 tahun jika tidak tergores atau terjadi kerusakan.

panasonic-kx-mb1520
Contoh Toner dan Drum Panasonic KX-MB1520

4. Kecepatan fax dan speakerphone

Salah satu kelebihan yang tidak ada pada printer laser multifungsi adalah fitur kecepatan fax yang tinggi. Kelebihan ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan anda. Dengan menggunakan fax modem yang memiliki teknologi Super G3 yang memiliki kecepatan 33.6 kbps, mampu meminimalisasi waktu yang digunakan. Dengan waktu yang singkat, diharapkan kinerja kantor bisa makin maksimal.

Untuk speakerphone yang ada pada Panasonic KX-MB1520 juga telah menggunakan teknologi Digital Duplex Speakerphone. Dengan teknologi Digital Duplex, pengguna bisa melakukan komunikasi 2 arah, sehingga komunikasi lebih lancar dan jelas.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Panasonic KX-MB1520 cukup disarankan jika memang anda ingin memilih printer dengan harga yang murah. Printer multifungsi dengan teknologi mono laser ini memiliki beberapa kelebihan seperti harga yang murah, ukuran yang tidak terlalu besar, kecepatan cetak yang lumayan untuk printer low-end, kualitas cetak yang tidak seberapa buruk, memiliki kemampuan untuk mengirimkan fax dan memiliki speakerphone dengan teknologi Digital Duplex.

Sayangnya, printer jenis ini tidak memiliki teknologi ADF, sehingga terkesan tidak maksimal untuk beberapa kelebihan lainnya. Jumlah kertas pada paper tray yang tinggi, dirasa tidak seberapa maksimal ketika teknologi ADF tidak ada. Namun, jumlah tersebut memudahkan anda untuk tidak melakukan pengisian kertas secara berulang-ulang, sehingga memudahkan pekerjaan.

Leave a Response