close

tips memilih power bank 2Power Bank! Tampaknya kini semakin membooming. Alat yang berfungsi sebagai penambah daya baterai untuk smartphone atau perangkat keras lainnya seperti, handycam, kamera atau tablet PC kini sudah banyak digemari. Isu baterai yang cepat habis untuk kalangan ponsel pintar, menjadi salah satu alasan mengapa power bank mampu laku keras dipasaran. Dengan harga yang cukup terjangkau, power bank hadir sebagai solusi untuk anda agar tidak membawa baterai cadangan yang tentunya harganya jauh lebih mahal, dan penggunaannya pun juga rumit. Tidak seperti power bank, yang hanya tinggal colok langsung bisa mengisi baterai perangkat anda. Mungkin untuk 2-3 tahun sebelumnya, anda akan mudah memilih tipe power bank yang sesuai untuk perangkat anda, namun sekarang dengan semakin menjamurnya produsen power bank baik luar maupun lokal, membuat tingkat kewaspadaan dalam memilih power bank harus ditingkatkan, karena jika tidak, maka bisa jadi anda akan mendapatkan power bank dengan kualitas yang buruk, bahkan terkesan tertipu.

Overview

Apa yang disebut dengan power bank? Sudahkah kita tahu arti sebenarnya dari perangkat keras tersebut? Sebelum memilih dan membeli power bank, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dan cara kerja power bank.

Power bank, seperti namanya yang berasal dari bahasa inggris, perangkat keras ini memiliki arti nama berupa “penyimpan tenaga”. Yap, begitulah cara kerja power bank, menyimpan tenaga yang telah terisi dari dalamnya, lalu disalurkan kembali ke dalam perangkat yang membutuhkannya. Bentuknya yang relatif kecil dan ringan, mampu membuatnya sebagai alat pengisi baterai yang cukup portable. Dengan berkembangnya zaman yang mengharuskan seseorang untuk mampu bergerak fleksibel dan cepat, memilih power bank bisa menjadi salah satu perangkat andalan ketika smartphone, Tablet PC, atau perangkat keras lainnya sedang kehabisan daya.

tips memilih power bank
Power Bank

Seperti halnya baterai dari perangkat keras lainnya, power bank juga memiliki kapasitas tenaga yang mampu disimpan di dalamnya. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin tinggi pula kemampuan power bank untuk menyimpan tenaga yang ada. Kapasitas power bank yang dijual di pasaran juga cukup bervariasi, mulai dari 1600 mAh hingga yang terbaru bisa mencapai 30000 mAh. Tentunya, semakin besar kapasitas penyimpanan, maka semakin mahal pula harga power bank tersebut. Memilih power bank yang memiliki kapasitas yang tinggi bisa jadi salah satu keuntungan bagi user yang memakainya.

Power bank yang baik sangat dibutuhkan agar anda mampu berkerja secara efektif dalam mengganti daya baterai anda. Dengan begitu gadget yang kita miliki bisa terus bekerja secara maksimal dan efektif. Berikut merupakan cara memilih power bank dengan tepat:

Tips memilih power bank

Ketika ingin menentukan power bank yang sesuai dengan kebutuhan kita, alangkah baiknya jika kita mencari informasi yang tepat mengenai power bank terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli power bank.  Dengan menyimpak tips memilih power bank dibawah ini, anda akan diantarkan ke dalam, cara baru menentukan power bank yang sesuai untuk keperluan sehari-hari. Here they are panduan memilih power bank

1. Ketahui kapasitas baterai anda

Dengan mengetahui kapasitas baterai anda, bisa menjadikan salah satu alasan yang kuat dalam memilih power bank yang tepat untuk perangkat anda. Tentunya anda tidak mungkin membeli power bank yang memiliki kapasitas lebih rendah dibandingkan dengan kapasitas baterai anda. Jika, anda membeli baterai yang memiliki kapasitas yang lebih rendah, maka anda telah melakukan sebuah kesalahan yang cukup fatal.

Lalu bagaimana saya menemukan jumlah kapasitas baterai saya? Anda bisa mencarinya pada kardus perangkat anda, jika informasi tersebut tidak ada pada kardus, maka anda bisa menemukannya di buku manual penggunaan perangkat tersebut. Selain itu, anda bisa mencari informasinya dengan lebih detail melalui berbagai website yang ada.

Contoh

iPhone 5 memiliki spesifikasi baterai : Non-removable Li-Po 1440 mAh (5.45 W)

atau

Samsung Galaxy S4 yang memiliki spesifikasi baterai : Li-Ion 2600 mAh

Jadi, jika anda memiliki kedua perangkat diatas, anda setidaknya harus membeli power bank yang memiliki kapasitas 3000 mAh.

2. Ketahui spesifikasi charger perangkat anda

Mengetahui spesifikasi charger anda bisa jadi salah satu hal yang bisa menjebak anda, kadang kala kita sangat sering melakukan pergantian charger tanpa mengetahui spesifikasi charger secara original. Jika, anda masih melakukannya, kami menyarankan anda untuk berhenti melakukan hal tersebut.

Bagaimana mengetahui spesifikasi charger? Anda bisa menemukan spesifikasi charger tepat pada ujung charger yang ada. Spesifikasi charger seharusnya terletak pada ujungnya, dan informasi yang kita butuhkan biasanya bersangkutan dengan besarnya tegangan output dan tegangan output dari charger itu sendiri.

Seperti contoh pada gambar

tips memilih power bank
Contoh output dari charger

Besarnya tegangan output yang dikeluarkan sebesar 5.0 V dan besarnya tegangan output charger sendiri pada gambar berada pada angka 2.0 V.

Dengan informasi yang anda dapatkan, anda bisa membeli power bank yang memiliki tegangan output yang sama atau mungkin sedikit lebih tinggi dari spesifikasi charger anda.

Mengapa hal ini cukup penting dipertimbangkan dalam memilih power bank? Karena tentunya dengan output yang sesuai anda tidak akan merusak baterai pada power bank anda, dan tentunya anda bisa menghemat pengeluaran anda dalam pembelian baterai baru. Cukup hemat bukan?

3. Kapasitas daya power bank

tips memilih power bank
Kapasitas power bank

Ketika berbicara mengenai power bank atau sesuatu yang berhubungan dengan baterai, kapasitas baterai selalu bisa diukur dengan satuan Milliampere Hours atau mAh. Saat ini kapasitas power bank sudah berada pada range 200 mAh dan yang paling besar bisa mencapai 30000 mAh. Dengan pilihan seperti itu, anda bisa mendapatkan kapasitas power bank yang cukup bervariasi, tapi kami menyarankan agar anda memilih kapasitas penyimpanan daya yang cukup tinggi. Mengapa? Karena semakin tinggi kapasitas yang ada, maka anda akan semakin mudah untuk berkali-kali melakukan pengisian secara penuh terhadapa perangkat anda.

Sayangnya, setiap pemilihan pasti memiliki salah satu faktor kekurangan. Dengan power bank yang memiliki kapasitas yang tinggi, anda membutuhkan waktu yang cukup lama pula untuk mengisi daya dari power bank tersebut.

Seperti penjelasan sebelumnya, anda bisa memilih kapasitas power bank yang lebih besar dari kapasitas baterai anda, setidaknya 2 kali lipat. Hal ini dikarenakan agar anda bisa mengisi power bank dari keadaan habis ke keadaan full selama 2 kali berturut-turut.

4. Multiple-output vs single-output

Pada awal kedatangannya power bank hadir dengan memiliki hanya 1 tempat yang bisa digunakan untuk mengisi baterai dari gadget anda. Namun sekarang, power bank jenis terbaru bahkan bisa mengisi hingga beberapa device. Dengan fitur ini, anda tentu saja bisa mendapatkan kenyamanan jika anda memiliki lebih dari 1 perangkat yang digunakan secara bersamaan, apalagi jika kedua perangkat tersebut memiliki kepentingan yang sama besarnya setiap harinya.

tips memilih power bank
Multiple output power bank

Kami menyarankan jika anda hanya menggunakan 1 gadget setiap harinya, maka anda membeli power bank dengan single output saja. Namun jika perangkat yang anda gunakan lebih dari 1, alangkah baiknya jika anda membeli powerbank yang memiliki multiple output.

5. Fitur-fitur power bank

Awalnya power bank hanyalah penyimpan daya yang bisa digunakan untuk melakukan pengisian terhadap baterai smartphone yang ada. Semakin berkembangnya zaman, tentunya fitur power bank semakin bervariasi dan inovatif. Apa saja fungsi power bank yang bisa anda pertimbangkan sebelum menentukan powerbank yang akan anda pilih. Ini dia

  • Wireless Data Transmission

Wireless data transmission merupakan sebuah fitur terbaru dari beberapa power bank yang beredar dipasaran. Dengan fitur ini, anda memiliki kemampuan untuk bisa mengisi baterai anda sembari menikmati akses internet via Wi-Fi. Bukankah ini cukup bagus? Anda tidak perlu membeli 2 perangkat, Wi-Fi router dan powerbank, yang tentunya malah akan membengkakkan pengeluaran anda.

tips memilih power bank
Power bank dengan fitur wireless data transmission
  • Safety Protection

Safety protection juga sangat penting demi keamanan pengguna. Untuk menguji keamanan, anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini. Input output dalam satu buah powerbank di adukan sehingga output bekerja mengeluarkan daya kedalam powerbank itu sendiri.  Kemudian secara otomatis daya yang dimiliki powerbank tersebut akan habis. Sesudah daya dari powerbank habis tersebut apabila anda ingin mengisinya lagi ke perangkat gadget maka anda harus melakukan pengisian memakai adaptor yang dicolokan ke sebuah stop kontak listrik. Lakukanlah pengisian dari adaptor ke powerbank tersebut. Apabila powerbank mempunyai safety protection yang bagus maka powerbank tersebut tidak akan menimbulkan masalah apa-apa misal sebuah ledakan namun apabila safety protectionnya jelek maka powerbank tersebut akan ada sebuah masalah misalnya ledakan kecil.

  • Power-Cut dan Auto-Cut

Fitur ketiga ini cukup penting dalam menjaga keamanan perangkat anda. Dengan adanya fitur power-cut, anda bisa memastikan jika terjadi hubungan sirkuit pendek saat pengisian daya dari power bank menuju ke smartphone, Tablet PC atau perangkat lainnya terjadi, power bank langsung menghentikan pengisian. Sehingga, tidak akan terjadi konslet ataupun hubungan arus pendek yang mampu merusak kedua perangkat keras tersebut.

Sedangkan untuk fitur auto-cut, anda diberikan sebuah fitur otomatis yang mampu memudahkan anda untuk memotong pengisian ketika baterai anda sudah terisi penuh. Sehingga tidak ada daya yang hilang atau terbuang percuma dari power bank. Kedua fitur ini bisa menjadi pertimbangan anda sebelum memilih power bank yang tepat untuk kebutuhan anda.

6. Menentukan merek atau brand

Jika berbicara mengenai merek atau brand terkadang bisa menjadi pertimbangan dalam membeli sebuah power bank. Namun, merek yang lebih terkenal biasanya memiliki harga yang lebih mahal dipasaran. Jangan salah, merek yang lebih terkenal biasanya menawarkan kualitas power bank yang cukup bagus, hal tersebut tentunya berbanding lurus dengan harga yang harus anda bayar.

Kami menyarakan kepada anda untuk tidak membeli power bank dengan brand yang belum pernah di review oleh majalah online ataupun cetak. Power bank yang belum pernah di review ditakutkan memiliki kualitas yang buruk dan bisa menyebabkan anda salah dalam memilih power bank. Anda tidak menginginkan hal tersebut bukan?

7. Menentukan efisiensi power bank

Anda telah mengetahui kapasitas power bank anda dan sekarang saatnya untuk menentukan efisiensi power bank anda. Angka yang tertera pada kapasitas power bank anda sebenarnya tidak sepenuhnya menunjukan kapasitasnya. Sebenarnya angka tersebut adalah indikator dari total kapasitas sel baterai yang diberikan didalam sebuah PowerBank tersebut.

Contoh:

Ketika anda membeli sebuah powerbank yang memiliki kekuatan kapasitas sebesar 10.000 mAh dan kapasitas baterai anda sebesar 2500 mAh, maka seharusnya anda bisa mengisi setidaknya 4 kali dari posisi kehabisan baterai hingga penuh kembali. Namun perhitungannya tidak seperti itu, yang benar adalah

Umumnya power bank memiliki tegangan sebesar 3.7 volt dan untuk mengisi ulang pada baterai, membutuhkan tenaga sebesar 5 volt.

Rumusnya : (Kapasitas powerbank x Tegangan power bank) / tegangan yang dibutuhkan.

Jadi, jika anda memiliki power bank dengan kapasitas 10.000 mAh, maka efisiensi power bank anda adalah sebesar

(10.000 x 3.7) / 5 = 7400 mAh

Lalu tenaga yang hilang karena didiamkan sesaat setelah pengisian terjadi adalah sebesar 10%. Maka total konversi tersebut dikurangi dengan 10% tenaga yang hilang hasilnya adalah 6260 mAh.

Jadi ketika anda membeli sebuah power bank dengan kapasitas sebesar 10.000 mAh anda hanya akan mendapatkan daya sebesar 6260 mAh.

tips memilih power bank
Nilai efisiensi power bank

8. Model Power Bank

Mungkin diawal kemunculannya desain dari powerbank tidak dihiraukan, cenderung besar dan sedikit lebih berat. Namun, saat ini desain power bank sudah jauh lebih berkembang dibandingkan sebelumnya. Menentukan desain produk sebelum memilih power bank bisa jadi salah satu pilihan yang bagus. Saat ini banyak power bank yang di desain dengan kecil namun memiliki kapasitas yang cukup besar, selain itu banyak vendor baru seperti Marvel yang mengeluarkan power bank dengan seri superhero yang mereka miliki. Dengan begitu selain memenuhi kebutuhan anda akan power bank, anda juga bisa memenuhi kebutuhan anda sebagai kolektor.

tips memilih power bank
Contoh power bank dari Marvel (Iron Man)

Kesimpulan

Dengan melihat berbagai faktor-faktor diatas, tentunya sekarang anda tidak lagi perlu buta untuk menentukan power bank yang sesuai dengan kebutuhan anda. Memilih power bank pun juga tak lagi asal-asalan. Apakah anda menggunakan salah satu tips diatas? Ataukah anda memiliki tips lainnya? Kami akan sangat berterima kasih jika anda mau membagi tips yang anda gunakan untuk memilih power bank. Ijinkan kami menerimanya melalui halaman komen dibawah ini.