close

Mengatasi Bug Pada iOS 8.1

Bug iOS 8.1
Bug iOS 8.1

Bug iOS 8.1

Apakah pembaharuan sistem operasi iOS 8.1 memberikan perubahan yang baik bagi anda? Kami telah menemukan di berbagai forum dan social media, jika terdapat beberapa bug (kendala) yang menyebabkan sistem operasi ini tidak mampu bekerja secara maksimal. Namun jangan khawatir, dengan artikel ini, kami akan memberikan anda berbagai solusi untuk mengatasi bug pada iOS 8.1. Berikut merupakan berbagai kendala yang ada pada iOS 8.1 dan cara mengatasinya.

Baterai Boros

Ketika pembaharuan iOS 8.1 muncul, beberapa forum di dunia maya, sosial media dan berbagai berita di dunia menyatakan bahwa manajemen baterai yang ada pada iOS 8.1 sangat buruk, bahkan untuk smartphone sekelas iPhone 6 yang memiliki daya tahan baterai yang cukup tinggi, tak mampu bertahan lama ketika menggunakan sistem operasi terbaru ini. Kebanyakan pengguna sepakat jika, proses yang berjalan pada iPhone membuat CPU bekerja dengan tenaga yang maksimal, sehingga iPhone cenderung memanas dan baterai yang ada menjadi cepat habis. Jika hal tersebut terjadi, bisa dipastikan jika sistem operasi ini bermasalah pada operasi dengan CPU.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa dengan mudah melakukan hard reset dengan cara menekan tombol power dan home secara bersamaan hingga logo Apple muncul. Cara ini harusnya berguna untuk anda yang mengalami masalah ini. Karena ketika melakukan hard reset, memori pada perangkat iPhone anda akan dibersihkan dari segala aktivitas dan memberikan CPU peluang untuk bisa bekerja dengan selayaknya. Cara alternatif ketika anda tidak ingin melakukan hard reset adalah dengan membiarkan iPhone anda dalam keadaan terkunci selama beberapa menit tanpa menjalankan aplikasi baru. Hal ini dirasa efisien, karena CPU akan menyelesaikan tugas sebelumnya terlebih dahulu tanpa dipengaruhi oleh tugas baru.

Bug iOS 8.1
Melihat penggunaan baterai pada iOS 8.1

Tentu saja anda bisa memonitor segala jenis aplikasi yang mengkonsumsi baterai anda, anda bisa melihatnya melalui menu General > Usage > Battery Usage untuk melihat daftar aplikasi. Anda juga bisa melihat pengaturan lokasi dan pembaharuan latar (background refresh) yang biasanya cenderung memakan konsumsi daya yang cukup banyak. Ketika menggunakan iOS 8.1, sistem operasi ini secara tidak sengaja akan menyalakan fitur tersebut dan anda harus secara manual untuk mematikannya. Untuk mematikan fitur ini anda bisa masuk ke menu pengaturan Privacy > Location Services, lalu pilih General > Background App Refresh. Dengan mengubah seluruh toggle yang on menjadi off, otomatis anda tidak akan memberikan aplikasi tersebut terbaharui secara otomatis, kecuali jika anda mengijinkannya.

Satu lagi tips mengatasi bugs iOS 8 untuk baterai, anda bisa dengan mudah mengatur ulang semua pengaturan perangkat iPhone anda. Bisa dimulai dari pengaturan pemilihan aplikasi General > Reset > Reset All Settings. Aplikasi yang terdapat pada iOS 8 terkadang memiliki bug (kendala) yang menyebabkan baterai bisa terkuras habis dan salah opsi yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur ulang aplikasi tersebut sehingga persis seperti awal. Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan wipe (restore data penuh) melalui iTunes yang ada pada komputer anda, sebelumnya pastikan jika anda sudah melakukan back up semua data, aplikasi dan konten sebelum anda memulai prosesnya.

Masalah Pada Wi-Fi

Salah satu malah yang menyebabkan iOS terbaru kurang dari sempurna adalah konektivitas Wi-Fi. Banyak pengguna yang mengaku Wi-Fi pada iOS 8.1 bekerja kurang maksimal. Wi-Fi terkesan berjalan lambat dan sering terputus, padahal tidak ada kendala pada jaringan maupun perangkat yang menyalurkan sinyal Wi-Fi tersebut. Lalu apa yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bug pada iOS 8.1 ini? Anda bisa masuk ke dalam pengaturan Reset Network Settings pada opsi pilihan General > Reset dalam menu pengaturan. Seluruh aktifitas konfigurasi jaringan dan masalah konektivitas, seharusnya bisa teratasi dengan menggunakan cara ini. Setelah proses ini berlangsung, anda tidak bisa langsung kembali tersambung pada jaringan Wi-Fi yang tersedia, setidaknya anda harus menunggu beberapa menit untuk dapat menyambungkannya kembali.

Bug iOS 8.1
Melakukan reset jaringan iOS 8.1

Jika iPhone anda bermasalah hanya pada satu jaringan Wi-Fi saja, contohnya, anda bisa tersambung ke dalam Wi-Fi yang di sediakan oleh salah satu restoran cepat saji, namun anda kesulitan untuk menyambungkan iPhone anda dengan Wi-Fi yang ada di rumah. Anda tidak perlu melakukan cara diatas. Yang perlu anda lakukan, cukup dengan mengatur ulang jaringan dari wireless anda. Setelah itu, anda bisa melakukan konfigurasi ulang pada pengaturan Wi-Fi di iPhone anda. Pihak Apple sendiri telah memberikan sebuah rekomendasi pengaturan untuk router agar bisa bekerja dengan iPhone, cek pengaturannya disini.

Setelah iPhone anda bisa tersambung pada jaringan Wi-Fi, namun memiliki masalah sering keluar dari jaringan Wi-Fi. Anda bisa mencoba untuk melakukan konfigurasi ulang pada router lalu mengembalikan pengaturan perangkat tersebut seperti semula, karena setiap router berbeda-beda, maka anda bisa mendapatkannya dalam buku manual router tersebut. Sembari melakukan konfigurasi ulang pada router, anda bisa melakukan restore untuk iOS 8.1 pada saat yang bersamaan. Dengan cara ini, seharusnya iPhone anda tidak sering keluar dari koneksi Wi-Fi yang tersedia.

Jika anda menggunakan perangkat jaringan yang lama, maka anda bisa melakukan pengecekan pembaharuan perangkat lunak pada ISP (Internet Service Provider) atau router anda. Perangkat lunak yang baru, akan mendukung kinerja router anda. Apple sendiri juga merekomendasikan kepada tiap penggunannya untuk melakukan pembaharuan perangkat lunak untuk router anda.

Masalah Pada Browser Safari

Bug (kendala) berikutnya yang terdapat pada browser bawaan iOS 8.1, Safari. Pada awal peluncuran iPhone 6, pihak apple juga otomatis melakukan berbagai pembaharuan untuk perangkat lunak bawaan, tak terkecuali Safari. Safari tipe terbaru, memiliki berbagai fitur yang menarik dan mampu bekerja dengan lebih cepat dan efisien. Sayangnya pada iOS 8.1, Safari sering terhenti dan menyebabkan force close. Selain itu, Safari memiliki masalah memuat laman website atau sering gagal dalam menyimpan data cache. Pengguna iOS 8.1 menggaku jika masalah terbesar yang harus segera ditangani iOS adalah masalah pada Safari. Sebelum pembaharuan terbaru muncul, anda bisa menggunakan trik ini untuk mengatasi bug pada iOS 8.1 ini.

Bug iOS 8.1
Mematikan fitur Safari di iOS 8.1

Dengan iOS 8.1 kemudahan yang disediakan pada sistem operasi terbaru, anda bisa memiliki opsi untuk mengatur tiap panel dari aplikasi yang ada. Safari juga memiliki opsi ini, anda bisa masuk ke menu Setting dan pilih menu Safari > Clear History and Website Data. Dengan menggunakan fitur ini, anda bisa menghapus semua data dan cookie cache yang terdapat Safari. Seperti hal nya melakukan pengaturan ulang, Safari akan bekerja seperti awal. Seharusnya dengan trik tersebut, masalah pada Safari bisa diatas dan anda bisa memanfaatkan berbagai kelebihan Safari dengan maksimal.

Beberapa pengguna telah mencoba berbagai trik untuk mengatasi masalah pada Safari. Salah satu trik yang bisa digunakan adalah mematikan fitur yang tidak digunakan pada Safari, termasuk mematikan JavaScript dan iCloud pada Safari. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke dalam menu Settings, lalu pilih Safari > Advanced untuk mematikan JavaScript dan iCloud > Safari untuk mematikan iCloud. Trik ini tidak membenahi semua kendala yang ada pada Safari, tapi setidaknya membuat Safari mampu bekerja sedikit lebih ringan dan cepat. Dengan mematikan sinkronisasi pada iCloud, artinya anda menghapus semua data yang mampu menyebabkan data rusak (Corrupted).

Selain berbagai trik diatas, anda memiliki opsi untuk bisa memasang browser lainnya sebagai alternatif ketika Safari memang tidak bisa digunakan.

Berbagai Masalah Lainnya

Jika anda memiliki berbagai masalah lainnya pada perangkat iOS 8.1, seperti masalah koneksi Bluetooth hingga kesulitan menjalankan berbagai aplikasi. Sebelum pembaharuan terbaru muncul dari pihak Apple, kami merekomendasikan anda untuk melakukan wipe (install ulang) pada perangkat anda dan memasang kembali sistem operasi iOS 8.1 pada perangkat anda. Hal ini cukup berguna dibandingkan anda harus melakukan full restore perangkat anda, karena ketika melakukan full restore, beberapa kendala tersebut tetap muncul.

Leave a Response