close

VGA: Tips Memilih dan Membeli Video Card

memilih laptop sesuai kebutuhan
memilih laptop sesuai kebutuhan

tips memilih dan membeli video card 1

Semua orang menginginkan tampilan yang bagus pun juga smooth dari PC atau Notebook yang dimilikinya. Tampilan yang bagus dan smooth tentunya tidak lepas dari kinerja sebuah hardware yang di sebut Video Card. Sebelum lebih jauh mari kita bahas apa itu Video Cards, Video Cards ini biasa kita dengar dengan nama VGA (Video Graphic Array). Sama sepeti PC anda, Video card ini memiliki prosessor dan memori sendiri. Fungsi utama dari VGA sendiri adalah menerjemakan tampilan dari komputer ke monitor. Banyak orang kadang salah dalam pembelian hardware yang satu ini, hal utama yang perlu diperhatikan dalam pemilihan video card adalah GPU(Graphic Processing Power)-nya, memori dan clock speednya, card size, DirectX support, Power Requirements, Thermal Design Power, Slot Compatibility dan port keluarannya. Ketika ingin membeli sebuah video card, banyak pilihan yang tersedia. Disini anda akan menemukan rangkuman dari tipe-tipe Video Card yang ada.

1. Pilihan Video Card Saat Ini:

Desktop Video Card

Desktop Video Card, dibuat untuk desktop computer. Seluruh video cards komputer dibuat oleh penggunanya mulai penentuan harga video card dan tipe dari video card ditentukan oleh penggunanya langsung. Hampir seluruh desktop komputer memiliki slot extra yang digunakan untuk video card guna menunjang performa grafis komputer.

Workstation Video Cards

Workstation Video Cards, mungkin terlihat hampir sama dengan desktop video cards, tapi desain dan kapabilitasnya berbeda. Workstation video cards dibuat untuk lebih stabil dan handal ketimbang desktop video cards, hal ini selaras dengan kinerja workstation video cards yang diharapkan mampu tetap stabil meski dalam pemrosesan yang tinggi seperti 3D rendering. Workstation video cards juga mampu bekerja keras dengan jangka waktu yang lama.

Laptop Video Cards

Kebanyakan laptop tidak bisa di-upgrade video card-nya. Video card dari laptop dibuat untuk menangani kebutuhan yang sangat bermacam dari user. Dengan kata lain, semakin mahal laptop yang dimilki, semakin baik pula video card-nya. Jika laptop digunakan untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja video card secara intensif, pastikan untuk membeli laptop dengan video card yang mampu meng-handle seluruh pekerjaan anda dikarenakan melakukan upgrade dari video card bukan merupakan opsi yang dianjurkan.

2. Fitur yang harus diperhatikan

Setelah memahami perbedaan dari berbagai tipe video card yang tersedia, langkah selanjutnya adalah mengerti tentang spesifikasi dan fitur yang di tawarkan dari bermacam-macam video card. Ingat, tidak semua video card di ciptakan sama. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui spesifikasi dan fitur dari video card yang akan anda gunakan sebelum menentukan mana video card yang sekiranya terbaik untuk anda. Dibawah ini adalah penjelasan dari spesifikasi dan fitur yang harus benar-benar di perhatikan dalam pembelian video card.

GPU

Ini dia jantung dari seluruh Video Card yang ada. Bagian ini adalah bagian yang paling bertanggung jawab dengan performa video card. Umumnya, nomer model dari setiap video card ini menjadi indikator kekuatan dari GPU yang dimilikinya. Nomer model yang lebih tinggi dalam setiap seri video card melambangkan performa yang lebih baik tetapi juga perhatikan seri dari setiap video card, seri dari setiap video card ini seperti XT, GT, GS dan yang lainnya. Nama seri dari setiap video card ini juga memberikan informasi yang penting seperti clock-speed dan informasi shader. Kecepatan dari GPU (diukur dengan Ghz) melambangkan performa dari sebuah GPU untuk melakukan render dari 3D Graphic untuk semua program. Sebuah GPU mampu memiliki lebih dari 1 core prosessor yang mana akan membantu performansi dari video card anda. Didalam GPU juga terdapat bandwith memory yang menentukan performa dari video card juga. Bandwith memory ini dinyatakan dalam satuan bit, saat ini yang paling kecil adalah 64-bit dan yang paling tinggi adalah 512-bit.

tips memilih dan membeli video card 2
Contoh video card

Memory dan Clock Speed

Memory dan clock speed merupakan salah satu pertimbangan yang cukup penting dalam pemilihan video card. Di jaman sekarang, video card yang ada sebaiknya menggunakan satuan Gigabyte. Jika kurang dari itu akan menjadikan performa grafik anda menjadi lebih lambat ketika berhadapan dengan resolusi dan detail yang tinggi. Bagaimana pun juga, memory yang tinggi tidak selalu berpihak pada performa yang baik, kadang beberapa video card yang memilki memori 2 GB berjalan lebih lambat ketimbang video card dengan memori 1.5 GB. Hal ini terjadi dikarenakan clock speed setiap video card berbeda. Oleh karena itu lebih baik mempertimbangkan baik memory dan clock speed ketika memilih sebuah video card. Contoh memori yang ada sekarang adalah GDDR3 dan GDDR5, GDDR5 menawarkan bandwith 2 kali lipat yang berpengaruh terhadap performa juga.

tips memilih dan membeli video card 3
benchmark clock memory suatu video card

Ukuran Video Card

Kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan ukuran dari video card. Hal ini mungkin tidak menjadi masalah ketika memang sebuah komputer memiliki lebar sebesar gudang. Karena sekarang PC mampu hadir dengan berbagai ukuran, hal ini sangat krusial karena video card harusnya mampu menyesuaikan dengan ukuran komputer anda. Dengan case yang kecil seperti microATX case, pilihan video card mungkin akan terbatas.

DirectX Support

Video card mampu men-support berbagai versi dari Microsoft DirectX “API” (Application Programming Interface, kemampuan untuk komunikasi dalam berbagai program komputer). API ini menawarkan perbedaan grafik dan fitur processing. Untuk seorang gamers, video card yang ditopang dengan DirectX yang lebih tinggi mampu menghasilkan gambar yang lebih realistis. Pastikan jika sebuah video card mampu sesuai dengan DirectX yang dimiliki.

tips memilih dan membeli video card 4
DirectX version 12

Power Requirements

Ini dia yang sering dilupakan pada video card. mungkin untuk beberapa waktu kebelakang power requirements tidak menjadi salah satu pertimbangan untuk pemilihan video card yang ada, karena sekarang video card yang ada mengkonsumsi tenaga yang jauh lebih besar daripada yang dulu. Pastikan terlebih dahulu bahwa anda memiliki power supply yang mampu membantu kinerja dari video card anda.

Thermal Design Power

Pada saat melakukan pekerjaan video card mampu menghasilkan panas. Spesifikasi dari Thermal Design Power sebuah video card menjelaskan seberapa besar panas yang akan dihasilkan oleh video card tersebut. Anda tentu saja tidak menginginkan overheating terjadi pada computer anda karena mungkin akan menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen dalam PC anda. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi tipe dari pendingin yang akan digunakan untuk computer anda. Pastikan jika pendingin yang anda gunakan mampu meng-handle panas yang dihasilkan.

tips memilih dan membeli video card 5
Desain thermal suatu video card

 

Slot Compatibility

Motherboard dari sebuah komputer umumnya memiliki slot tambahan untuk digunakan oleh beberapa komponen seperti video card. Setiap slot memiliki tipenya tersendiri. Oleh karena itu pastikan slot yang dimiliki oleh motherboard anda kompatibel atau sesuai dengan video card yang anda pilih.

tips memilih dan membeli video card 6
Contoh slot compatibility

Output ports

Monitor mampu terkoneksi dengan video card dengan menggunakan port DVI (Direct Video Interface). Hampir seluruh video card memiliki port ini. Beberapa video card memiliki lebih dari 1 port yang bisa digunakan untuk 2 monitor sekaligus. Ada 2 tipe yang berbeda dari output port ini, yang pertama ada single link (dimana port ini dapat melakukan koneksi dengan monitor dengan resolusi hingga 1920 x 1080) dan dual-link (dimana port ini dapat melakukan koneksi dengan monitor dengan resolusi hingga 2560 x 1600). Beberapa video card memiliki HDMI port atau mini HDMI port yang bisa digunakan untuk menyambungkan ke HDTVs atau device yang sejenis. Ketika membeli video card, pastikan jika output port sesuai dengan monitor-nya.

tips memilih dan membeli video card 7
Contoh input port video card

 

Setelah mengetahui spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh sebuah video card alangkah baiknya kita menentukan video card apa yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kita. Kami membagi user menjadi beberapa kelompok untuk pemilihan video card.

1. Home User

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan video card bagi home user:
• Power Requirements
• Thermal Design Point
• Slot Compatibility
Kebutuhan dari Home User ini mungkin akan sangat berbeda dengan kebutuhan dari business user atau gamer. Video card untuk Home user ini tidak dipakai terlalu intersif ketimbang kelompok yang lainnya, jadi sebaiknya membeli low-end video card dengan harga yang lebih murah sudah cukup membantu.

2. Home Office User

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan video card bagi home office user:
• Power Requirements
• GPU
• Size
Kebutuhan dari home office user ini mungkin sedikit berbeda dengan home user. Jika pekerjaan yang dikerjakan oleh home office user ini berhubungan dengan grafik yang cukup intensif sebaiknya perhatikan tipe dari video card-nya usahakan belilah video card dengan GPU yang cukup tinggi, pilihlah yang sekiranya mampu mengakomodasi kebutuhan anda dan sesuai dengan budget anda.

3. Small Business User

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan video card bagi small business user:
• GPU
• Memory and Clock Speed
• Output Ports
Ketika memberli video card untuk usaha yang kecil pastikan jika GPU dari video card anda cukup bertenaga untuk digunakan dalam lingkup usaha kecil anda. Ketika ingin membeli video card, ingat nomer model yang lebih tinggi melambangkan GPU yang lebih tinggi pula. Tapi itu tidak berarti bahwa anda harus membeli video card yang mahal atau yang paling top, tetapi pilihlah yang setidaknya berada tidak jauh dari itu.

4. Corporate User

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan video card bagi corporate user:
• GPU
• Memory and Clock Speed
• Slot Compatibility
Kebutuhan video card untuk corporate user juga sangat unik dan bervariasi. Yang mana kebutuhan video card bagi corporate user tergantung dari seberapa sering intensitas dari penggunaan grafik pada saat bekerja. Hal pertama yang harus dilihat dari corporate user ini adalah GPU dari video card-nya. Jika membutuhkan kecepatan dalam pengolahan render 3D grafik maka pilihlah video card dengan GPU yang tinggi. Ditambahkan dengan memory dan clock speed yang tinggi juga akan sangat membantu pekerjaan anda, pastikan bahwa memory dan clock speed cukup seimbang. Selain itu pertimbangkan juga slot kompatibilitas dari motherboard anda, akan sangat disayangkan jika motherboard yang ada tidak kompatible dengan video card anda.

5. Gamer

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan video card bagi gamer user:
• GPU
• Memory and Clock Speed
• Output Ports
Gamer mungkin sudah menjadi konsumen terbesar video card. Hal ini terjadi dikarenakan banyak game yang dipasarkan membutuhkan aktivitas grafik yang cukup intensif. Untuk mendapatkan “full gaming experience”, anda akan membutuhkan video card yang mampu meng-handle pekerjaan tersebut dengan baik. Yang harus dilihat pertama kali jika anda seorang gamer adalah GPU card-nya, kecepatan pemrosesan dari GPU nya akan menentukan kenyamanan anda dalam bermain game. Mungkin dalam beberapa game lebih nyaman dimainkan dengan menggunakan video card yang memiliki core yang lebih dari satu (multiple core). Selanjutnya lihatlah memory dan clock speed-nya. Semakin banyak memori yang ada pada video card-nya maka akan semakin banyak pula data yang dapat di-handle dalam satu waktu. Dan juga pastikan bahwa DirectX dari sebuah video card anda mampu mensupport DirectX terbaru sehingga anda mampu memainkan game-game terbaru yang lebih mungkin membutuhkan DirectX versi terbaru.

Leave a Response