close
Review

Review HP ProLiant DL380 Gen9

hp proliant dl380 gen9

hp proliant dl380 gen9HP ProLiant DL380 merupakan produk yang secara konsisten menjadi salah satu server paling laris dari HP. Bahkan sampai saat ini pun HP ProLiant DL380 Gen8 juga masih terjual cukup laris di pasaran, sehingga dari pihak HP sendiri belum menghentikan produksi server generasi 8. Disamping produksi server generasi 8 yang tetap berlanjut, HP juga konsisten memproduksi dan melanjutkan promosi tentang generasi server terbaru milik mereka. Dengan desain, performa dan fitur yang baru HP ProLiant DL380 Gen9 mampu memberikan sebuah kenyamanan yang lebih dari versi sebelunya.

HP mungkin memakan waktu yang cukup lama untuk melakukan perubahan pada server Gen7 menuju ke Gen8. Namun, bisa kita lihat hasil perubahan yang cukup signifikan dari kedua server tersebut. HP generasi ke 8 memiliki sistem yang bisa digunakan untuk kegiatan bisnis anda dengan lebih stabil dan desainnya juga lebih ramping sehingga bisa menghemat ruangan. Sebenarnya ada perbedaan yang mencolok dari kedua versi tersebut, karena HP pada Gen8 memberikan tambahan ‘e’ dan ‘p’ pada setiap modelnya.

Tampaknya penamaan tersebut membuat bingung para pelanggan, sehingga pihak HP merasa jika mereka sebaiknya kembali ke penamaan sebelumnya untuk server generasi terbaru. Gen9 hadir dengan penamaan lama tanpa embel-embel ‘e’ dan ‘p’ pada bagian belakang. Sama seperti server model lainnya, HP ProLiant DL380 Gen9 juga dilengkapi dengan prosesor Intel Xeon jenis terbaru.

Cukup banyak sekali perubahan yang ada pada server tipe terbaru ini jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Kita akan mengupas beberapa fitur dan kehandalan dari server tipe ini.

Overview

Server generasi terbaru ini mengalami perubahan bentuk desain dari generasi sebelumnya. Hampir sama dengan versi dikelasnya, desain dari HP ProLiant DL380 Gen9 juga bisa di bagi menjadi 3 kategori. Yaitu bagian depan, bagian dalam dan bagian belakang.

hp-proliant-dl380-gen9
Bagian depan dari HP ProLiant DL380 Gen9

Untuk bagian depan, terdapat 8 port SSF yang bisa digunakan dengan opsi universal media bay yang bisa di konfigurasi. Terdapat 3 bagian yang dinamai dengan bay. Bay 1 terdiri dari quick removal access panel, Universal Media bay, berupa 2 port USB 2.0 dan VGA standart, optical drive dan slot SFF drive yang bisa diisi (dalam posisi kosong). Quick removal access panel sendiri berfungsi sebagai panel yang digunakan untuk melepas bagian atas dari server, sehingga kita bisa melihat bagian dalam dari server. Quick removal access panel sendiri, biasanya digunakan untuk melakukan penambahan hardware atau melakukan konfigurasi ulang hardware dari server. Pada bagian nomer 5 atau bay 2, merupakan slot yang digunakan untuk bisa menambahkan 8 SFF drive dengan syarat menggunakan harus Universal Media bay. Sedangkan pada nomer 6 atau bay 3 terdapat 8 SFF drive bawaan yang akan mendukung kinerja dari server anda. Pada bagian sebelah dari bay 3 terdapat tombol 2 tombol, yaitu tombol power dan UID dan 2 lampu LED indikator Health status LED dan NIC status.

hp-proliant-dl380-gen9
Bagian dalam HP ProLiant DL380 Gen9

Untuk bagian dalam, terdapat 6 standart fan (kipas) yang digunakan untuk menurunkan panas yang terjadi saat server melakukan pekerjaan, fan tersebut bisa diganti dengan fan yang memiliki performa yang lebih tinggi. Tentunya terdapat 2 port untuk prosesor Intel Xeon terbaru, port tersebut dilengkapi dengan teknologi HP Smart Socket Guide yang membantu prosesor terbaru untuk melakukan tugasnya dengan maksimal. Setelah prosesor, terdapat baterai untuk HP Smart Storage yang bisa digunakan secara opsional. 24 slot DDR4 DIMM juga terdapat pada bagian dalam. Setelahnya, ada slot MicroSD, Internal konektor USB 3.0 dan HP Flexible Smart Array yang bisa di pasang secara opsional. Pada bagian bawah terdapat HP Flexible Slot Power, bagian inilah merupakan salah satu teknologi terbaru dari HP yang mampu mendukung efisiensi tenaga yang dikeluarkan. Terdapat pula, port koneksi untuk riser kedua (dapat dipasang secara opsional), NIC Primary PCIe dan opsional FlexibleLOM untuk 13×4 SATA.

hp-proliant-dl380-gen9
Bagian belakang dari HP ProLiant DL380 Gen9

Pada bagian belakang, terdapat banyak port yang telah tertata rapi sehingga ketika pengguna menghubungkan server tersebut dengan beberapa server lainnya lebih mudah. Pada nomer 1 merupakan PCI slot yang bisa digunakan secara opsional. Hampir sama dengan nomer 1, pada nomer 2 merupakan PCI slot, namun hanya bisa digunakan dengan menambahkan riser card tambahan. Nomer 3 merupakan serial optional port. Nomer 4 merupakan optional rear untuk 2 SFF HDD, Dengan menambahkan HDD tersebut, anda bisa mendapatkan dukungan 24 SFF atau 12 SFF pada bagian depan. Pada nomer 5 terdapat HP Flexible Slot Power Supply bay 1 sebesar 800W. Pada nomer 6 hingga 10 terdapat power supply untuk Power LED, power connection, power supply bay 2 sebesar 800W, power supply untuk power LED dan Power supply untuk power connection. Pada nomer 11 terdapat konektor VGA untuk menghubungkan graphic card yang telah ada pasang. Pada nomer 12 terdapat 4 port network adapter dengan kecepatan sebesar 1 GbE. Nomer 13 dan 14 secara berurutan, terdapat konektor iLO dan UBB 3.0. Nomer 15 terdapat LED untuk unit ID. Dan yang terakhir, terdapat 4 opsional port FlexibleLOM sebesar 1 GbE yang bisa anda tambahkan sendiri.

Fitur-fitur pada HP ProLiant DL380 Gen9

1. Tempat penyimpanan yang lebih besar

Tempat penyimpanan HP ProLiant DL380 Gen9 telah dilengkapi dengan teknologi HP Smart Array yang memungkinan untuk mendukung 10 hard disk dengan tipe SATA dan RAID5 array. Menambahkan slot Smart Array P440ar dapat membuat pengguna menambahkan drive SAS dengan kecepatan 12 Gbps pada server. Dengan menambahkan slot Smar Array P440ar, anda tidak perlu kehilangan slot PCI-Express. Anda juga memiliki opsi untuk bisa menambahkan 2GB FBWC yang telah dilindungi dengan baterai Li-Ion 96W yang memiliki performa tinggi.

Perubahan yang paling besar terletak pada bagian panel depan. Pengguna HP ProLiant DL380 Gen9 bisa menambahkan konfigurasi tempat penyimpanan sebanyak 24 buah. Dengan 1 Blok (1 bay) bisa ditambahkan 8 buah hard disk. Kontroler P440ar juga mendukung anda untuk bisa menambahkan 26 buah drive SFF dan pengguna juga memiliki opsi untuk menambahkan HP SAS expanders, sehingga anda tidak perlu menambahkan RAID card lagi ketika menggunakan drive penyimpanan lebih dari 8 buah.

Dari keseluruhan total hard drive (tempat penyimpanan) yang ada, pengguna mungkin akan bingung dimana letak dari 2 SFF drive lainnya. HP telah mendesain ulang penempatan PSU (Power Supply Unit) dengan membuat ukuran PSU 20 cm lebih kecil dan meletakkan mereka secara bersebelahan, jadi sisa tempat bagian atas bisa digunakan untuk 2 drive hot-swap (2 SFF drive).

Bodi dari HP ProLiant DL380 Gen9, juga bisa mendukung untuk pengguna agar menempatkan 12 LFF drive. Anda juga memiliki opsi untuk tidak menambahkan riser card pada bagian belakang. Anda bisa menambahkan casing pada bagian belakang dan meningkatkan kapasitas drive hingga 15 buah.

2. Fasilitas tambahan untuk DL380 Gen9

DL380 Gen9 memiliki opsional universal media bay untuk bisa digunakan oleh port USB 2.0 dan VGA ports. Dibawah kedua universal media bay, anda bisa menambahkan 2 SFF drive. Untuk server Gen8, anda hanya akan mendapatkan 1 FlexibleLOM. Namun, pada Gen9 HP menambahkan 4 Gigabit port pada motherboard sehingga anda tidak perlu lagi membeli FlexibleLOM card tambahan.

Tidak hanya menambahkan FlexbleLOM yang lebih canggih, tetapi juga memindahkan konektor yang ada pada sisi yang lainnya. Sehingga anda bisa melakukan upgrade mezzanine cards, 4 gigabit card dan 2 fibre card.

Pada DL380 Gen9, server di dukung dengan memori DDR4 dengan teknologi HP Smart Memory sebesar 768 GB. Dengan total 1 DIMM nya bisa digunakan untuk memori sebesar 128 GB. Hal tersebut membuat server HP ProLiant DL380 Gen9 memiliki total memori sebesar 3TB. Pihak HP mengharapkan dengan total memori yang besar, mampu membantu pihak pengguna untuk bisa mengakomodasi perkembangan bisnis yang ada.

3. Tenaga server yang bertambah

Sistem yang ada di dukung dengan sepasang Intel Xeon 14-core 2.3 GHz E5-2695 v3, secara logikal server tersebut memiliki 56 core. Jadi kemampuan server lebih maksimal jika dibandingkan dengan versi yang sebelumnya, hal ini juga tidak luput dari peran prosesor terbaru dari Intel.

HP juga mengklaim jika pihaknya telah melakukan efisiensi sistem dengan maksimal, ProLiant DL380 Gen9 membutuhkan daya sebesar 90W pada keadaan normal dan pada keadaan maksimal tenaga yang dibutuhkan hanya sebesar 352W. Hal tersebut jauh lebih efisien jika di bandingkan dengan produsen lain yang menggunakan tipe prosesor yang sama.

4. Manajemen server yang lebih baik

HP ProLiant DL380 Gen9 menggunakan manajemen sistem dengan menggunakan HP iLO4 v2.0. HP iLO4 terhubung dengan sebuah port Gigabit yang telah tertanam pada server tersebut. Dengan manajemen seperti itu pengguna bisa melakukan deteksi terhadap kesehatan server, mengkontrol tenaga dan mengatur pengeluaran tenaga secara otomatis.

Sementara iLO4 mendukung pada bagian sistem manajemen, HP memberikan teknologi sendiri untuk bisa memaksimalkan kinerja dari server. Teknologi SIM (System Insight Manager) tersebut dikenal dengan nama HP OneView. Dengan HP OneView pengguna akan dimudahkan untuk bisa melakukan manajemen server, tempat penyimpanan dan virtualisasi server hanya dalam 1 tempat.

HP juga telah meletakkan aplikasi tersebut pada cloud storage dengan HP Insight Online. Aplikasi ini dapat dijalankan melalui smartphone, iPad atau tablet PC milik anda. Hanya dengan memasukan akun Passport yang terlebih dahulu telah di registrasikan, anda bisa melakukan monitoring server dan memperbaiki kerusakan sistem (bukan kerusakan hardware) dengan melalui fitur HP Insight Online.

Kesimpulan

Sudah bukan rahasia lagi jika HP ProLiant DL380 Gen9 merupakan salah satu produk server paling laris dari HP. Hal itu tak lain karena, DL380 selalu menawarkan fitur yang impresif di setiap generasinya. Untuk generasi terbaru ini, DL380 di desain lebih minimalis namun memiliki fitur yang meningkat, tempat penyimpanan yang lebih besar dan efisiensi tenaga yang menjanjikan. Dengan desain yang lebih minimalis tersebut, membuat peletakkan server tersebut menjadi lebih mudah dan tidak memakan banyak ruang. HP juga menyediakan rak sendiri secara terpisah untuk kebutuhan data center perusahaan anda.

2 Comments

  1. Dear Anugrah Pratama,

    Bisa diberikan penawaran untuk rencana kebutuhan server kami :
    HP DL360 Gen9 E5-2630v3 Base SAS Svr
    dengan spech :
    memory 64GB
    HDD : 2 x 600GB support raid 1
    8 x 1TB support raid 0

    Terima kasih, kami tunggu info penawarannya segera ya, karena untuk compare harga …

    BRegards,

    Budiono
    PT. BMI Surabaya

    1. Untuk penawaran, silahkan kunjungi gerai kami di:
      Klampis Jaya 29E – Surabaya 60115
      Jawa Timur – Indonesia

      Atau menghubungi divisi marketing kami di:
      Tel: +62 (31) 592-8580, 599-6227
      Fax: +62 (31) 592-4835

Leave a Response