close

Tips Meningkatkan Kinerja Android

meningkatkan-kinerja-android

meningkatkan-kinerja-androidPerkembangan ponsel Android dari tahun ke tahun tampaknya sangat cepat, tak terkecuali dengan sistem operasinya. Kadang perkembangan tersebut tidak terlalu sesuai dengan Android tipe lama, sehingga menyebabkan kerja Android tersebut menjadi lebih lambat dan tidak berkembang. Beberapa orang mengganti Android mereka dengan Android tipe terbaru, namun bagi yang tidak memiliki dana lebih untuk membeli smartphone Android terbaru, tampaknya harus rela bertahan dengan Android mereka yang lama. Pengguna ponsel Android juga tidak perlu terburu-buru mengganti Android mereka dengan Android yang baru. Mengapa bisa begitu? Karena sebenarnya ada yang bisa dimaksimalkan dengan ponsel Android yang lama. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips meningkatkan kinerja Android

Terkadang untuk Android yang lama, menjalankan pekerjaan seperti beralih dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainnya cukup berat, atau anda harus beralih menggunakan tombol home untuk menutup suatu aplikasi. Bagaimanapun juga, ponsel Android tidak seharusnya bekerja seperti itu.

Ini dia beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan untuk membuat kinerja ponsel Android anda lebih maksimal:

1. Menghapus atau mematikan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan

Perangkat Android anda memiliki tempat penyimpanan internal yang terbatas. Semakin sedikit tempat penyimpanan yang tersisa, maka akan semakin tidak maksimal atau bisa dibilang lambat ponsel Android milik anda. Jika anda memenuhi tempat penyimpanan internal dengan berbagai file seperti foto, musik atau aplikasi, kami menyarankan agar anda bisa memindahkan file-file foto dan musik ke dalam tempat penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive. Dan jika berkas tersebut berupa aplikasi, maka kami sarankan anda untuk menghapus aplikasi yang tidak/jarang digunakan.

meningkatkan-kinerja-android
Menghapus aplikasi yang tidak digunakan

Menghapus aplikasi bisa dilakukan melalui menu Settings, dengan membuka menu aplikasi, lalu anda tinggal bisa memilih aplikasi yang ingin anda hapus. Aplikasi-aplikasi bawaan dari produsen tidak bisa dihapus, aplikasi-aplikasi ini hanya bisa di non-aktifkan saja.

Pada smartphone dan tablet yang memiliki slot penyimpanan eksternal, anda bisa memindahkan aplikasi dan berbagai berkas-berkas tersebut ke dalam microSD. Beberapa cara tersebut memang terlihat mudah namun tetap bisa meningkatkan kinerja Android.

2. Membersihkan cache aplikasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja Android adalah dengan membersihkan cache aplikasi. Data cache merupakan data yang dibangun sejak berjalannya aplikasi, data tersebut akan menumpuk ketika tidak dibersihkan. Tumpukan data cache tersebut bisa berpengaruh terhadap performa dari perangkat Android anda. Anda bisa melakukannya secara otomatis dengan menggunakan aplikasi seperti Cache Cleaner atau Clean Master, kedua aplikasi tersebut bisa anda dapatkan di Google Playstore.

3. Batasi widget dan live wallpaper pada home screen

meningkatkan-kinerja-android
Widget dan Live wallpaper yang bisa dikurangi penggunaannya

Banyak pengguna Android berpendapat jika widget yang ada pada ponsel Android bisa menjadi salah satu keuntungan bagi mereka. Dengan menggunakan widget, kita bisa mengetahui/mencari informasi dengan cepat tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Sayangnya, widget-widget yang anda dapatkan berpengaruh besar terhadap konsumsi tenaga dari baterai Android. Tak hanya itu, beberapa widget bisa menyebabkan ponsel Android bekerja tidak maksimal dan tergolong lambat.

Mengurangi widget yang ada, terutama widget yang menggunakan paket data secara intensif seperti Facebook, Twitter dan berbagai sosial media lainnya bisa membantu smartphone atau tablet anda berjalan lebih halus dan bertahan lebih lama. Anda bisa menghilangkan widget tersebut dari home screen dengan cara menekan widget tersebut dengan lama, dan meletakkannya pada ikon bergambar tempat sampah.

Salah satu fitur yang cukup bagus dari Android adalah live wallpaper. Sama halnya dengan widget, live wallpaper bisa menurunkan dan memperlambat kinerja Android anda. Anda bisa mengganti wallpaper Android dengan wallpaper static biasa.

4. Mematikan animasi pada Android

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja Android kinerja Android adalah dengan mematikan animasi dari sistem operasi ini. Untuk melakukan ini, anda bisa membuka menu Settings, lalu pilih tab Developer options, dan pilih menu Drawing option. Selanjutnya, matikan Window animation scale, transition animation scale dan animator duration scale. Dengan ini anda akan mematikan animasi yang muncul ketika anda membuka, menutup atau beralih antar aplikasi. Meskipin begitu, interface dari sistem operasi anda tidak akan terlihat berkurang, dan bahkan lag pada performa akan berkurang.

meningkatkan-kinerja-android
Mematikan animasi pada Android

5. Melakukan pembaharuan aplikasi

Pihak produsen pasti secara berkala akan memberikan beberapa pembaharuan perangkat lunak untuk perangkat Android anda. Lakukan hal ini secara berkala, dengan mendapatkan pembaharuan aplikasi anda akan meningkatkan keamanan aplikasi dan memperbaiki bug pada aplikasi. Dengan meningkatnya keamanan dan berkurangnya bug, diharapkan aplikasi bekerja dengan lebih stabil. Jika terdapat pembaharuan sistem operasi, maka anda juga harus melakukannya, dengan sistem operasi yang lebih baru, diharapkan kinerja ponsel Android akan tetap terjaga.

Untuk melihat pembaharuan aplikasi atau sistem operasi pada Android, anda bisa masuk ke dalam menu Settings dan pilih About Phone lalu pilih menu System Updates.

6. Melakukan rooting dan memasang custom ROM

Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja Android adalah dengan melakukan root pada perangkat anda, anda bisa mengambil resiko ini. Dengan melakukan root anda akan membuka sebuah pintu untuk bisa mendapatkan fitur terbaru dan bahkan performa yang lebih meningkat. Dengan melakukan root anda bisa memiliki kemampuan untuk bisa melakukan overclock pada prosesor perangkat Android (baca kelebihan dan kekurangan root Android disini).

Jika ponsel Android anda tidak mendapatkan pembaharuan dari pihak produsen, salah satu cara untuk mendapatkan pembaharuan adalah dengan memasang custom ROM. Tapi ingat, do with your own risk. Ambil resiko dan anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih besar dari milik anda sekarang.

Leave a Response