close

Thunderbolt 3: Kecepatan Ngebut, Pakai Konektor USB-C

Thunderbolt 3

Baru-baru ini, Intel baru saja merilis generasi terbaru dari Thunderbolt, Thunderbolt 3. Thunderbolt 3 ini secara garis besar menawarkan kecepatan yang tinggi dalam mentransfer data serta memakai konektor yang lebih familiar yaitu USB-C atau USB 3.1.

Thunderbolt 3

Generasi Thunderbolt sudah ada sejak kurang lebih empat tahun lalu, namun sepertinya masyarakat kurang mengenal Thunderbolt dibanding dengan USB. Padahal, generasi-generasi Thunderbolt menawarkan kecepatan transfer data yang super cepat. Bagaimana tidak, Thunderbolt generasi pertama dapat mentransfer data dengan kecepatan 10 Gbps, Thunderbolt 2 memiliki kecepatan 20 Gbps dan yang terbaru Thunderbolt 3 memiliki kecepatan transfer data 40 Gbps.

Thunderbolt 3

Agak ironis memang karena jumlah perangkat yang mengemas Thunderbolt masih sangat sedikit. Hal ini dikarenakan hanya beberapa laptop dan motherboard high-end saja yang dapat dilengkapi Thunderbolt. Ini dikarenakan pada konektor yang digunakan. Thunderbolt hingga generasi kedua, Thunderbolt 2 memakai konektor MiniDisplayPort. Konektor ini masih belum familiar pada masyarakat. Maka dari itu, Intel tak ingin mengulangi hal tersebut. Untuk Thunderbolt 3 ini akan memakai konektor baru yaitu USB 3.1 atau USB-C yang ngetren saat ini. Otomatis kedepannya tak perlu peralatan atau port tambahan untuk dapat menikmati Thunderbolt generasi terbaru ini, tetapi satu port USB-C saja sudah cukup.

Perbedaan Thunderbolt 3 dan USB-C atau USB 3.1

Thunderbolt 3

Salah satu bagian yang cukup membingungkan pengguna yaitu kalau USB-C ujung kabel tidak terdapat logo bergambar petir, sedangkan Thunderbolt 3, pada ujung kabelnya terdapat logo petir. Untuk kecepatan, tentunya Thunderbolt terbaru ini memiliki kecepatan transfer 40 Gbps, sedangkan USB-C memiliki kecepatan 10 Gbps . Intel sendiri mengklaim dengan memakai Thunderbolt 3, pengguna dapat memindahkan film yang memiliki resolusi tinggi (4K) hanya dalam waktu kurang dari 30 detik. Sebagai tambahan, Thunderbolt 3 dapat menyambungkan perangkatdengan dua layar sekaligus (4k 60HZ).

 

Thunderbolt 3 untuk Para Gamers

 

Pecinta game dapat menggunakan Thunderbolt 3 untuk menyambungkan laptop pada sebuah grafis eksternal. Memang bukan grafis kelas tinggi, karena pasti ada masalah pada penyuplaian listrik. Namun paling tidak menarik bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam mengelola grafis. Layak untuk dicoba.

Intel mengumumkan terkait nasib perangkat generasi Thunderbolt sebelumnya. Kedua generasi Thunderbolt masih dapat merasakan Thunderbolt 3 dengan bantuan adaptor. Dengan hadirnya generasi terbaru Thunderbolt ini, maka akan dapat membuat waktu pengguna jauh lebih efisien dengan tidak menunggu lama saat memindahkan data.

Leave a Response