close

Kodak ScanMate i940: Kemudahan Di Tangan Anda

Kodak ScanMate i940 5Sebuah dokumen scanner mungkin bisa menjadi sebuah produk yang cukup bagus untuk kebutuhan anda, apalagi jika anda memiliki budget yang berkisar antara 6-7 juta Rupiah. Dengan budget yang cukup tinggi tersebut, anda memiliki opsi pilihan yang cukup luas dan banyak. Selain itu, anda juga bisa memilih berbagai fitur dan teknologi yang tersedia. Salah satu yang bisa anda petimbangkan adalah Kodak ScanMate i940.
Kodak ScanMate i940 memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan kebanyakan scanner yang tersedia dipasaran, memiliki engsel yang bisa digunakan untuk membuka bagian atas scanner tersebut serta dilengkapi dengan fitur Automatic Document Feeder (ADF) yang mampu melakukan scanning 20 halaman sekaligus, menjadi salah satu keunggulan Kodak ScanMate i940.

Overview

Hal yang paling buruk yang bisa terjadi adalah sebuah data yang terperangkap dalam sebuah dokumen kertas, dan data tersebut tidak bisa dipindahkan ke komputer. Hal tersebut bisa berakibat buruk, apalagi untuk kegiatan bisnis. Kodak ScanMate i940 scanner, mampu membantu anda mendapatkan, mengatur dan mendistribusikan informasi dengan mudah.

Kodak ScanMate i940 memiliki fitur Smart Touch yang mampu menggantikan langkah-langkah yang kompleks dalam proses scanning dengan hanya 1 sentuhan. Jadi, anda bisa merasakan kenyamanan yang cukup ketika melakukan scanning. Selain fitur Smart Touch, Kodak ScanMate i940 juga memiliki fitur untuk melampirkan email, gambar dan dokumen ke dalam cloud storage (penyimpanan awan), dengan begitu anda bisa mengakses dokumen anda dimanapun anda berada.

Fitur

1. Kemudahan dalam penggunaan

Dengan menggunakan Kodak ScanMate i940, anda diberikan sebuah fitur yang cukup memudahkan dalam pengoperasiannya serta kemampuan untuk mencetak beragam dokumen yang anda inginkan. Selain itu hal tersebut juga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Fitur Smart Touch yang dibekalkan pada Kodak ScanMate i940 mampu membantu anda untuk memilih pengaturan dan aplikasi yang tepat untuk dokumen yang akan anda scan. Dengan hanya menyentuh 1 tombol, anda bisa melakukan scanning dokumen ke:
• Microsoft SharePoint
• Google Doc Scan
• BoxNet
• WebDav
• Tempat penyimpanan anda
• Email
• Printer
• Dan berbagai aplikasi pada PC anda yang mendukung ekstensi dokumen TIFF, JPEG, RTF, BMP, dan PDF

2. Hasil yang bagus

Kodak ScanMate i940 memiliki teknologi Perfect Page, teknologi ini merupakan salah satu teknologi keunggulan dari pihak Kodak. Teknologi Perfect Page mampu menawarkan kecerahan warna dan hasil karakter yang jelas. Selain itu juga Kodak ScanMate i940 dilengkapi dengan teknologi Perbaikan gambar yang mencakup beberapa teknologi, seperti iThresholding, automatic image straightening (deskew), auto cropping, image rotation, electronic color dropout, dual stream scanning, image merge, image edge fill, content-based blank page removal, automatic brightness dan contrast

3. Dilengkapi dengan perangkat lunak andalan

Kodak ScanMate i940 memiliki kelebihan perangkat lunak bawaan yang cukup bervariasi, dengan perangkat lunak yang cukup bervariasi ini diharapkan scanner Kodak ScanMate i940 mampu membantu memudahkan editing hasil scanning dokumen anda. Beberapa software yang termasuk dalam paket pembelian Kodak ScanMate i940 adalah:
• TWAIN
• ISIS
• WIA driver
• Smart Touch
• NewSoft Presto! BizCard

4. Garansi panjang

Ketika anda membeli Kodak ScanMate i940, anda mendapatkan kenyamanan berupa garansi yang cukup panjang. Yaitu, garansi selama 3 tahun. Garansi 3 tahun ini juga tidak main-main, pihak Kodak siap mengganti dengan barang lain ketika terjadi kerusakan, tanpa biaya tambahan pula. Selain itu, anda juga memiliki opsi untuk membeli sebuah garansi selama 5 tahun untuk kenyamanan anda.

5. Nilai Tambah

Dengan semua kemampuan diatas, harga yang terjangkau dan garansi yang diberikan oleh pihak Kodak, Kodak ScanMate i940 mampu memberikan kombinasi performa dan nilai yang cukup bagus.

Spesifikasi

Spesifikasi merupakan sebuah hal penting yang tidak bisa kita sampingkan ketika membeli sebuah hardware computer, begitu pula dengan pembelian scanner. Kodak ScanMate i940 memiliki spesifikasi yang cukup memadai dikelasnya. Berikut merupakan spesifikasi Kodak ScanMate i940:

1. Kecepatan Scanning

Kecepatan scanning bisa menjadi salah satu hal yang cukup krusial dalam pembelian sebuah scanner, terutama jika kantor anda melakukan scanning dalam jumlah yang cukup besar. Kecepatan scanning ini dilambangkan dengan satuan detik, berikut merupakan hasil tes kecepatan scanning Kodak ScanMate i940
• Kecepatan preview scan : 10 detik
• Kecepatan scan dokumen A4 pada resolusi 150 dpi : 10 detik
• Kecepatan scan dokumen A4 pada resolusi 300 dpi : 14 detik
• Kecepatan scan dokumen A4 pada resolusi 600 dpi : 52 detik

2. Spesifikasi Umum

Spesifikasi umum mendefinisikan keunggulan mesin yang digunakan oleh sebuah scanner. Pada spesifikasi umum ini, kita bisa melihat berbagai detail Kodak ScanMate i940. Berikut merupakan detail dari Kodak ScanMate i940:
• Teknologi scanner : CIS
• Resolusi maksimal : 600 dpi
• Kedalaman hasil scan : 24-bit
• Dokumen maksimal yang bisa di scan : 216 x 1.524 mm
• Tombol fungsionalitas : 2 buah
• USB : USB 2.0 dan USB 3.0
• Sistem operasi yang bisa digunakan : Windows XP/Vista/7/8/8.1 | (pengguna Mac tidak bisa menggunakan scanner tipe ini, hanya bisa menggunakan tipe Kodak i940M)
• Perangkat lunak bawaan : TWAIN/ISIS drivers, Kodak Smart Touch dan NewSoft Presto! BizCard

3. Dimensi

Spesifikasi dimensi dari scanner ini memberikan sebuah gambaran kepada pihak yang ingin membeli Kodak ScanMate i940 mengenai besar produk. Besar produk ini termasuk juga perhitungan, tinggi, lebar dan panjang scanner. Dengan mengetahui dimensi dari sebuah scanner, anda bisa memperkirakan tempat yang akan digunakan nantinya. Berikut merupakan detail dimensi dari Kodak ScanMate i940:
• Kabel USB : sudah termasuk paket penjualan
• Interface : USB
• Ukuran : 78 x 289 x 107 mm (panjang x lebar x tinggi)
• Berat : 1.3 Kg

Review

1. Memberikan preview halaman yang akan di scan

Kodak ScanMate i940 hampir tidak memiliki kelemahan. Memiliki tutup untuk lid yang digunakan memproses dokumen, menjadikan hal ini sebagai kelebihan yang cukup bagus. Sayangnya, kami tidak memiliki kesan yang bagus mengenai spesifikasi jumlah dokumen yang bisa dilakukan scan. Kodak ScanMate i940 hanya mampu menampung 20 dokumen pada paper tray nya. Pihak Kodak sepertinya memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap produk ini, karena mereka memberikan garansi yang cukup lama, yaitu selama 3 tahun dengan penggantian produk ketika terjadi kerusakan.

Scanner besutan Kodak ini juga membutuhkan konsumsi listrik yang cukup kecil, selain itu anda bisa mengoperasikannya dengan USB untuk menggunakan scanner ini, tentunya dengan konsekuensi kecepatan yang sedikit menurun dari kecepatan maksimal.

2. Sistem pengoperasian Kodak ScanMate i940

Kodak mengklaim jika pihaknya mampu menampung 20 lembar halaman untuk dilakukan proses scanning dalam satu waktu. Dan sepertinya kita setuju jika jumlah dokumen bisa terdapat pada paper tray oleh pihak Kodak cukup kecil. Kebanyakan scanner pada kelasnya mampu menampung sekitar 500 lembar halaman untuk bisa dilakukan scanning.

Panel depan yang bisa diangkat dengan menggunakan engsel, mampu memberikan anda sebuah akses untuk menghindari kemacetak kertas saat mencetak dalam mode ADF. Fitur ini tentu saja memberikan kemudahan, terutama jika anda memiliki tumpukan beberapa lembar kertas pada mesin scanning tersebut pada satu waktu. Selain itu, Kodak ScanMate i940 juga tidak menghasilkan suara yang berisik ketika beroperasi. Kita sering menemukan sebuah scanner akan sangat berisik ketika bekerja, dan hal tersebut cukup mengganggu.

Seperti kebanyakan tipe scanner sheet-fed, Kodak ScanMate i940 memiliki kemampuan penggunaan yang cukup mudah, serta didukung oleh fitur pengaturan otomatis semakin memberikan kemudahan bagi anda. Anda hanya tinggal meletakan dokumen yang perlu anda scan pada paper tray, tekan tombol strat dan anda bisa meninggalkannya. Pada PC/laptop anda icon dari aplikasi ScanMate tidak secara otomatis muncul pada taskbar anda. Anda harus memulainya dengan cara membuka aplikasi tersebut secara manual, sebenarnya ini tidak menjadi masalah karena cukup mudah untuk dilakukan.

Format yang tersedia dari hasil dokumentasi scanner ini menggunakan seleksi biasa, dari mode RTF dan TIFF menuju ke mode searchable PDF. Scanner ini tidak memiliki tipe file yang lebih tinggi. Namun, dengan seleksi seperti tersebut, sudah sangat cukup untuk kebutuhan kebanyakan user.

Anda juga bisa menggunakan fasilitas cloud storage untuk menyimpan dokumen anda, seperti SharePoint dan EverNote. Jika anda mengingikan kontrol yang lebih untuk scanner anda, sebuah fitur bernama Page Perfect siap untuk melayani perbaikan dokumen anda. Dengan fitur Page Perfect anda bisa mengatur hal-hal seperti, resolusi, pengaturan warna, penajaman gambar secara otomatis. Fitur ini mampu menghasilkan hasil scan yang cukup bagus dan sangat enak untuk dinikmati dalam bentuk format file apapun.
Tentunya, jika kita membandingkan ScanMate i940 dengan scanner sheet-feds lainnya, scanner ScanMate i940 hadir dengan aplikasi bawaan yang lebih banyak. Hal ini tentu saja mampu memanjakan anda sebagai penggunanya.

3. Performa Kodak ScanMate i940

Kodak ScanMate i940 memang bukanlah model tercepat dari sebuah scanner yang mampu membuat dokumen searchable PDF. Meski menggunakan tenaga AC, anda akan tetap menemukan jika ScanMate i940 berjalan dengan kecepatan standart. Jika dokumen yang anda scan cukup banyak. Maka kami tidak menyarankan untuk menggunakan USB sebagai tenaga untuk mengoperasikannya, karena jika menggunakan USB anda hanya akan mendapatkan kecepatan 12 ppm (pixel per minute) pada resolusi 150 dpi untuk mencetak 20 dokumen.

Waktu yang digunakan oleh scanner ini banyak dihabiskan hanya untuk membuat dokumen PDF, dan kami menemukan bahwa kecepatan scan mampu naik hingga 25 ppm ketika hanya mendokumentasikan hasil menjadi gambar berformat JPEG. Tapi, jika Kodak ScanMate i940 bukanlah sebuah produk yang sangat cepat, mereka masih memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh produk lain, Kodak ScanMate i940 mampu melakukan scanning dengan resolusi yang paling tinggi tanpa mempengaruhi kecepatan scanningnya.
Sejujurnya, kebanyakan user ingin menggunakan resolusi setidaknya 300 dpi ketika melakukan scanning dokumen mereka. Pada level resolusi seperti ini, scanner besutan Kodak ini mampu memberikan kepuasan dalam komposisi warna yang mereka hasilkan. Bahkan hasil dokumentasi dokumen cenderung tidak memiliki bayangan yang mampu membuat gambar terasa blur.

Karakter yang dihasilkan pun juga cukup akurat dan kebanyakan juga dicetak dengan hasil yang bagus. Pada resolusi yang paling rendah, hasil dari scanner ini juga cukup konsisten dan reliable, namun sedikit mengalami kesalahan akurasi komposisi warna yang dihasilkan.

Leave a Response