close
memilih earphone

Sebelum membeli earphone, hendaknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara memilih earphone yang berkualitas. Earphone merupakan pengeras suara kecil yang penggunaannya dilakukan dengan cara menyumbatkannya ke dalam lubang telinga pendengar. Piranti pendengar ini berbentuk simpel, sehingga mudah dibawa kemana saja. Pada dasarnya earphone memiliki fungsi yang sama dengan headset, headphone, maupun handsfree. Namun komponen yang ada di dalam earphone hanya bisa digunakan untuk mengeluarkan suara. Pengguna biasanya menggunakan earphone untuk kebutuhan hiburan seperti mendengarkan musik, menonton film, bermain game, dan lain sebagainya.

memilih earphone

Earphone biasanya memiliki dua jenis, yaitu In-Ear Monitor (IEM) dan Earbud. IEM merupakan earphone yang biasanya dibuat dari bahan karet yang lebih nyaman digunakan. Karet pada IEM masuk ke dalam lubang telinga, sehingga saat pengguna sedang mendengarkan musik benar-benar tidak ada suara dari luar. Kualitas suara akan lebih jernih. Sedangkan Earbud terbuat dari bahan plastik bundar yang keras. Penggunaannya hanya ditempel di lubang telinga. Masih ada suara dari luar yang dapat masuk melalui celah karena tidak terlalu rapat.

Beberapa orang sering merasa kebingunan saat hendak membeli earphone. Earphone yang dibeli hendaknya berkualitas, nyaman digunakan saat dipasang di telinga, dan menghasilkan suara jernih. Berikut cara memilih earphone yang berkualitas.

Perhatikan Kebutuhan Jenis Musik

memilih earphone

Sebelum membeli earphone, sebaiknya perhatikan kebutuhan yang Anda butuhkan. Kebutuhan ditentukan dari musik yang akan didengar. Lihat jenis musik apa yang Anda sukai dan paling sering didengarkan. Tiap jenis musik memiliki karakteristriknya sendiri-sendiri. Misalnya, jenis musik hip hop dan metal cocok dengan earphone berjenis warm yang memiliki output suara cenderung bass karena suara vokal akan lebih pelan dibanding suara bass. Sedangkan aliran musik rock dan klasik lebih cocok dengan earphone berjenis bright yang mengeluarkan suara cenderung treble.

Pilih Bentuk Earphone

memilih earphone

Setelah menentukan kebutuhan jenis musik, sekarang pilih bentuk earphone yang sesuai dengan selera Anda. Pilihlah bentuk earphone yang membuat Anda merasa nyaman saat menggunakannya di lubang telinga. Pilih earphone berjenis IEM yang menutupi seluruh lubang kuping atau Earbud yang menempel saja di lubang telinga, tetapi tidak masuk.

Perhatikan Spesifikasi Earphone

Selain kebutuhan jenis musik dan bentuknya, Anda juga harus memerhatikan spesifikasi yang ada di dalam earphone. Beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan antara lain frekuensi, impedance, dan sensitivitas. Perhatikan kemampuan earphone dalam merespon frekuensi gelombang suara. Earphone yang memiliki rentang frekuensi yang besar dikatakan berkualitas baik. Rentangnya semakin lebar berarti kualitasnya semakin baik. Semakin rendah frekuensi bawahnya dan semakin tinggi frekuensi atasnya berarti semakin baik pula. Hal ini berarti earphone akan bisa memperdengarkan suara-suara yang memiliki frekuensi rendah yang mungkin saja biasanya tidak terdengar. Misalnya, frekuensi 4 Hz – 30.000 Hz. 4 Hz merupakan suara bass, sedangkan 30.000 Hz merupakan suara treble. Apabila frekuensi ujungnya semakin tinggi, maka semakin lengkap pula kualitas audionya.

Selain frekuensi, ada impedance atau hambatan yang juga harus diperhatikan. Biasanya earphone memiliki hambatan sekitar 32 ohm. Impedance rendah berkisar antara 15 ohm hingga 150 ohm. Sedangkan hambatan yang tinggi memiliki ukuran lebih dari 150 ohm. Hambatan menunjukkan resitensi yang ada di dalam earphone. Tinggi rendahnya hambatan tidak menentukan kualitas, jadi dapat kita atur sesuai dengan selera.

Sedangkan sensitivitas ditunjukkan oleh tulisan SPL (Sound Pressure Level) dalam satuan mili watt (mW) atau desibel, misalnya 114 dB/mW. Melalui sensitivitas, Anda dapat mengetahui sebesar keras suara yang dapat dikeluarkan oleh earphone tersebut. Semakin besar angkanya maka akan semakin keras suara yang akan dikeluarkan, sehingga Anda tidak perlu membesarkan volume player. Selain itu, semakin tinggi angkanya maka semakin sedikit daya yang dibutuhkan. Untuk amannya agar tidak merusak pendengaran Anda, carilah earphone yang memiliki sensitifitas <85dB. Selain itu, perhatikan juga kabel pada earphone. Earphone dengan suara berkualitas biasanya menggunakan double-side pada kabelnya.

Perhatikan Budget yang Anda Miliki

Hal ini merupakan hal yang paling penting. Setelah menimbang jenis, bentuk, dan spesifikasi, sesuaikan budget atau keuangan yang Anda miliki. Biasanya, semakin tinggi kualitas earphone, berarti semakin mahal pula harganya. Jangan tergiur oleh barang non original atau KW karena pasti tidak akan tahan lama.

Setelah membeli earphone yang berkualitas sesuai dengan selera Anda, jangan lupa melakukan burn-in agar lebih bekerja optimal. Burn-in merupakan tahap proses untuk memaksimalkan kemampuan driver. Karet pada earphone akan menjadi lebih lentur. Komposisi suara yang akan dihasilkan juga lebih optimal. Burn-in dapat dilakukan dengan cara memutar lagu selama 20 jam lebih dengan volume suara tidak terlalu tinggi. Selama proses tersebut berlangsung, kualitas suara akan berubah-ubah. Jika tidak ada perubahan kualitas suara berarti proses burn-in dianggap telah selesai.

3 Comments

  1. Yang paling bawah, sesuaikan budget, hehehe, tapi harga ngga pernah boong ya min, ada harga ada kualitas. Hehehehehe

    Thanks min, bermanfaat, di webnya teh pucuk harum juga tadi aku baca supaya earphone awet, ada tipsnya.

Leave a Response