close

Tips Memilih Flashdisk yang Bagus

tips memilih flashdisk

Kini berbagai model dan jenis flashdisk sangat beragam di pasaran, sehingga Anda harus mengetahui tips memilih flashdisk yang bagus. USB Flash Drive atau yang sering disebut dengan flashdisk merupakan alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND dengan penghubung USB yang terintegrasi. Bentuknya yang kecil, mudah dibawa kemana-mana, serta kapasitas penyimpanan yang lumayan besar membuat banyak orang menyukai flashdisk untuk berbagai keperluan menyimpan data.

tips memilih flashdisk

Seiring kemajuan zaman serta kepopulerannya, flashdisk menjadi berkembang dengan berbagai merek serta tipe. Kini di pasaran dapat ditemukan berbagai macam merek, tipe, dan harga flashdisk. Sehingga, tak heran apabila banyak bermunculan flashdisk dengan kualitas kurang bagus atau bahkan palsu. Banyak masalah-masalah yang sering terjadi misalnya isi flashdisk yang tidak terbaca, flashdisk ter-protect, atau bahkan rusak padahal baru sebentar dipakai.

Anda perlu memikirkan beberapa pertimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli flashdisk. Jangan mudah tergoda membeli flashdisk hanya karena harganya yang murah, namun kualitasnya masih dipertanyakan. Berikut tips untuk memilih flashdisk yang bagus.

Lihat Merek

tips memilih flashdisk

Langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu melihat merek untuk menggali keunggulan apa saja yang dimiliki oleh produk tersebut. Saat ini di pasaran telah muncul banyak merek flashdisk, mulai dari produk ternama hingga buatan Cina. Cari tahu standarisasi software, support garansi, serta dukungan software untuk tiap merek. Anda juga bisa mencari tahu terlebih dahulu mana merek yang memiliki kualitas dan standar tinggi melalui berbagai forum-forum yang ada di situs online. Biasanya mereka akan merekomendasikan merek tertentu berdasarkan pengalaman yang telah mereka rasakan saat membeli dan menggunakan merek flashdisk tersebut.

Perhatikan Kapasitas serta Harga

tips memilih flashdisk

Harga menjadi faktor penentu yang cukup berperan untuk memilih flashdisk mana yang akan dibeli. Jangan mudah tergiur oleh harga murah dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Kualitas flashdisk belum tentu terjamin akan hal tersebut. Banyak kasus yang terjadi, flashdisk mungkin dapat tidak dapat bertahan lama. Tentukan flashdisk yang memiliki harga wajar terhadap kapasitas penyimpanannya.

Kondisi Fisik Flashdisk

tips memilih flashdisk

Selain merek, kemampuan, dan harga, kondisi fisik flashdisk juga penting diperhatikan untuk menghindari flashdisk yang terkena percikan air, benturan, bahkan cacat. Pilih flashdisk berbahan kokoh supaya tetap kuat ketika flashdisk tidak sengaja terjatuh. Sebab apabila tidak kokoh, komponen dalam flashdisk akan berpengaruh dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen. Flashdisk yang memiliki bahan bagus biasanya flashdisk yang memiliki lapisan luar berbahan karet, namun dalamnya tetap kokoh. Perhatikan juga casing pada flashdisk. Casing harus kuat melekat melindungi bagian dalam, sebab flashdisk akan sering ditancapkan dan dicabut. Selain itu, ukuran casing jangan sampai terlalu besar sebab dapat mengganggu port USB di sebelahnya saat ditancapkan.

Kemampuan Menyimpan, Membaca, dan Transfer Data

tips memilih flashdisk

 

 

Kemampuan flashdisk dalam menyimpan dan membaca data berbeda-beda sesuai dengan merek dan besar kapasitasnya. Anda juga bisa mengetahui kecepatan transfer data sebelum membeli melalui situs USB Flash Speed. Kecepatan transfer data sangat berpengaruh. Jika lambat, maka transfer copy-paste juga akan lambat.

 

 

Keaslian Merek Flashdisk

tips memilih flashdisk

Pastikan merek flashdisk tersebut original, bukan imitasi atau palsu. Beli flashdisk di toko yang terpercaya dan jangan hanya melihat dari harga saja. Biasanya flashdisk tiruan akan dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah.

Kelima poin di atas merupakan hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli flashdisk. Jangan membeli flashdisk hanya karena tertarik dengan bentuk, warna, maupun modelnya saja. Terutama hanya karena harga yang murah. Kualitas akan menentukan harga. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan kocek yang dimiliki.

Leave a Response