close
radiasi ponsel

Anda harus mengetahui cara meminimalisir radiasi ponsel. Di zaman serba canggih seperti saat ini, fungsi ponsel semakin berkembang pesat. Jika dahulu ponsel hanya sebagai alat komunikasi untuk menelepon atau mengirim pesan singkat saja, sekarang ponsel sudah bisa digunakan untuk membantu berbagai pekerjaan manusia. Tak bisa dipungkiri bahwa kemana saja kita pergi, ponsel selalu ada di genggaman. Mengingat betapa pentingnya gadget yang satu ini, waktu pemakaiannya jadi tidak bisa diperhitungkan lagi.

radiasi ponsel
radiasi ponsel

Namun, banyak pengguna telepon genggam tersebut yang tidak sadar bahwa penggunaan yang terlalu lama bisa berbahaya untuk kesehatan. Ponsel memberikan radiasi pada benda-benda yang berada di sekitarnya, termasuk penggunanya. Radiasi akan menimbulkan partikel bebas yang bisa masuk ke dalam jaringan tubuh. Secara jangka pendek, memang banyak pengguna yang tidak merasakan adanya radiasi. Tetapi dalam jangka panjang radiasi tersebut dapat menimbulkan masalah yang serius pada kesehatan pengguna. Beberapa penyakit kronik yang bisa diderita misalnya kanker dan tumor otak.

Namun dirasa memang tidak mungkin apabila kita harus membatasi penggunaan ponsel. Tugas seabrek yang selalu membutuhkan ponsel menuntut kita untuk selalu menggenggamnya setiap saat. Bagi para pengguna, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah radiasi dari smartphone. Berikut cara meminimalisir radiasi ponsel yang dapat dilakukan.

Menggunakan Speaker atau Headset

Menggunakan speaker saat bertelepon bisa menjadi pilihan agar ponsel tidak terlalu dekat dengan otak. Namun, jika memasang speaker di tempat umum pasti dirasa tidak nyaman. Anda bisa memilih alternatif lain dengan cara menggunakan headset. Namun Anda harus tetap ingat bahwa penggunaan headset terlalu lama juga tidak baik. Imbangi pemakaian headset dengan tanpa headset. Apabila saat menerima telepon tidak menggunakan headset, Anda bisa menggilir telinga kanan dan kiri untuk bergantian. Selain itu, gunakan headset yang konvensional atau masih menggunakan kabel yang terhubung dengan ponsel. Jangan menggunakan headset wireless. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan headset ferrite bead. Headset tersebut merupakan aksesoris ponsel yang digunakan untuk mengurangi radiasi. Sebab kabel yang ada pada alat pendengar di ponsel juga bisa menyalurkan radiasi ke dalam telinga.

Kurangi Penggunaan Bluetooth

Kurangi penggunaan bluetooth pada ponsel Anda. Apabila tidak dibutuhkan, sebaiknya Bluetooth jangan dinyalakan. Saat sedang menggunakannya, alihkan dari satu sisi ke sisi lainnya untuk menghindari radiasi yang terkonsentrasi di satu sisi.

Matikan Ponsel Saat Sinyal Lemah

Jangan menggunakan ponsel saat sinyal rendah atau lemah. Sebaiknya segera matikan apabila sinyal sedang lemah, karena hal ini dapat memicu radiasi yang lebih tinggi. Ponsel akan bekerja lebih keras untuk memperoleh koneksi. Selain itu, jangan gunakan ponsel saat berada di ruang tertutup.

Jangan Menyimpan Ponsel di Dekat Tubuh

Jangan menyimpan ponsel di dekat tubuh Anda, terutama saat ponsel sedang menyala. Sebab tubuh manusia dapat menyerap radiasi yang bisa membahayakan. Hindari meletakkan ponsel di saku celana bahkan berada di samping tubuh Anda saat sedang tidur.

Batasi Penggunaan Ponsel

Sebaiknya Anda membatasi penggunaan ponsel, terutama pada smartphone milik Anda. Sebab smartphone bisa menghasilkan emisi yang lebih tinggi dibanding ponsel biasa. Smartphone banyak bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan berbagai aktivitas. Sebisa mungkin kurangi menerima telepon. Utamakan mengirim teks, daripada menelepon.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan airplane mode jika ponsel sedang tidak digunakan. Opsi ini berguna untuk meniadakan transmisi nirkabel serta menghentikan risiko radiasi. Selain itu, baterai ponsel Anda akan lebih hemat.

Gunakan Ponsel Beradiasi Rendah

Anda bisa mengecek tingkatan radiasi pada tiap ponsel. Pilih ponsel yang memiliki radiasi rendah dan ikuti tiap aturan pemakaian yang dianjurkan oleh produsen ponsel tersebut.

 

 

Leave a Response