e-mail-global-communications-connection-social-networking-concept-scaled-cara-membuat-folder-di-gmailE-mail Global Communications Connection Social Networking Concept

anugrahpratama.com – Menyimpan email adalah hal yang penting agar Sobat AP dapat menemukan email yang Sobat AP butuhkan. Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan membuat folder di Gmail dan memindahkan pesan-pesan ke dalamnya.

Selain itu, jika Sobat AP menggunakan Gmail, Sobat AP akan melihat folder default yang sudah dibuat untuk di sisi kiri pada menu. Ketika Sobat AP mengatur folder pribadi, file-file tersebut akan berada di tempat yang sama, serta memberikan cara yang cepat dan mudah untuk mengatur kotak masuk Gmail Sobat AP . Berikut adalah cara membuat folder di Gmail dan memindahkan email ke dalamnya.

Membuat folder di Gmail

Pertama-tama, penting untuk diketahui bahwa Gmail tidak mengacu pada folder sebagai “folder” melainkan disebut sebagai “label”. Meski disebut sebagai “label”, tetapi fungsinya sama seperti folder. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara untuk membuat folder pada Gmail:

1. Masuk ke akun Gmail Sobat AP , kemudian klik ikon pengaturan.

2. Selanjutnya, tekan pilihan “see all settings” pada tampilan layar Sobat AP .

3. Pada tampilan atas pengaturan/settings, klik “Labels“.

4. Sobat AP akan melihat Label Sistem pertama, yang merupakan folder default yang disebutkan sebelumnya. Arahkan ke bagian Labels dan pilih “Buat label baru“/”Create new label“.

animation-cara-membuat-folder-di-gmail
sumber: anugrahpratama.com

5. Masukkan nama yang Sobat AP inginkan untuk label (folder) dan opsionalnya ceklis kotak “Nest label under” serta pilih label induk dari daftar yang tersedia. Ini merupakan cara yang baik untuk membuat maupun mengatur folder Sobat AP dengan subfolder. Sebagai contoh, Sobat AP dapat membuat folder induk dan mengatur subfolder di bawahnya untuk setiap klien Sobat AP .

6. Pilih “Buat“/”Create” dan Sobat AP akan melihat label (folder) baru dalam daftar. Sobat AP dapat menempatkan folder-folder di berbagai posisi dengan menggunakan opsi “Tampilkan/Show” dan “Sembunyikan/Hide” di bawah opsi “Tampilkan dalam daftar label/Show in label list” dan “Tampilkan dalam daftar pesan/Show in message list“.

7. Setelah selesai, Sobat AP dapat kembali ke Kotak Masuk/Inbox dengan memilih opsi tersebut di menu sebelah kiri.

Baca juga: Tips melindungi akun Google agar informasi Anda aman

Membuat folder di Gmail Via Inbox

Setelah Sobat AP terbiasa menggunakan folder, Sobat AP juga dapat membuat yang baru langsung dari kotak masuk/inbox pada email Sobat AP . Lakukan salah satu dari langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih ikon plus pada “Create new label“/”Buat label baru” di menu sebelah kiri. Ikon ini terletak tepat di sebelah kanan judul Label pada menu sebelah kiri.
  • Pilih “Move to“/”Pindahkan ke” atau “Label” dari toolbar di bagian atas, kemudian pilih “Buat baru“/”Create new“. Ini akan mengaitkan email yang dipilih ke label baru tersebut.
  • Klik kanan pada salah satu email, arahkan kursor Sobat AP ke “Move to“/”Pindahkan ke” atau “Label as“/”Sebagai label“, dan pilih “Buat baru“/”Create new“. Ini juga akan mengaitkan email yang dipilih ke label baru tersebut.

Bagaimana memindahkan email ke folder?

Ada beberapa cara berbeda untuk memindahkan email ke folder di Gmail. Salah satunya yang mungkin paling sederhana adalah dengan menggunakan opsi Pindahkan ke dalam toolbar.

  1. Pilih email yang ingin Sobat AP pindahkan di kotak masuk dengan mencentang kotak yang sesuai.
  2. Pilih opsi Pindahkan/ move to pada toolbar di bagian atas. Ikon Pindahkan/ move to akan nampak seperti  berkas dengan panah di tengahnya.
  3. Dari menu yang muncul, pilih folder di mana Sobat AP ingin menempatkan email tersebut. Dengan cara ini, email akan dihapus dari Kotak Masuk dan ditempatkan di folder yang dipilih. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga kotak masuk tetap rapi dan teratur.
animation-cara-membuat-folder-di-gmail
Sumber: anugrahpratama.com

4. Sobat AP juga dapat memindahkan email ke dalam folder dengan melakukan salah satu cara berikut ini:

  • Arahkan email dari kotak masuk ke dalam folder di menu sebelah kiri.
  • Klik kanan pada email tersebut, arahkan kursor Sobat AP ke move to, dan pilih folder yang diinginkan.

Baca juga: Tips Penyimpanan Data Online dan cara menggunakan Google Drive

Dengan membuat folder (atau label) pada Gmail, Sobat AP dapat menjaga pesan-pesan agar tetap terorganisir untuk pekerjaan, sekolah, kehidupan pribadi, atau apa pun yang Sobat AP temukan. Temukan produk yang anda butuhkan di sini dan pastikan solusi kebutuhan teknologi anda bersama anugrahpratama.com

Produk rekomendasi:

Video rekomendasi:

Anugrahpratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia

Telepon: 031-33601117
Whatsapp: 08113127777

Leave a Reply