close

Sony HDR-CX240: Simple Handycam, Namun Tetap Kokoh dan Terjangkau

sony-cx240
Sony HDR-CX240

sony-cx240Jika anda membutuhkan Handycam biasa yang bisa digunakan untuk merekam momen kebahagian anda dengan keluarga anda, Sony HDR-CX240 merupakan salah satu pilihan yang kokoh dan terjangkau serta memiliki desain yang ergonomis. Handycam ini menawarkan resolusi HD dan kontrol yang cukup mudah. Handycam ini juga memiliki beberapa fitur tambahan yang bisa memperbolehkan anda untuk membuat video yang sesuai dengan keinginan anda.

Sony sepertinya juga tak ingin kalah dalam pasar persaingan Handycam mid-end, Sony HDR-CX240 ini merupakan Handycam yang memiliki kemampuan yang lumayan bagus dengan harga yang mampu dijangkau oleh masyarakat luas. Dengan adanya Handycam ini, Sony berharap jika target pasar mereka menjadi lebih luas. Sony sendiri memang telah menjadi brand yang cukup kuat dalam bidang elektronik.

Overview

Handycam Sony HDR-CX240 merupakan perangkat yang berada pada pasar mid-end. Untuk perangkat mid-end ini Sony memberikan beberapa fitur yang cukup banyak, sehingga pengguna tetap bisa merasakan kenyamanan tersendiri.

sony-cx240
Desain bagian depan Sony HDR-CX240

Handycam ini memiliki kemampuan untuk bisa merekam video HD pada resolusi 1080p, dengan kecepatan merekam hingga 60 frame per detik. Pada berbagai situasi, Handycam Sony HDR-CX240 mampu menghasilkan video yang cukup bagus jika dimainkan di TV HD dan monitor. Jika anda ingin mengunggah video tersebut pada sosial media seperti YouTube atau Facebook, anda hanya perlu merekam dengan kecepatan 30 frame per detik, karena hasilnya sudah sangat bagus dan ukurannya tidak akan menjadi terlalu besar. Pengguna CX240 bisa mengatur resolusi dan kecepatan rekam sesuai dengan kebutuhan mereka pada menu yang telah disediakan oleh Sony. Pada beberapa situasi, ketika melakukan perbesaran hingga maksimal hasil gambar terlihat kurang maksimal. Handycam CX240 juga menawarkan fitur untuk bisa merekam video dalam keadaan minim cahaya, sayangnya hasilnya tidak seberapa bagus.

sony-cx240
Desain bagian belakang Sony HDR-CX240

pengguna Sony HDR-CX240 tidak bisa merekam tanpa menggunakan kartu memori karena Handycam tersebut tidak dilengkapi dengan tempat penyimpanan internal. HDR-CX240 juga hanya memiliki 1 slot kartu memori, berarti anda harus benar-benar memperhatikan kapasitas memori anda ketika menggunakannya untuk merekam. Jika pada keadaan penting kartu memori tidak memiliki ruang penyimpanan lagi, video akan terpaksa dihentikan. Tentu saja hal tersebut akan merugikan pengguna. Anda bisa mengakalinya dengan membawa lebih dari 1 kartu memori agar lebih aman dari resiko tersebut. Untuk kartu memori dengan kapasitas yang cukup besar (16 GB ke atas), akan mampu merekan video dengan durasi yang berkisar sebesar 1 jam lebih.

Untuk desain bodi dari Handycam cukup menarik, dengan balutan warna hitam glossy dan pada bagian depan serta tulisan menggunakan warna chrome sehingga menambah kesan eksklusif. Sony HDR-CX240 memiliki berat yang hanya berkisar antara ½ pound, dengan bodi yang cukup kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Dengan layar LCD yang hanya sebesar 2.7 inci, Handycam ini merupakan Handycam yang memiliki LCD paling kecil. Kontrol pada CX240 ini sedikit sulit karena masih harus menggunakan tombol yang ukurannya cukup kecil untuk melakukan navigasi dari menu ke menu. Bagaimanapun juga dengan harga yang cukup terjangkau, menu masih dalam jangkauan dan tidak terlalu sulit untuk dikendalikan. Seiring berjalannya waktu, anda akan terbiasa dan mudah dalam mengendalikan menu-menu tersebut dengan menggunakan tombol

Fitur-fitur Pada Sony HDR-CX240

1. Merekam dengan resolusi 1080/60p dan resolusi 9.2 MP

Dengan fitur ini Sony HDR-CX240 mampu merekam video dengan kemampuan HD pada resolusi 1920 x 1080, di dukung lagi dengan kecepatan yang mampu mencapai hingga 60 frame per detik pada resolusi 9.2 MP. Sensor dari CX240 menggunakan teknologi Sony Back-Illuminated Exmor R CMOS yang memang didesain untuk kamera digital dan Handycam. Sensor tersebut terletak diatas lampu flash dari foto, dengan begitu sensor bisa mendapatkan cahaya secara maksimal untuk tiap pixelnya dan bisa mendapatkan hasil yang lebih bagus pada kondisi minim cahaya.

2. Handycam menggunakan lensa Carl Zeiss Vario-Tessar/h3>

Lensa pada Sony HDR-CX240 memiliki diafragma (aperture) sebesar 35mm atau sama dengan 29.8mm pada keadaan wide. Anda bisa melakukan optical zoom hingga 27x, ditambah 54x digital zoom yang menggunakan teknologi Clear Image. Dengan teknologi Clear Image Zoom, pengguna akan merasakan prosesor yang bekerja dengan tenaga yang cukup besar untuk bisa mendapatkan tiap pixel gambar dengan sangat baik dan memiliki kualitas yang cukup bagus.

Clear Image Zoom mampu menggandakan optical zoom untuk lebih dekat dalam mengambil foto atau video.

3. Layar LCD dengan teknologi Clear Photo LCD

Layar dari Sony HDR-CX240 tergolong cukup kecil namun masih memiliki performa yang cukup bagus. Tampilan dari LCD juga masih tergolong cerah dan mampu digunakan dengan baik di bawah sinar matahari langsung. LCD dari Handycam ini memiliki resolusi sebesar 230K sehingga tampilan masih tetap tajam, cerah, dan gambar yang dihasilkan pun juga jelas. Pengguna juga bisa melakukan pengaturan untuk bisa mendapatkan gambar terbaik.

4. Fitur Image Stabilization dengan Active Mode

Fitur ini merupakan fitur yang bisa anda temui pada hampir seluruh Handycam milik Sony. Dengan adanya fitur ini, hasil rekaman karena guncangan akan sedikit terkurangi. Dengan begitu video yang dihasilkan akan lebih halus dan terlihat dengan nyaman.

5. Fitur deteksi wajah dengan Voice Enhancement dan Noise Reduction

Dengan adanya teknologi deteksi wajah dari Sony, anda akan mengetahui wajah-wajah yang ada dalam video anda dengan baik. Teknologi Face Detection dari Sony mampu mendeteksi hingga 8 wajah orang dan mampu meningkatkan hasil, fokus, exposure dan white balance dari gambar.

6. 7 Efek untuk video dan foto

Anda bisa menggunakan Picture Effects untuk bisa menambahkan ekspresi dan meninggikan mood dari video dan foto anda. 7 efek ini adalah Toy Camera, Pop Color, Soft High Key, Partial Color, Retro Photo, High Contrast Monochrome dan Posterization. 7 efek ini bisa anda gunakan baik pada mode foto atau video. Mengambil gambar dengan menggunakan mode ini bisa mempermudah pengambilan gambar dengan efek yang bagus.

7. Mode Intelligent Auto

Mode Intelegent Auto pada Sony HDR-CX240 mampu memberikan pengaturan yang sesuai dengan apa yang anda rekam, kondisi saat perekaman, jarak rekam dan keadaan saat itu. Sehingga dengan mode ini, noise pada hasil bisa semakin berkurang. Terdapat 60 kombinasi yang bisa digunakan dari mode Portrait, Baby, Tripod, Backlight, Landscape, Spotlight, Twilight dan Low Light.

Kesimpulan

sony-cx240-1Sony HDR-CX240 merupakan Handycam memiliki banyak fitur yang cukup menarik dan tak jarang kita sangat membutuhkan fitur tersebut, seperti Intelligent Auto Mode, yang bisa secara langsung menentukan pengaturan terhadap keadaan saat merekam dan Face Detection. Anda juga bisa mengunduh aplikasi untuk mengontrol kamera dan mengunggah hasil langsung dari ponsel pintar milik anda. Dengan variasi filter untuk video dan gambar, anda bisa memberikan hasil yang sangat bagus pada video atau gambar milik anda.

Sony HDR-CX240 juga memiliki kekurangan seperti fokus yang kadang sering hilang saat berada pada zoom maksimal, hasil juga kurang maksimal ketika melakukan zoom, layar LCD juga cenderung kecil jika dibandingkan dengan tipe lainnya. Namun, dengan harga yang cukup terjangkau, kekurangan tersebut masih bisa dimaklumi.

1 Comment

Leave a Response