close

Sedikit Terlambat, Yahoo Messenger Kini Jadi Yahoo Livetext

Yahoo tampaknya belum akan mengalah dari persaingan plaform chatting dengan Yahoo Messengernya yang biasa disebut dengan YM oleh penggunanya. Ini menyusul baru disilisnya versi terbaru Yahoo Messenger versi Android dan iOS yang komplit dengan desain dan tampilan baru, yang menurut Yahoo sendiri ialah yang terbaik.

yahoo-livetext

Mereka yang memanfaatkan platform chatting baik di desktop komputer maupun versi mobile memang sudah sangat familiar dengan nama Yahoo. Datang sebagai alternatif AIM pada tahun 1998, Yahoo Messenger kala itu merupakan platform dengan fitur dan fungsi terbaik yang pernah ada, tentu sebelum Microsoft merilis Skype.

Dan kini dengan semaraknya perkembangan aplikasi untuk iOS dan Android, Yahoo kembali turun bersaing dengan Yahoo Messenger versi mobile terbarunya dimana Yahoo memberinya nama Yahoo Livetext. Menawarkan semua fitur dan fungsi setara dengan versi desktopnya. Status availabilitas dihilangkan, menambah simplisitas dengan tatap muka yang gampang dinavigasikan.

Sama seperti Whatsapp atau Blackberry Messenger, Yahoo Messenger terbaru ini juga memiliki kapabilitas untuk melakukan pengompresan ukuran sebuah foto yang akan dikirim via chatroom. Pengguna juga bisa melakukan retract, atau menarik kembali sebuah pesan yang terlanjur dikirim, memastikan lawan bicara tidak mengetahui isi pesan karena server Yahoo akan segera menghapus pesan tersebut.

Satu lagi fitur baru di Yahoo Messenger–meski beberapa kompetitor lain seperti LINE sudah menerapkan hal ini–yaitu fungsi untuk mengirimkan GIF, disamping emoji atau sticker.

Yahoo Datang Sedikit Terlambat

Bahkan dengan fitur-fitur yang mereka anggap baru dan akan memberi pengalaman berbeda terhadap pengguna setianya, Yahoo Messenger kini tidak lagi dianggap sebagai platform chat sekaliber yang dulu. Semua fitur tentang retractable message, animated GIF hingga desktop version di messenger.yahoo.com jelas bukan barang baru di kalangan pengguna LINE, WeChat, Skype atau Blackberry Messenger.

Bahkan kemudahan login dengan nomor telepon dan bukan Yahoo ID juga sudah dimiliki oleh Whatsapp sejak bertahun-tahun yang lalu. Meski tidak bisa dipungkiri, redesain yang dilakukan Yahoo ini bisa dikatakan berhasil dengan hasil akhir yang menawan.

Leave a Response