close

Update Terbaru Android 6.0 Marshmallow dan Beberapa Fiturnya

update-terbaru-android-6-0-marshmallow

Tahun baru 2016 belum tiba, tampaknya Google sudah menyiapkan hadiah berupa sistem Android terbaru 6.0 yang secara resmi disebut Marshmallow. Sesuai rencana, Marshallow dipersiapkan untuk menggeser sistem operasi Android sebelumnya, Lollipop.

update-terbaru-android-60-marshmallow

Guna mematangkan Marshmallow, Google pun bekerja keras untuk menyempurnakan segala fitur terbarunya. Seperti Now on Tap dan konfigurasi sistem yang lebih hemat daya dengan performa maksimal. Hanya saja, niatan Google untuk mengubah desain dan gaya tampilan Marshmallow diurungkan, artinya Marshmallow masih akan terlihat seperti Lollipop yang menggunakan desain bertajuk Material. Apa saja yang menjadi update terbaru Android 6.0 Marshmallow ini?

Daya Baterai Jauh Lebih Hemat tanpa Mengorbankan Performa

Perangkat ofisial Google untuk Androidnya, Nexus, kini dilengkapi dengan kabel USB Type-C sebagai pengisi dayanya. Dengan keunggulan utamanya yaitu kepala kabel yang berbentuk sama. Dimana pengguna tidak akan kesusahan untuk menentukan sisi kabel sebelah mana yang akan ditancapkan pada perangkatnya.

dapatkan-update-terbaru-android-6-0-marshmallow

Sedangkan sistemnya sendiri memperkenalkan teknologi terbaru yang dinamai Doze yang merupakan penghemat energi. Doze diklaim sanggup menggunakan daya yang lebih kecil dari mode Stand-By. Fitur ini memungkinkan perangkat Android “tertidur” dan menggunakan energi serendah mungkin ketika tidak digunakan, namun masih fungsional dalam menerima telepon, pesan, alarm dan notifikasi lainnya.

Mendukung Fasilitas Sidik Jari

fitur terbaru android marshmallowDengan update terbaru Android 6.0 Marshmallow, Google menyatakan jika perangkatnya telah mendukung fingerprint reader untuk dimaksimalkan oleh pengguna sebagai sistem pengunci smartphonenya atau kebutuhan lainnya. Termasuk dalam otorisasi pembayaran melalui perangkat secara cepat dan aman.

Desain Baru App Drawer

App Drawer, menu dimana pengguna melihat semua daftar aplikasi yang terpasang dalam perangkatnya, kini didesain ulang dan memiliki layout baru dalam update terbaru Android 6.0 Marshmallow.

Saat membuka menu App Drawer ini, pengguna akan menemukan kotak pencarian (search bar) di bagian paling atas untuk memudahkan pengguna menemukan aplikasi yang dicari. Sedangkan pada bagian bawah, Google berusaha memberikan solusi cepat dan cerdas dengan menampilkan perkiraan aplikasi apa saja yang akan digunakan mengacu pada kebiasaan dan aplikasi yang paling dibuka oleh pengguna.

Secara navigasi, dan ini mungkin yang akan sedikit mengecewakan banyak orang. Kini App Drawer disusun secara vertikal dan bukan horizontal. Jika Android terdahulu membagi susunan aplikasinya berdasarkan halaman, dalam Marshmallow ini dihilangkan. Memaksa pengguna melakukan scroll keatas kebawah daripada kebiasaan sebelumnya yaitu scrol ke kiri atau ke kanan.

Now on Tap

Aksesibilitas merupakan keunggulan Android sejak dulu, dan bahkan Apple pun tidak memperlakukan penggunanya sedemikian fleksibel. Keunggulan ini rupanya mampu dimaksimalkan oleh Google dengan fitur terbaru Android 6.0 Marshallow yaitu Now on Tap.

Dengan Now on Tap, pengguna diberikan fasilitas untuk mendapatkan informasi berlebih tentang apa yang sedang direncanakan atau dilakukan berdasarkan aplikasi yang dibukanya.

Misalnya saja pengguna sedang menggunakan aplikasi Hang Out untuk mengajak sahabatnya makan malam namun belum menemukan restoran yang tepat. Dari layar chat HangOut, pengguna bisa menekan tombol Home selama beberapa detik (hold) untuk mengaktifkan fungsi Now on Tap dan mendapatkan informasi terbaru tentang restoran di sekitarnya tanpa harus meninggalkan layar HangOut.

Tidak hanya berfungsi pada Google Nexus, rencananya Now on Tap akan diberlakukan pada setiap perangkat yang menggunakan Android 6.0 Marshmallow.

Keamanan Berlebih dengan Konfigurasi Baru App Permission

Setiap aplikasi baru yang dipasang oleh pengguna kini dipastikan memiliki fleksibilitas berlebihupdate app permission android marshmallow dala soal keamanan. Pasalnya, Google menerapkan model App Permission yang baru sehingga pengguna bisa melakukan approval secara langsung terhadap permission request setiap app tersebut.

Misalnya saja software seperti WhatsApp pada Android yang terdahulu akan ‘meminta’ ijin terhadap penggunaan aplikasi dan software lain yang bekerja seakan terintegrasi dengannya seperti kamera dan perpesanan. Dan WhatsApp baru akan mengeluarkan permintaan tersebut hanya ketika pengguna akan membuka menu kamera dalam interface WhatsApp

Penanganan sekuritas seperti ini sangat mirip dengan apa yang telah diterapkan oleh iOS dalam iPhone dan iPad, namun meski sedikit terlambat tambahan seperti ini cukup diapresiasi.

Masih ada beberapa fitur dalam update Android 6.0 Marshmallow yang akan dibahas kedepannya. Termasuk perangkat smartphone mana saja yang sudah menggunakan sistem Android terbaru ini. Simak artikel-artikel di blog Anugrah Pratama, atau kunjungi toko online kami di sini.

Leave a Response