close
Review

Review Panaboard UB-5320: Tingkatkan Efisiensi Presentasi Anda

review panaboard ub 5320 1Anda seorang presentator? Atau seorang motivator? Atau mungkin kebutuhan anda sehari-hari berhubungan dengan mengajar dan presentasi? Terdapat sebuah produk yang mampu mengakomodasi kebutuhan anda tersebut dengan sangat efisien dan terkesan elegan. Yap, papan tulis interaktif (interactive whiteboard) atau yang bisa kita sebut papan tulis elektronik (electronic whiteboard) atau papan copy elektronik (electronic copyboard). Artikel ini akan mengulas review Panaboard UB-5320 produksi produsen asal jepang, Panasonic.

Overview

Saat ini mungkin orang masih terlalu awam dengan sebuah papan tulis elektronik, papan tulis elektronik sendiri memang baru booming pada awal tahun 2009 saat almarhum Steve Jobs melakukan presentasi pengenalan iOS 6 pada karyawannya di California, Amerika. Begitu pula di Indonesia, untuk saat ini hanya terdapat beberapa vendor yang mungkin memproduksi papan tulis elektronik, salah satunya adalah Panasonic. Panasonic saat ini merupakan vendor yang lagi gencar dalam membuat papan tulis elektronik dengan harga yang relatif terjangkau. Selain Panasonic, juga ada vendor lain Plus dengan produknya Plus Electronic Copyboard.

Sebenarnya fungsi utama dari sebuah papan tulis elektronik adalah membuat rapat, presentasi dan kegiatan belajar menjadi efisien. Sekitar 10 tahun yang lalu, papan tulis interaktif hanya dianggap sebagai papan tulis yang menghabiskan uang. Harga yang mahal dan user interface yang terlihat kaku, terkesan sulit untuk penggunaan dan memaksimalkannya, padahal harganya cukup tinggi dipasaran. Namun kini tidak lagi, dengan tipe-tipe papan tulis elektronik terbaru memberikan user interface yang cukup mudah digunakan, salah satu contohnya adalah Panaboard UB-5320. Panaboard UB-5320 mampu bekerja dengan mendeteksi inputan pada layar menggunakan pena elektronik dan sentuhan jari, hal ini membuat UB-5320 mampu bekerja seperti tablet PC.

review panaboard ub 5320
Panaboard UB-5320

Panaboard UB-5320 berkisar dengan harga yang terjangkau sekitar 12 jutaan. Panaboard UB-5320 hadir dengan fasilitas software yang terdiri dari dokumen manager dan dokumen viewer. Dokumen viewer akan memudahkan anda untuk menampilkan kontern dari presentasi anda dan dokumen manager memudahkan anda dalam pengaturan file, konten dan animasi presentasi. Papan tulis interaktif ini juga mendukung format penyimpanan grafik seperti BMP, TIFF, JPG, PNG.

Spesifikasi Panaboard UB-5320

Rasanya tak adil jika terlalu banyak mengupas papan tulis elektronik Panasonic Panaboard UB-5320 ini tanpa melihat spesifikasinya. Mari kita lihat spesifikasi yang dibekalkan oleh Panasonic ke dalam papan tulis interaktif ini. Anda akan mendapatkan ulasan review Panaboard UN-5320 secara detail dengan memperhatikan spesifikasinya. Review Panaboard UB 5320 dari segi spesifikasi:

1. Spesifikasi Umum

Spesifikasi Umum

  • Power Supply, power supply merupakan tenaga yang dibutuhkan untuk menghidupkan sebuah papan tulis interaktif untuk bisa dihidupkan, Panaboard UB-5320 hadir dengan voltase sebesar 220-240 V dan berada pada frekuensi antara 50 sampai 60 Hz.
  • Konsumsi tenaga, konsumsi tenaga adalah besarnya arus listrik yang dibutuhkan oleh Panaboard 5320 untuk bisa hidup dan beroperasi secara maksimal, Panaboard UB-5320 membutuhkan setidaknya 0.75 hingga 1.40 A agar bisa beroperasi.
  • Dimensi Luar (tanpa stand-board). UB-5320 memiliki dimensi sebesar 1.504 mm x 1550 mm x 253 mm. artinya Panaboard UB-5320 memiliki tinggi sebesar 1.504 mm (1,5 meter), lebar sebesar 1.550 mm (1,2 meter) dan ketebalan sebesar 253 mm.
  • Berat (tanpa stand-board). Panaboard UB-5320 memiliki berat sebesar 34.5 Kg. Berat dari papan elektronik ini yang paling rendah dalam kelasnya.

2. Input Block

Input Block/Sistem input adalah sistem deteksi masukan (inputan) seperti sentuhan, permukaan layar, dan sebagainya yang terdapat pada sebuah hardware, untuk penjelasan Panaboard UB 5320 secara detail, bisa kita lihat sistem input-nya sebagai berikut:

  • Dimensi Panel, UB-5320 memiliki besar panel yang berkisar antara 900 mm x 1400 mm. hal ini relatif berbeda dengan bodi luarnya yang hampir berbentuk persegi, sedangkan untuk panelnya memiliki bentuk persegi panjang. Ukuran tinggi panel sebesar 900 mm dan ukuran panjang panel berkisar di 1.400 mm.
  • Permukaan Panel (panel surface). Tipe papan tulis elektronik ini menggunakan 2 endless type sebagai permukaan dari panel.
  • Area cetak, tidak semua panel yang tersedia bisa digunakan untuk menulis dengan bolpoin elektronik atau tangan anda, copying area atau area cetak merupakan batas dari panel anda yang dapat ditulisi atau diberi tanda. UB-5320 memiliki area cetak dengan dimensi sebesar 850 mm x 1.330 mm.
  • Sistem Scanning, sistem scanning merupakan sistem pembacaan monitor papan tulis elektronik ini terhadap konten yang akan dia tampilkan, UB-5320 menggunakan sistem scanning image sensor, faktor inilah yang menyebabkan papan tulis interaktif menjadi lebih bening dan cerah daripada proyektor atau monitor manapun.

3. Output Block (Tampilan)

Output block/Sistem output merupakan hasil tampilan dari papan tulis elektronik ini, jika mengulas Panaboard UB-5320 dan berbagai papan tulis interaktif lainnya, memang tidak bisa lepas dari tampilan yang dihasilkan. Tampilan bisa jadi fitur yang cukup penting, dikarenakan device ini dibuat dengan tujuan awal untuk meningkatkan efisiensi dari kegiatan seperti presentasi dan mengajar.

  • Printing system :     Thermal Type
  • Copy Paper :     Heat-sensitive roll paper, dengan ketebalan 65 um.
  • Ukuran Copy Paper: A4 atau letter
  • Kerapatan Layar :     203 dpi (density per inci) atau 8 dot per millimeter
  • Warna :     Hitam
  • Waktu yang dibutuhkan: 16 detik per lembar
  • Pengaturan kecerahan layar: 2 level : normal/gelap

4. System Requirement

System requirement merupakan sistem minimal yang dibutuhkan untuk sebuah hardware Input/Output seperti PC atau laptop agar bisa beroperasi dengan Panaboard UB-5320 ini.

  • Computer :     Minimal yang memiliki drive CD-ROM
  • CPU :     Pentium IV atau prosessor yang lebih tinggi
  • USB Interface :     USB 1.1 atau USB 2.0 atau yang lebih tinggi
  • Sistem operasi :     Windows 2000 atau yang lebih tinggi
  • Memori RAM :     Minimal 256 MB atau lebih
  • HDD :     minimal sebesar 40 MB ruang kosong

5. Aksesoris

Aksesoris merupakan hardware yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan anda, seperti :

  • Penghapus Elektronik
  • Pena elektronik
  • Wall-mounting kit, aksesoris yang digunakan untuk menempelkan papan tulis elektronik anda pada tembok
  • Stand-kit, aksesoris yang digunakan untuk papan tulis interaktif anda agar dapat berdiri.
  • Power cord
  • Markers

    review panaboard ub 5320 3
    Contoh wall-mounting kit

Spesifikasi yang cukup menjanjikan diatas didukung lagi dengan fasilitas-fasilitas tambahan seperti:

1. Printer-able

review panaboard ub 5320 5
Fitur Printer-able

Salah satu keunggulan yang tidak bisa dianggap remeh dari sebuah papan tulis elektronik ini, dilengkapi dengan printer pada bagian bawah, Panaboard UB-5320 dapat bekerja sebagai mesin pencetak. Jika anda membutuhkan untuk mencetak dokumen presentasi anda saat meeting berlangsung, anda hanya tinggal menancapkan USB dari komputer anda ke printer yang terdapat pada bagian bawah Panaboard UB-5320 ini.

2. TWAIN

Dengan hanya 1 klik, anda dapat melakukan scanning gambar. Anda dapat mengoperasikannya melalui PC atau laptop anda melalui aplikasi bernama Panaboard control panel.

Menurut Rinaldi Sjafri, yang bertindak sebagai pimpinan PT. Gobel Dharma Nusatara (Panasonic Indonesia), produk ini diharapkan memperkuat dominasi panasonic pada bidang papan tulis interaktif. Selain itu, orang nomer satu Panasonic Indonesia ini juga berharap jika konsumen akan mempunyai pilihan yang lebih variatif dan kompetitif.

Dengan berbagai kelebihan yang ada diatas, bukan berarti produk ini tidak memiliki kekurangan. Dengan harga yang relatif mahal, produk ini tidak dilengkapi dengan fasilitas multi-touch, padahal fasilitas multi-touch merupakan fasilitas yang bisa jadi anda perlukan, jika presentasi dilakukan oleh lebih dari 1 orang presentator. Selain itu, permukaan layarnya masih menggunakan teknologi 2 endless type, teknologi ini cukup berbeda dengan teknologi 4 endless type yang ada pada saudaranya UB-7320, namun hasil dari teknologi ini sudah cukup bagus dan harga dari Panaboard UB-7320 juga jauh diatas UB-5320.

Kesimpulan

Dengan penjelasan diatas, bisa kita ambil kesimpulan dari review Panaboard UB-5320, papan tulis interaktif ini merupakan jenis papan tulis interaktif yang berada pada kisaran low-end. Harganya yang paling rendah dikelasnya, membuat papan tulis elektronik ini worthed untuk dibeli. Jika melihat spesifikasi yang ditawarkan, device ini sudah bisa mengakomodasi kebutuhan anda yang menginginkan efisiensi saat melakukan presentasi.

Plus: hasil yang tampilan yang bagus, kerapatan gambar yang cukup baik, harga yang terjangkau, terdapat dedicated printer, memiliki fitur TWAIN, memiliki banyak aksesoris yang cukup membantu.

Minus: teknologi permukaan yang masih menggunakan 2 endless type, tidak memiliki fasilitas multi-touch.

Leave a Response