close

Gello: Browser Internet Offline dari CyanogenMod

Gello

Browser terbaru bernama Gello dikatakan sebagai browser internet Android yang tetap bisa digunakan saat offline atau tidak terkoneksi dengan internet. Salah satu pengoprek dan pengembang ROM Android, CyanogenMod, dikabarkan sedang mengembangkan sebuah terobosan baru bagi browser internet yang bisa digunakan saat offline. Browser internet ini nantinya akan dapat digunakan pada Android yang berbasis Chromium.

Gello

Saat ini memang terjadi persaingan yang sangat ketat terhadap browser mobile Android. Banyak vendor-vendor yang memunculkan browser serupa. Sehingga, Gello dibuat dengan beberapa kelebihan seperti adanya berbagai pilihan custom lebih banyak seperti pengaturannya yang bisa disetting sendiri oleh pengguna, misalnya saat menyimpan halaman untuk dibaca offline. Selain itu, ada juga fitur yang bisa menyimpan file yang telah diunduh dari website dengan lokasi sesuai keinginan. Selain itu, nama file yang telah diunduh tadi juga bisa diganti.

Gello Mencuri Ide dari Chronium?

Gello memang dikembangkan berdasarkan browser Chronium milik Google. Pihak Google juga mengembangkan browser serupa. Namun, CyanogenMod mengatakan bahwa Gello tidak mencuri ide dari Google. Chronium yang mereka gunakan bersifat opensource, jadi bisa dikembangkan secara bebas oleh siapapun.

Saat ini, Gello masih dalam tahap perkembangan. Saat diluncurkan nanti, Gello akan menjadi browser internet yang bersifat opensource. Sehingga, browser ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi oleh siapapun.

Apa Itu CyanogenMod?

Sedangkan CyanogenMod sendiri merupakan distribusi open source firmware yang ditingkatkan untuk tablet maupun smartphone berbasis sistem operasi Android. CyanogenMod memang menawarkan fitur dan pilihan yang tidak ditemukan di dalam firmware resmi dari vendor perangkat tersebut. CyanogenMod dikembangkan sebagai perangkat lunak yang bebas berdasarkan rilisan resmi Android dari Google, namun dengan penambahan kode asli dan pihak ketiga.

Leave a Response