close

Oppo Resmi Rilis Android “Selfie 16 MP” F1s

F1s

Vendor asal China, Oppo, akhirnya resmi merilis Oppo F1s pada hari ini (3/8/2016). Smartphone ini resmi dirilis secara serentak di tiga negara, termasuk di Indonesia. Peluncuran tersebut berlangsung di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta.

Ponsel pintar ini dikatakan sebagai ponsel “selfie expert” alias ahlinyaselfie. Berbekal kamera selfie 16 megapiksel, F1s menjadi smartphonedengan resolusi kamera depan tertinggi di pasaran saat ini bersama dengan F1 Plus.

Sejak F1 yang pertama diluncurkan pada Februari, Oppo memang telah fokus sebagai ponsel kamera. Empat bulan lalu Oppo juga luncurkan F1 Plus. Saat ini pihak Oppo yakin bahwa Oppo F1s akan membawa kejutan yang berbeda. Kamera F1s memiliki bukaan F/2.0 yang bisa dibilang memadai untuk menangkap cahaya. Adik bungsu dari F1 dan F1 Plus ini diklaim mampu diandalkan pada kondisi cahaya minim atau backlight.

Tak hanya itu saja, fitur beautification pun tak ketinggalan pada ponsel selfie expert ini. Pengguna bisa mengatur kadar kecantikan yang ingin tertera pada foto, mulai dari tone kulit, tingkat kemulusan, dan unsur-unsur lain yang tersedia pada opsi penyetelan. Dengan begitu, pengguna tak perlu takut hasil beautification akan tampak palsu dan benar-benar berbeda dengan kondisi wajah asli. Ada juga screen flash yang bisa diandalkan ketika berada di ruang gelap. Screen flash F1s juga akan mengkakulasi cahaya sehingga foto tak akan terlihat terlalu terang.

Pada kamera belakang, F1s memercayakan pada sensor beresolusi 13 megapiksel. Meski lebih rendah, kualitasnya dikatakan tak kalah dari kamera depannya. Kamera utama F1s memiliki fitur PDAF yang bisa menghasilkan foto hingga 50 megapiksel. Format foto juga bisa disetel RAW hingga dapat diedit lebih lanjut tanpa membuat gambar pecah.

Dari segi keamanan, F1s mematrikan fitur pemindai sidik jari aliasfingerprint scanner pada tombol home yang tertera di sisi bawah tengah layar. Menurut Suwanto, fingerprint scanner itu akan makin peka ketika digunakan berkali-kali. Pengguna bisa mendaftarkan lima sidik jadi berbeda untuk membuka ponsel dan membuka aplikasi-aplikasi di dalamnya. Pemrosesan sidik jari untuk izin akses tak memakan waktu lama, hanya sekitar 0,2 detik.

Spesifikasi lain dari ponsel ini meliputi prosesor octa-core, RAM 3GB, memori internal 32GB yang bisa ditambahkan hingga 128GB dengan microSD eksternal,baterai 3075 mAH, dan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang dipadankan dengan colorOS 3.0.

Leave a Response