close
Tips & Trick

Bug Windows 10 Mengganggu Kerja Dari Rumah. Ini Solusinya!

bug window 10

Bug Windows 10 ternyata berdampak pada program bekerja dari rumah yang dihimbau Pemerintah Republik Indonesia. Perlu diketahui bahwa untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19) usaha pemerintah Indonesia salah satunya dengan membuat himbauan untuk bekerja di rumah bagi karyawan. Cara ini dianggap bisa membantu memutus rantai penyebaran virus corona, ketika setiap orang berdiam diri dirumah termasuk melakukan pekerjaan dirumah.

bekerja dari rumah dengan windows 10

Bagi yang melakukan pekerjaan di rumah, mungkin membutuhkan perangkat laptop atau komputer dan jaringan internet. Kemudian perlu diketahui bahwa mayoritas laptop saat ini menggunakan sistem operasi windows, dan mayoritas juga telah menggunakan windows 10 untuk bekerja.

Namun dalam konteks bekerja dari rumah ini, windows 10 mengalami gangguan yang dikenal dengan bugs. Masalah yang dihadapi pengguna windows 10 ini sangat mengganggu pada saat bekerja dari rumah, karena beberapa aplikasi (software) yang digunakan dalam windows 10 ini sulit bahkan tidak bisa terhubung ke jaringan internet.

Masalah pada windows 10 ini berakibat ke beberapa aplikasi yang paling sering digunakan diantaranya adalah Microsoft Office 365, Microsoft Outlook, Microsoft Team, dan software lain termasuk browser microsoft. Dimana aplikasi ini akhirnya sulit digunakan, padahal penggunaannya membutuhkan akses internet.

Akibatnya bagi sebagian orang akan sulit melakukan pekerjaan dari rumah, meski kondisi mengharuskan bekerja dari rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Bagi orang yang bisa mengatasi hal ini mungkin bisa bernapas lega, namun masalahnya tidak semua orang bisa mengatasi masalah dalam laptopnya. Bagi karyawan kantoran, saat laptopnya bermasalah bisa jadi mereka mendapatkan bantuan dari tim teknis di kantornya.

Masalah Windows 10 ini karena diakibatkan pembaruan sistem operasi di bulan Mei 2019 dan juga bulan November 2019. Serta pembaruan komulatif Microsoft KB4535996 yang terjadi pada akhir Februari 2020.

Dikutip dari catatan microsoft bahwa software apapun yang menggunakan sistem WinHTTP dan juga Winlnet kemungkinan besar memiliki masalah kesulitan terhubung ke koneksi internet.

Banyak yang mengatasi masalah ini dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network). Penggunaan VPN ini menjadi peringatan dari Microsoft, karena mayoritas penggunaannya untuk memperlancar bekerja dari rumah. Dimana pengguna windows 10 yang menggunakan VPN ini menyangkut bisnis suatu perusahaan, dan dengan menggunakan VPN sangat berbahaya bagi data suatu perusahaan tersebut.

Jika Anda mengalami masalah atau bug setelah update windows 10, maka solusi yang efektif untuk dilakukan adalah dengan melakukan uninstall update yang membuat masalah software yang sering digunakan dalam windows 10 sulit terhubung ke internet.

Untuk melakukan uninstall Anda bisa melakukan tahap berikut :

  • Buka pencarian pada windows 10
  • ketikan “update history” pada kotak pencarian windows
  • Lalu buka dan cek kotak dialog update story windows 10
  • Uninstall update link
  • Pilih nomor KB yang menjadi masalah windows 10 dan uninstall updatenya
  • Setelah proses ini selesai dilakukan, kemudian buka halaman update dan hentikan sementara update otomatis windows 10.

Cara ini efektif untuk dilakukan hingga windows 10 melakukan update terbaru sistemnya yang menjadi masalah ini.

Tags : bekerja dari rumahbug windows 10coronacovid19windowswindows 10