close

HP LaserJet Pro MFP M125a: Printer Multifungsi Dengan Fitur Lengkap

HP-LaserJet-Pro-MFP-M125aHP lebih menguatkan dirinya sebagai penyedia all-in-one solution dengan menyediakan berbagai perangkat yang menjadi andalan bagi konsumen-konsumennya. Salah satu perangkat andalan dari HP adalah printer, salah satu printer andalan HP LaserJet Pro MFP  M125a. Seperti namanya, printer ini menggunakan teknologi laser sebagai teknologi untuk mencetak. Printer HP M125a ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan kantor dan juga rumahan. Selain itu, printer ini memiliki banyak fitur yang akan sangat berguna bagi anda untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas dari hasil cetak.

HP LaserJet ini merupakan printer yang berjenis multifungsi, sehingga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti cetak, scan dan juga fotokopi. Selanjutnya, kita akan membahas HP LaserJet Pro MFP M125a lebih mendalam untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dari printer ini.

Overview

Perbedaan yang cukup mencolok dari HP LaserJet Pro MFP M125a dengan kebanyakan printer yang digunakan pada perkantoran lainnya adalah desainnya yang sedikit agak besar namun tetap terlihat kokoh. Dengan harga yang di bandrol sekitar 1,7 jutaan, printer ini menawarkan sebuah kemampuan yang cukup berbeda dengan kebanyakan printer multifungsi yang lainnya. Mungkin jika bekerja dengan PC atau Mac merupakan fitur yang cukup biasa, printer ini mampu bekerja dengan sistem operasi iOS dan Android juga. Ketika mampu bekerja dengan perangkat mobile, merupakan sebuah kemampuan tersendiri yang mampu dipertimbangkan.

Kemampuan fitur dasar pada HP LaserJet Pro MFP juga bisa diandalkan. Dengan menggunakan printer ini anda akan mendapatkan hasil yang cukup jelas dan bagus. Selain itu, pengguna tidak perlu repot/susah dalam melakukan instalasi/pemasangan printer. Dengan banyaknya fitur yang terdapat pada perangkat ini dan juga bentuknya yang cukup unik, membuat printer ini cukup bisa dihandalkan dan nyaman dilihat.

Review HP LaserJet Pro MFP M125a

1. Desain dan fitur

Untuk masalah desain, printer HP LaserJet ini bisa dibilang cukup modern dan enak untuk dilihat. Printer ini terlihat seperti printer profesional dengan harga yang cukup mahal. HP memberikan desain berbentuk kotak dan berwarna hitam, meski begitu printer ini tidak terlihat seperti kotak biasa saja, karena terdapat beberapa variasi yang cukup mampu menarik orang yang melihatnya, salah satu variasi yang bisa anda temukan pada printer ini adalah desain sisi-sisinya yang cenderung melengkung.

Pada bagian atas terdapat flatbed scanner yang bisa digunakan untuk melakukan scanning dokumen hingga ukuran letter. Selain itu, posisinya pada bagian atas membuat scanner ini mudah untuk diakses oleh pengguna. Dibawah scanner, bisa dibuka untuk membuka mengetahu drum dan toner cartridge-nya.

HP-LaserJet-Pro-MFP-M125a
Output tray dan bagian atas dari HP LaserJet Pro MFP M125a

Pada bagian depan dari printer terdapat sebuah output tray yang berfungsi untuk menahan kertas yang telah dicetak agar tidak berantakan, tidak ada perbedaan yang mencolok dengan output tray pada mesin cetak lainnya. Selain output tray, yang terletak pada bagian depan adalah sebuah panel yang digunakan untuk mengoperasikan mesin ini. Panel ini didesain cukup minimalis dengan model hampir mirip seperti smartphone. Tombol-tombol pada panel ini tergolong cukup kecil dan terdapat sebuah LCD monokrom yang berfungsi untuk memberitahukan status printer pada saat itu.

LCD ini hanya memiliki 2-line dan hanya mampu menampilkan 16 karakter. Dikarenakan layarnya yang monokrom, membuat tulisan yang ada pada LCD, sedikit susah untuk dibaca, LCD-nya pun juga tidak dilengkapi dengan backlit.

HP-LaserJet-Pro-MFP-M125a
Panel operasi yang memiliki LED backlit

Pengguna juga akan mendapatkan berbagai fitur menarik berupa perangkat lunak (software) yang mampu mendukung kinerja anda, diantaranya adalah HP Scan, HP eco-print utility dan HP Connected dan HP ePrint. Dengan adanya fitur HP ePrint akan membuat pengguna lebih fleksibel dalam mencetak dokumen dimanapun dan kapanpun (baca mengenai fitur HP ePrint disini).

2. Kecepatan cetak

Dengan menggunakan HP LaserJet Pro MFP M125a, pengguna bisa mendapatkan kecepatan cetak sebesar 20 ppm. Kecepatan cetak sebesar 20 halaman per menit berada pada kisaran menengah, tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat. Sedangkan waktu awal mulai printer beroperasi relatif lebih cepat, yaitu sebesar 10 detik atau bahkan mampu berada di bawah 10 detik.

Pada printer ini terdapat sebuah fitur bernama Draft Mode, atau yang biasa dikenal dengan Economode. Fitur ini memperbolehkan pengguna untuk bisa mencetak dengan kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mode biasa. Pada mode Draft, pengguna HP LaserJet Pro MFP M125a bisa mencetak 25 halaman dalam 1 menit dan mampu mencetak halaman yang penuh dengan gambar dan grafik hanya dalam waktu 25 detik. Secara keseluruhan, hasil cetak pada MFP M125a cukup bagus dikalangan printer laser jet.

Untuk mencetak dokumen foto yang berukuran 15 x 10 cm, printer LaserJet Pro MFP M125a membutuhkan waktu sebesar 15 detik. Dan ketika anda mencoba untuk mencetak dokumen foto melalui sebuah ponsel pintar Android atau iPhone milik anda, printer akan membutuhkan waktu sebesar 52 detik. Pada kecepatan ini, printer dengan harga yang berkisar 1,7 jutaan sudah bisa dibilang istimewa/memiliki kemampuan kecepatan cetak yang cukup memadai.

Salah satu keunggulan dari M125a selain kecepatan cetak yang tinggi adalah printer ini tidak menghasilkan suara yang berisik bahkan bisa dibilang cukup tenang. Hal tersebut tentu sangat cocok bagi pekerjaan kantor yang membutuhkan konsentrasi tinggi, sehingga tidak ada pegawai yang terganggu dengan suara dari printer. Mesin cetak HP LaserJet ini hanya menghasilkan suara sebesar 59 dBA, namun pada saat pertama kali dinyalakan printer akan menghasilkan suara sebesar 60 dBA. Secara subyektif, kami mengakui jika printer ini cukup tenang dan tidak akan mengganggu konsentrasi anda dengan suara yang kurang nyaman.

3. Kualitas hasil cetak dan biaya cetak

Kualitas hasil cetak dari HP LaserJet Pro MFP M125a pada dokumen hitam putih cukup halus dan tebal, sehingga sangat cocok bagi anda yang bekerja dengan membutuhkan hasil cetak dokumen hitam putih yang bagus. Untuk hasil cetak, printer HP ini memiliki resolusi sebesar 600 dpi yang mampu menghindarkan hasil cetak menjadi bergaris. Grafik GreyScale pada printer ini mampu memiliki kelembutan dan cukup bagus dalam memproduksi bayangan, hal tersebut tak lain karena printer memiliki kemampuan untuk melakukan reproduksi warna yang cukup efektif. Selain dokumen hitam putih, printer HP LaserJet mampu menghasilkan foto yang cukup bagus dan kami cukup terkesan dengan hasilnya.

HP-LaserJet-Pro-MFP-M125a
Bagian dalam dari HP LaserJet Pro MFP M125a

Perlu di ingat kembali jika printer MFP M125a memiliki fitur Economode yang mampu menghemat pengeluaran tinta pada toner dan juga menghemat pergantian drum. Meski hasil cetak dengan menggunakan fitur tersebut tidak terlalu maksimal, namun masih cukup nyaman untuk dilihat dan dibaca. Mungkin Economode dari printer ini tidak lebih baik dari printer HP lainnya, termasuk printer berjenis inkjet.

Kapasitas drum dan toner cartridge pada printer ini memiliki volume cetak sebesar 1500 lembar. Volume cetak yang dimiliki oleh printer ini juga tidak seberapa tinggi dan juga tidak seberapa rendah. Namun, jika kantor atau rumah anda sangat sering mencetak dokumen dengan printer ini, maka anda harus menyiapkan dana tambahan untuk berjaga-jaga mengganti toner atau melakukan refill (pengisian ulang) terhadap toner. Biaya cetak yang dibutuhkan oleh printer ini berkisar diantara 390 rupiah per halaman. Jika dibandingkan dengan printer inkjet multifungsi lainnya, harga tersebut tidak terlalu mahal, tapi jika dibandingkan dengan printer berteknologi laser yang memiliki harga yang sama atau lebih besar biaya tersebut justru lebih murah.

Kesimpulan

HP LaserJet Pro MFP M125a merupakan sebuah printer yang cukup bagus bagi berbagai kegiatan. Printer ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi, cukup tenang saat mencetak dan memiliki biaya cetak yang cukup rendah. Dengan adanya fitur HP ePrint, membuat printer ini menjadi salah satu mesin cetak yang memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi, hanya saja printer ini tidak memiliki fitur NFC yang bisa membuat printer bekerja lebih fleksibel dengan perangkat mobile. Dengan harga yang cukup murah dan fitur yang cukup melimpah, printer ini bisa dijadikan salah satu pilihan printer multifungsi yang cocok untuk berbagai jenis kegiatan perkantoran atau rumahan biasa.

7 Comments

  1. pak bos mau tanya, saya memilik printer HP M125a, pertama digunakan baik” saja, tapi kadang kala saat apa bila hendak ngeprin , printer tb” tdk merespon dan harus d matikan terlebih dahulu baru bisa ngeprin.. itu kenapa ya?

    mohon sheringnya

  2. bantu jawab ya om…
    kondisi printer yang anda maksut dalam keadaan auto off, namun kalo anda ingin mencetak dalam kondisi printer auto off langsung cetak saja filenya, nanti printer akan otomatis “wake up” apabila ada perintah print, semoga membantu…

  3. Mau tanya Bg.. Printer hp m125a nya.. Apa bisa untuk cetak foto juga? Kalo bisa ukuran berapa maksimalnya yg bisa dicetak?? Soalnya saya lagi mencari printer laserjet yang warna tapi dibawah harga 2 juta.. Kalo ada yg tau . mohon recomendasinya.. Terimakasih

  4. Apa printer ini bisa untuk cetak foto juga? Saya mohon recomendasinya. Jenis priter laserjet yang color d bawah harga 2 jutaan

  5. Mau nanyak nih, Drum di printer hp laserjet m125 itu kan warnanya biru, punyaku luntur warna tsb, sdgkan ketika nge Print itu hasilnya polos hitam semua, apa drum nya sdh yg bermasalah. Mohon solusinya.

  6. hasil print normal tapi copy lamban dan hasinya tipis, scan bila diprint hasilnya tipis buram tidak jelas kenapa? apa bisa di garansikan padahal baru 1 bulan

Leave a Response