close

Apple Watch: Jam Tangan Pintar Berlayar Sapphire

Apple Watch

Walaupun sempat tertinggal dengan pesaingnya, Apple akhirnya merilis Apple Watch pada Maret 2015 lalu. Memang beberapa pesaingnya seperti Motorola telah merilis smartwatch terlebih dahulu, yaitu Moto 360. CEO Apple mengatakan bahwa perangkat ini merupakan perangkat paling personal yang pernah mereka buat. Smartwatch milik perusahaan yang beroperasi di California, AS ini dibagi menjadi tiga pilihan meliputi Apple Watch, Apple Watch Sport, dan Apple Watch Edition. Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa memilih strap, mulai dari kulit, stainless steel, atau karet.

Apple Watch

Masalah ukuran, Apple menyediakan berbagai ukuran seperti 38 mm atau 42 mm. Tak hanya itu saja, seluruh versi dapat diganti dengan tali jam yang berbeda. Namun untuk tali dibeli terpisah. Desain mengikuti kontur pergelangan tangan. Penutup bagian belakangnya terbuat dari keramik. Sedangkan bagian depannya ditutup dengan layar sapphire. Apple memang selalu memberikan desain yang perfeksionis dan modern.

Jenis-jenis Apple Watch

Apple Watch

Apple Watch

Jenis yang satu ini dibuat dari bahan stainless steel dengan desain elegan dan perfeksionis. Untuk masalah harga, smartwatch jenis ini dibanderol dengan harga yang beragam dan sesuai dengan pilihan strap yang diinginkan. Model 38 mm dijual dengan harga USD 549, model 42 mm USD 599. Untuk harga termahal, model 38 mm bisa mencapai USD 1.049 dan model 42 mm USD 1.099.

Apple Watch Sport

Varian ini terbuat dari aluminium ini merupakan jenis termurah yang ditawarkan oleh Apple. Dijual mulai dari USD 349 untuk model 38 mm wanita dan USD 399 untuk model 42 mm pria.

Apple Watch Edition

Untuk varian yang satu ini, sangat cocok digunakan para fashionista. Desainnya sangat berkelas dan glamor, karena dibalut dengan material emas 18 karat dengan perpaduan strap sesuai pilihan. Apple Watch Edition dibanderol dengan harga USD 10.000.

Fitur-fitur Apple Watch

Adanya Notifikasi di Pergelangan Tangan

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh smartwatch ini ialah kemampuannya untuk mengirim pesan secara lebih personal melalui sentuhan yang bernama Digital Touch dan melakukan pembayaran digital menggunakan fitur Apple Pay. Hanya dengan menyentuh layar, pengguna bisa mengirimkan notifikasi getar kepada penerima. Tak hanya itu saja, melalui fitur ini pengguna dapat mengirim detak jantung dalam bentuk getaran untuk penerima pesan.

Selain itu, pengguna juga bisa menyambungkan Apple Watch dengan perangkat Apple lainnya seperti iPhone untuk menerima notifikasi tambahan. Sehingga pengguna dapat melakukan SMS atau chatting melalui aplikasi pesan hingga melakukan telepon secara langsung melalui perangkat. Apple menyediakan mikrofon dan speaker untuk menerima atau melakukan panggilan telepon.

Tak hanya itu saja, smartwatch juga bisa digunakan sebagai alat fitness tracker karena bisa mengetahui detak jantung. Melalui sensor, perangkat ini dapat mengerti apakah pengguna sedang bergerak, berdiri, atau duduk. Salah satu fitur unggul lainnya, perangkat ini juga dapat mendeteksi jika penggunanya telah duduk terlalu lama. Saat hal ini terjadi, Apple Watch akan memberikan notifikasi untuk mulai bergerak dan berdiri. Sehingga perangkat ini sangat cocok digunakan para pekerja kantoran yang sering duduk terlalu lama di meja kerja mereka.

Daya tahan baterai yang kuat

Untuk masalah daya tahan baterai, perangkat ini mempunyai daya baterai yang bisa bertahan selama 18 jam dengan pemakaian yang wajar dan normal. Namun hal ini sangat bergantung pemakaian. Waktu habis baterai bisa berbeda-beda tergantung dengan jenis pemakaian. Misalnya saja untuk penggunaan olahraga, Apple Watch bisa bertahan selama 7 jam karena fitur detak jantung selalu menyala tanpa henti.

Leave a Response