close
Tips & Trick

Cara Menghilangkan Iklan Laptop

Cara Menghilangkan Iklan Laptop

Cara Menghilangkan Iklan Laptop – Iklan yang muncul di laptop bersistem operasi Windows biasanya muncul dalam bentuk pop up pada bagian paling kanan task bar yang terlihat seperti notifikasi. Terkadang kita tidak tahu dari mana iklan tersebut berasal sehingga cukup sulit untuk menghilangkannya.

Karena itulah hal pertama yang perlu kita lakukan adalah berusaha menemukan dari mana sumbernya. Biasanya iklan di komputer akan muncul dari aplikasi trial, aplikasi yang mengandung adware, dari browser (push notification), atau dari aplikasi yang memang memiliki fitur iklan mengganggu.

Untuk menghilangkannya bisa dilakukan dengan mencari aplikasi yang mengandung iklan lalu menghapusnya, atau membeli yang full version. Sobat juga mungkin perlu melakukan pengecekan pada settingan browser, lihat apakah ada situs-situs yang diizinkan untuk menampilkan iklan.

Tapi perlu diperhatikan bahwa tidak semua notifikasi pop up yang muncul di Windows adalah iklan. Bisa jadi notifikasi tersebut merupakan pemberitahuan update, inbox, atau notifikasi dari aplikasi tertentu.

Cara menghilangkan iklan dari Google Chrome di laptop

Google Chrome merupakan salah satu browser terbaik yang paling banyak digunakan saat ini. Aplikasi peramban web yang dikembangkan oleh Google ini memang memiliki kelebihan dibandingkan browser lainnya.

Tampilannya yang bersih dan kinerjanya yang stabil membuat Chrome menjadi pilihan utama, selain itu browser ini juga terintegrasi penuh dengan semua produk Google sehingga membuat aktivitas berselancar di internet menjadi lebih mudah.

Berbicara soal iklan dari Google Chrome yang muncul pada laptop maka kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana iklan ini bisa muncul.

Saat ini hampir semua browser sudah mendukung fitur yang bernama push notification atau dekstop notification, fitur ini memungkinkan situs menampilkan pop up notifikasi maupun iklan langsung ke desktop. Biasanya pop up yang muncul berupa postingan terbaru maupun penawaran komersial.

Bagaimana iklan ini bisa muncul?

Iklan dari Google Chrome akan muncul di laptop apabila pengguna sudah mengizinkannya, dengan kata lain kita secara sengaja atau pun tidak sudah memberikan izin kepada situs tertentu untuk menampilkan push notification di Windows kita.

Saat membuka situs yang memiliki fitur push notification, Sobat akan melihat ada jendela pop up muncul pada bagian atas browser. Isinya biasanya menanyakan apakah kamu mau mendapatkan notifikasi postingan terbaru, apabila kamu klik OK / Allow maka kamu sudah memberikan izin pada situs tersebut untuk menampilkan push notification mereka.

Selanjutnya Sobat akan melihat pop up yang mirip iklan bermunculan di laptop pada bagian sebelah kanan layar. Frekuensi munculnya notifikasi iklan yang terus menerus inilah yang akan terasa cukup mengganggu.

Tapi tenang saja karena cara menghilangkannya juga sangat mudah, pada kesempatan kali ini anugrahpratamacom akan tunjukkan kepada Sobat.

Berikut ini adalah cara menghilangkan iklan Google Chrome di laptop:

AP-546-Cara-menghilangkan-iklan-di-laptop_03.jpg
AP-546-Cara-menghilangkan-iklan-di-laptop_04.jpg
AP-546-Cara-menghilangkan-iklan-di-laptop_05.jpg
AP-546-Cara-menghilangkan-iklan-di-laptop_06.jpg

Setelah semua situs yang menampilkan iklan di layar laptop di hapus dengan cara di atas maka iklan akan berhenti bermunculan. Ke depannya, saat ada penawaran untuk mendapatkan notifikasi dari sebuah situs sebaiknya Sobat cek dan ricek lagi, apakah situs tersebut benar-benar akan memberikan manfaat untuk Sobat apabila fitur desktop notification-nya dihidupkan.