close

Dell Latitude 3000 Series: Tampil Dengan Wajah dan Performa Baru

Dell latitude 3000 series

Dell merupakan salah satu penyedia layanan perangkat keras komputer yang telah merajai pasaran dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut dibuktikan dengan terus adanya pembaharuan produk-produk milik mereka. Salah satu produk yang mendapatkan pembaharuan dari pihak Dell adalah Dell Latitude 3000 series. Latitude 3000 series merupakan sebuah seri laptop yang menjadi salah satu ladang penghasilan terbanyak untuk pihak Dell. Kini Dell memperbaiki kinerja perangkat Dell 3000 Series dengan memberikan beberapa pembaharuan mulai dari tipe prosesor, kapasitas RAM hingga arsitektur motherboard.Dell latitude 3000 series

Sebenarnya Dell Latitude 3000 series memiliki 2 versi, yaitu Latitude dengan versi layar 14 inci dan 15 inci. Namun, pada kali ini kami hanya akan membahas Dell Latitude 3000 series dengan layar 14 inci. Sebenarnya, ukuran layar pada versi 14 inci hanya sebesar 13.3 inci, tapi masyarakat lebih familiar dengan ukuran layar 14 inci. Pada versi 14 inci ini terdapat 2 tipe laptop, yaitu Dell Latitude 3340 dan Dell Latitude 3440.

Pada artikel kali ini, kita tidak akan membahas perbedaan Dell Latitude 3340 dengan 3440 secara mendetail. Karena sebenarnya perbedaan dari kedua tipe ini sangat sedikit dan lebih banyak persamaannya.

Overview

Telah kita ketahui bersama jika Dell Latitude 3000 series versi 14 inci, terdiri dari 2 laptop yaitu Dell Latitude 3340 dan 3440. Lalu apa perbedaan mendasar dari kedua laptop tersebut? Pada Dell Latitude 3340, laptop ini dilengkapi dengan port HDMI, namun tidak memiliki port untuk CD/DVD. Sedangkan pada Dell Latitude 3440 dilengkapi dengan port CD/DVD, namun tidak memiliki port HDMI, sayangnya pada versi 3440 ini memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil. Perbedaan yang tidak terlalu besar bukan? Anda tinggal menyesuaikan saja spesifikasi tersebut dengan kebutuhan dan penggunaan.

Desain dan Bodi

Dell mengklaim jika perubahan yang paling signifikan dari kedua laptop seri Dell Latitude 3000 series ini adalah pengurangan ketebalan bodi laptop. Laptop terbaru ini memiliki ketebalan sebesar 0.9 inci, dan versi sebelumnya memiliki ketebalan sebesar 1 inci. Meski hanya berkurang sebesar 0.1 inci, namun hal tersebut tetap patut kita apresiasi. Selain itu, Dell juga mengurangi berat dari laptop tersebut menjadi sebesar 4.2 pound. Dengan bentuk yang lebih tipis dan berat yang lebih ringan, membuat laptop ini menjadi lebih portable.

Dell latitude 3000 series
Desain baru Dell latitude 3000 series

Meski tampil dengan bodi yang lebih tipis, mungkin hal tersebut merupakan perubahan yang minoritas. Namun, hal tersebut tampak lebih baik jika dibandingkan dengan seri pendahulunya. Pada seri ini, Dell telah mengganti port USB 2.0 dengan port USB 3.0 yang notabene memiliki kecepatan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan USB 2.0.

Dell Latitude 3000 series versi layar 14 inci, memiliki resolusi sebesar 1366 x 768 tanpa fitur layar sentuh.

Review Dell Latitude 3000 series

1. Perangkat Input

  • Keyboard

Berbicara mengenai keyboard, kami rasa keyboard dari Dell Latitude 3000 series cukup cekatan, nyaman, tidak terlalu keras, dan jarak antara karakter tidak terlalu berdekatan, dengan fitur seperti itu mengetik akan terasa nyaman. Semua karakter pada keyboard di desain dengan permukaan yang cekung, hal tersebut membuat jari-jari anda terasa mudah untuk menemukan karakter yang tepat. Namun pada bagian kanan dari keyboard rasanya kurang nyaman, dikarenakan sedikit lebih banyak karakter yang ada.

Tentu saja pada laptop versi 14 inci ini tidak terdapat number pad, tapi anda bisa menambahkannya dengan menggunakan function key.

  • Touchpad

Touchpad pada Dell Latitude 3000 series memiliki diagonal sebesar 3.9 inci dengan permukaan yang sedikit agak kasar. Touchpad pada Dell 3000 series ini memiliki respon yang bagus pada saat menangani beberapa sentuhan. Tombol klik kanan dan kiri juga cukup mendukung kinerja, karena tidak terlalu susah dan bunyinya juga tidak menggangu (cukup pelan). Laptop Dell 3000 series ini sebenarnya sangat cocok untuk penggunaan perkantoran, perpustakaan, atau kegiatan rumahan yang tidak membutuhkan rendering grafik tingkat tinggi. Namun, sangat disayangkan karena Dell tidak memberikan driver untuk bisa mendeteksi multi-touch pada keypad.

2. Layar

Layar dari Dell Latitude 3000 series (seri layar CMN1352 133BGE, Dell P/N: 90N37) ini menggunakan resolusi seperti kebanyakan laptop lainnya, yaitu sebesar 1366×768 pixel. Layar ini tidak dilengkapi dengan fitur layar sentuh. Kami juga belum mengetahui apakah pihak Dell akan meluncurkan seri Dell Latitude dengan fitur layar sentuh. Perlu diketahui jika Dell Latitude 3000 series menggunakan layar dengan teknologi TFT.

Tingkat kecerahan saat berada dalam keadaan charging atau menggunakan baterai sama tingginya ketika mekanisme penghematan energi dari Intel VGA di non-aktifkan. Sayangnya, layar dari Dell Latitude 3000 series ini kurang cocok jika digunakan dalam keadaan outdoor (dibawah sinar matahari langsung). Tingkat kecerahan layar yang tidak terlalu baik membuat laptop ini tidak cocok bagi anda yang memiliki kegiatan yang mobile dan mengharuskan penggunaan di berbagai keadaan.

3. Performa

Tidak perlu diragukan lagi untuk performa dari Dell Latitude 3000 series ini. Kedua laptop ini telah dilengkapi dengan prosesor Intel generasi terbaru. Selain itu, kini kedua laptop ini tidak hanya menggunakan opsi Intel Core i3 atau i5, tetapi juga bisa menggunakan Intel Core i7.

Kemampuan prosesor yang tinggi, juga didukung dengan kapasitas RAM yang tak kalah tinggi juga. Dell memberikan bawaan RAM sebesar 4GB yang bisa ditambah lagi hingga kapasitas 16 GB. Selain kapasitas RAM yang besar, Dell Latitude 3000 series juga didukung oleh ruang penyimpanan yang tak kalah besar, yaitu sebesar 500 GB. Untuk seri dengan Core i7 bisa mendapatkan opsi ruang penyimpanan hingga 1 TB.

Kesimpulan

Dell latitude 3000 series
Dell latitude 3000 series

Menurut kami, Dell Latitude 3000 series sangat cocok jika digunakan untuk bekerja jika dibandingkan untuk bermain game. Ada beberapa alasan yang cukup kuat mengapa laptop ini cocok untuk digunakan untuk bekerja. Berikut beberapa alasannya:

  1. Dell Latitude 3000 series telah menggunakan prosesor seri terbaru dari Intel. Dengan menggunakan Intel Haswell performa grafik dan daya tahan baterai pun juga akan meningkat. Sehingga menjadikan pekerjaan yang berat pun menjadi terasa ringan.
  2. Desain dan performa keyboard dan touchpad cukup baik dalam menangani segala jenis input dari pengguna.
  3. Bentuknya yang ringan dan tipis, sangat nyaman digunakan sebagai portable PC.

Hanya saja, layar dari Dell Latitude 3000 series ini kurang menunjang, namun bukan berarti anda tidak bisa menggunakannya untuk menjalankan aplikasi grafis yang cukup komplek dengan baik. Hal tersebut hanya berdampak pada tampilan layar yang kurang maksimal.

Dengan harga yang cukup terjangkau, kami berpendapat jika Dell Latitude 3000 series sangat kompetitif dalam persaingan pasar laptop untuk kelas bisnis.

Leave a Response