close

14 Hal yang Perlu Diketahui tentang CEO Google, Sundar Pichai

Sundar Pichai
Sundar Pichai

Ada 14 hal yang perlu diketahui tentang CEO Google, Sundar Pichai. Nama Sundar Pichai melejit ketika Senin lalu (10/08/2015) Google mengumumkan Alphabet.

Sundar Pichai
Sundar Pichai

CEO sebuah perusahaan tekhnologi sebesar Google pasti akan menjadi bahan pembicaraan masyarakat. Kali ini masyarakat ingin mengetahui siapa sebenarnya Sundar Pichai. Berikut adalah 15 hal yang perlu diketahui tentang CEO Google yang baru ini.

14 hal Tentang Sundar Pichai

  1. Picahi adalah orang India lahir di Chennai 43 tahun yang lalu. Ia dibesarkan oleh seorang ayah yang berprofesi sebagai insinyur dan seorang ibu yang dulunya merupakan seorang stenographer. Nama lahirnya adalah Pichai Sundararajan.
  2. Di masa kecilnya, keluarga Pichai tinggal hanya di dua ruangan. Tidak ada sesuatu yang spesial apalagi tekhnologi, bahkan mereka pun tidak memiliki sambungan telepon sampai ia berusia 12 tahun.
  3. Semasa SMA di Tamil Nadu, Sundar Pichai adalah kapten Kriket.
  4. Sundar Pichai meraih gelar S1 jurusan tekhnik metalurgi dari Institut Tekhnologi India Kharagpur pada tahun 1993. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan ke Amerika untuk mendapatkan gelar MS di Material Science dari Universitas Stanford. Setelahnya, ia mendapat gelar MBA dari Wharton School Universitas Pennsylvania.
  5. Sundar Pichai menikahi teman SMA, Anjali. Saat ini ia memiliki dua orang anak. Satu anak laki-laki dan perempuan.
  6. Sundar Pichai bergabung dengan Google pada 1 April 2004 (hari saat Gmail diluncurkan) setelah bekerja pada perusahaan McKinsey.
  7. Salah satu dari pekerjaan pekerjaan pertamanya yaitu sebagai product manager dari toolbar pencarian Google yang digunakan di browser lain (sebelum Google Chrome ada). Pichai adalah satu untuk meyakinkan para petinggi Google yang masuk ke ‘perang’ browser adalah ide yang bagus.
  8. Semua produk utama lainnya yang ia jalankan di Google termasuk Gmail, Google Docs, Chrome OS, dan sejak tahun 2013 adalah Android. Pada tahun 2013 ketika Andy Rubbin masih menangani Android, ada ketidaksepahaman di dalam perusahaan, untuk itu akhirnya beralih ke team yang dikepalai oleh Pichai untuk mengintegrasi Chrome pada OS telepon genggam. Hasil karya terbaru dari Sundar Pichai adalah Google Photos dan Google Now.
  9. Pichai adalah seseorang dibalik pembuatan Pichai memiliki peran kunci saat Google membeli pencipta termostat dan smoke-detector milik Nest seharga US$3.2 miliar pada tahun 2014. Kemudian ia menyerahkan Nest untuk projek rumah pintar Google.
  10. Sundar Pichai juga dikenal sebagai MC saat acara Google I/O dalam kurun beberapa waktu terakhir.
  11. Beberapa bulan terakhir sebagai Senior Vice President, Pichai menjadi PIC semua produk Google .
  12. Sebelumnya Pichai dikabarkan akan menggantikan Steve Ballmer sebagai CEO Microsoft. Namun kabar tersebut hanya isapan jempol belaka.
  13. Twitter berusaha untuk merekrut Pichai, namun Google membayar lebih besar yaitu US$50 juta pada saham Google untuk membuatnya tinggal di Google.
  14. Tahukan anda jika follower Pichai @sundarpichai mencapai 164,000 (dan diperkirakan akan terus bertambah) dan memiliki 2.8 juta pengikut pada Google+. Kebanyakan dari kicauannya adalah soal bola, namun akhir-akhir ini ia memposing banyak kata-kata “Terima kasih”.

Terpilihnya Sundar Pichai yang notabene menjadi orang India yang menduduki jabatan prestisius menambah sederetan orang India yang memiliki posisi penting. Ada beberapa orang India yang menduduki posisi penting. Sebut saja Satya Nadella yang merupakan pimpinan Microsoft, kemudian ada nama Ajay Banga yang merupakan CEO Mastercard. Nama Indira Nooyi melejit setelah menjabat sebagai CEO PepsiCo sejak 2006, bahkan oleh majalah Fortune dia dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh di urutan ketiga. Patut ditunggu bagaimana sepak terjang Sundar Pichai dalam memimpin Google. Yang paling penting lagi, inovasi apa yang akan dilahirkan oleh Pichai?

Leave a Response