close

Ini Perbedaan VoIP dan VoLTE yang Harus Diketahui

VoIP dan VoLTE

VoIP dan VoLTE merupakan sebuah cara baru dalam berkomunikasi. Voice over LTE atau VoLTE memiliki beberapa keuntungan apabila dibandingkan dengan panggilan voice konvensional, seperti setup call yang lebih cepat, sehingga akan lebih cepat terhubung; kualitas suara dengan definisi tinggi (high definition), sehingga suara lebih jernih; video call yang stabil dan mudah; mudah berpindah dari panggilan voice ke video call; serta telepon dan download bersamaan dengan kecepatan optimal.

VoIP dan VoLTE

Sebelum kehadiran VoLTE, alternatif lain dari panggilan voice konvensional adalah menggunakan Voice over Internet Protocol atau VoIP. Sederhananya, VoIP merupakan teknologi yang memungkinkan terjadinya panggilanvoice melalui internet. Beberapa aplikasi VoIP populer adalah Skype, WhatsApp, Line, Kakao, Viber, dan Tango. Lalu apa sebenarnya perbedaan antara VoIP dan VoLTE?

VoIP menumpang di atas aplikasi yang berjalan di jaringan internet, di mana hanya terdapat ‘pipa tunggal’ (single pipe) yang sama, baik untuk data maupun untuk real-time voice. Karena hanya ada pipa tunggal untuk dua jenis layanan tersebut, sehingga di tengah-tengah perjalanannya terdapat hal-hal yang berdampak pada berkurangnya kualitas VoIP itu sendiri. Itu alasan mengapa kualitas suara atau videonya kurang bagus.

Sedangkan VoLTE memiliki dedicated bearer untuk voice dan video. Dengan demikian, kualitasnya lebih bagus. Untuk diketahui, Smartfren saat ini merupakan operator telekomunikasi seluler pertama dan satu-satunya yang menawarkan layanan VoLTE. Pada 2016, cakupan jaringan 4G LTE Smartfren yang bertajuk 4G LTE Advanced menyelimuti 85 kota di Indonesia, termasuk Garut dan Tasikmalaya, di mana baru digelarnetwork drive test.

Leave a Response