close

Mengatasi Masalah Hibernate Pada Windows 7

[Mengatasi masalah Hibernate pada Windows 7] – Ketika anda mematikan komputer dalam keadaan “hibernate”, sistem operasi ini akan menyimpan semua konten yang ada pada memori komputer ke dalam drive penyimpanan. Ketika anda menyalakannya kembali dengan menekan tombol power, Windows akan mengembalikan semua keadaan seperti sebelum anda melakukan mode hibernasi. Semua program dan dokumen yang telah anda jalankan akan dimulai kembali tepat seperti waktu anda melakukan hibernasi. Perlu anda ketahui bahwa mode “hibernate” berbeda dengan mode “sleep”, mode “hibernate” sama sekali tidak memakan tenaga listrik atau bisa dikatakan mirip dengan posisi “shut down”, mode “sleep” memakan sedikit tenaga listrik.tutorial menghidarkan komputer dari black screen 6

Sayangnya beberapa isu sering muncul terkait mode “hibernate” ini, seperti ketika anda telah menggunakan komputer lebih dari 6 bulan, lalu anda menyalakannya kembali tapi anda menemukan bahwa PC atau laptop anda berada dalam keadaan “black screen” atau layar hitam dan tidak muncul apa-apa. Jika anda mengalami hal seperti ini berulang kali, kami memiliki panduan untuk mengatasi masalah Hibernate pada Windows 7.

Overview

Jika komputer anda mengalami masalah black screen setelah proses hibernate, bisa diambil sebuah kesimpulan jika ada beberapa masalah yang ada pada PC atau laptop anda. Sebenarnya masalah ini bukanlah masalah yang terlalu rumit, masalah yang ada berkisar diantara hardware, pengaturan sistem operasi dan pembaharuan driver hardware anda.

Anda tentu tidak perlu melakukan install ulang komputer berkali-kali ketika mengalami hal ini, menghindarkan Komputer dari black screen sebenarnya cukup simple. Berikut merupakan panduan mengatasi masalah Hibernate pada Windows 7 yang telah kami coba.

Mematikan Auto-Hide pada Taskbar

Hal ini memang simple, tapi percaya atau tidak, jika beberapa versi sistem operasi komputer memiliki bug (masalah) pada fitur auto-hide taskbar-nya. Hal ini bisa berakibat sistem anda menjadi diam atau tidak bisa digerakan ketika anda menyalakannya dari mode “hibernate”. Inilah bug yang seharusnya dibenahi oleh pihak Microsoft, mungkin bug ini tidak akan terjadi pada Windows 8. Namun, jika anda pengguna Komputer, maka untuk sekarang kami sarankan agar anda mematikan fitur ini. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menghindarkan komputer dari black screen.

tutorial menghidarkan komputer dari black screen 1
Mematikan Auto-Hide pada taskbar

Anda dapat mematikan fitur auto-hide taskbar dengan melakukan klik kanan pada area taskbar – pilih menu “properties” dari drop down menu yang muncul. Setelah itu, akan muncul sebuah menu properties dari taskbar anda, hilangkan tanda centang pada opsi “Auto-hide the taskbar” lalu klik tombol “OK”.

Perbaharui driver dari hardware anda

Agar anda bisa sukses saat melakukan hibernate, Windows harus menyimpan data dari hardware anda ke dalam drive penyimpanan anda dan mengembalikannya tepat setelah anda menekan tombol power, tanpa melalui proses boot-up yang normal dan proses pengenalan hardware. Proses ini sangat tergantung pada driver dari hardware anda, jadi masalah yang ada pada driver PC atau laptop anda dapat menyebabkan Komputer mengalami black screen. Selain itu, masalah yang ada pada driver dapat menyebabkan hardware anda tidak bekerja dengan benar setelah anda menyalakan laptop anda dari keadaan “hibernate”.

Menghindarkan komputer dari black screen, bisa dilakukan dengan memperbaharui driver dari hardware anda. Anda dapat mengunduh driver yang paling baru dari website pihak produsen hardware tersebut. Semua hardware yang ada pada komputer anda, terutama bagian motherboard dan video card butuh untuk diperbaharui driver-nya. Anda bisa melakukan pembaharuan driver langsung melalui Windows Update, meskipun banyak produsen hardware yang tidak menawarkan update driver terbaru mereka via Windows Update.

Cara ini merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dalam mengatasi masalah Hibernate pada Windows 7.

Memperbaiki pengaturan Hiberfil.sys

Ketika anda mematikan komputer anda dengan mode “hibernate”, Windows menyimpan memori dari sistem ke dalam file bernama Hiberfil.sys yang terletak di dalam drive C:\ anda. Jika file ini mengalami corrupt (rusak), bisa dipastikan jika proses hibernate yang ada tidak akan bekerja dengan benar. Untuk memperbaiki file Hiberfil.sys yang rusak (corrupt), anda bisa mematikan dan menyalakan kembali proses hibernate pada Windows anda. Windows akan menghapus file bernama Hiberfil.sys dan membuatnya kembali ketika anda menjalankan proses ini.

Untuk menjalankan proses ini, anda harus membuka jendela program Command Prompt anda dan berada pada keadaan administrator. Cara untuk membuka Command Prompt cukup mudah, klik menu “start” – ketikan Command Prompt pada menu “search” – lalu ­shortcut untuk Command Prompt akan muncul dan klik kanan pada shortcut tersebut – pilih opsi “Run as Administrator”. Lalu jalankan kedua perintah seperti yang anda pada gambar dibawah ini.

tutorial menghidarkan komputer dari black screen
Perintah hibernate off dan hibernate on pada Command Prompt

Jika drive C:\ anda penuh dan tidak terdapat tempat pada drive C:\ untuk file Hiberfil.sys, hal ini bisa menyebabkan masalah pada proses hibernate PC atau laptop anda. Pastikan jika terdapat beberapa space kosong pada drive C:\ anda, agar konten yang terdapat pada sistem memori (RAM) anda bisa diakomodir.

Jika anda telah melakukan proses ini, seharusnya anda bisa menghindarkan masalah Hibernate pada Windows 7.

Mencegah berbagai device yang mampu menghidupkan PC anda

Beberapa user yang mengalami kejadian black screen pada komputer saat mode hibernate, melaporkan jika mereka menemukan PC atau laptop-nya menyala secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebab pastinya. Jika anda mengalami kejadian yang sama, bisa dipastikan jika terdapat sebuah hardware dari PC atau laptop anda yang membangunkan komputer anda secara tiba-tiba tanpa anda ketahui prosesnya. Jangan panik, karena anda bisa mengkontrol semua perangkat yang memungkinkan untuk menghidupkan PC atau laptop anda pada Device Manager komputer anda.

Lalu bagaimana cara membuka device manager anda? Hampir sama dengan membuka Command Prompt tadi, buka menu “start” – ketikan “Device Manager” pada tab “search” lalu tekan tombol “enter”. Pada jendela Device Manager, luaskan pilihan menu “Network Adapters”, klik kanan pada “network adapter” dan pilih “Properties” pada drop down menu yang muncul. Pada tab Power Management, hilangkan tanda centang pada opsi “Allow this device to wake the computer”. Anda mungkin juga ingin mencoba pengaturan ini pada berbagai perangkat yang lain, seperti mouse dan keyboard.

tutorial menghidarkan komputer dari black screen
Cara menghindarkan komputer dari black screen melalui device manager

Selain cara diatas, anda bisa juga menjalankan perintah powercfg –devicequerywake_armed pada jendela Command Prompt anda, hal ini berguna untuk menampilkan perangkat yang memiliki kuasa untuk menyalakan komputer anda ketika berada dalam keadaan hibernate.

tutorial menghidarkan komputer dari black screen
Perintah powercfg -devicequerywake_armed pada Command Prompt

Sebagai catatan, beberapa perangkat peripheral dapat menyebabkan komputer menjadi black screen jika terhubung pada PC atau laptop anda. Kami menyarakan jika anda seharusnya mencabut semua peripheral tersebut ketika laptop atau PC anda berada dalam keadaan hibernate.

Mengatur Power Profile

Jika laptop atau PC anda mengalami mode hibernate ketika anda tidak menginginkannya atau anda tidak sengaja menekan opsi hibernate pada komputer anda, keep calm karena anda bisa menghindari hal ini terjadi pada kesempatan berikutnya. Anda dapat mengkontrol pengaturan hibernasi pada jendela Power Options komputer anda.

Lalu bagaimana cara mengatur mode hibernasi? Caranya hampir sama dengan beberapa langkah-langkah diatas. Tekan tombol “start” menu – ketikan “Power Options” pada tab “search” – lalu tekan tombol “enter” dan pilih power profile lalu klik tautan “Change advanced power setting”

tutorial menghidarkan komputer dari black screen
tutorial menghidarkan komputer dari black screen

Anda bisa mempertimbangkan fitur “hybrid-sleep”, fitur ini otomatis akan mematikan komputer anda jika komputer anda berada dalam keadaan tidak digunakan selama beberapa waktu. Jika anda tidak mengingikan fitur tersebut, anda bisa mematikannya pada pengaturan Power Options anda.

Sayangnya, jika laptop anda tidak mengalami proses hibernasi yang benar, hal ini mungkin disebabkan oleh kecocokan fitur hibernate dengan hardware laptop atau komputer anda. Anda bisa mencoba memperbaharui driver untuk memperbaiki masalah ini, beberapa produsen laptop memang tidak menyediakan cara-cara khusus agar masalah ini bisa terselesaikan dengan baik.

Anda pernah mengalami hal yang sama? Lalu bagaimana anda memperbaikinya? Apakah anda pernah menggunakan beberapa solusi yang kamu tawarkan? Anda bisa meninggalkan komentar soal masalah ini dan let us know

Leave a Response