close

Nokia C1: Smartphone Android Pertama Nokia

Nokia C1

Rumor yang beredar mengenai Nokia C1 nampaknya semakin besar. Smartphone Android pertama keluaran Nokia ini dikabarkan akan dirilis pada tahun 2016 mendatang. Dikatakan bahwa Nokia yang sebelumnya sempat tenggelam dan digantikan oleh Windows Phone, akan kembali ke pasar smartphone pada tahun 2016. Memang sebenarnya ponsel pintar dari Nokia yang telah diumumkan ke pasaran masih bagian dari konsep saja. Belum ada gambaran nyata yang menunjukkan bahwa smartphone tersebut akan benar-benar hadir.

Nokia C1

Salah satu gambaran smartphone dari Nokia yang telah tersebar di dunia maya adalah Nokia C1. Smartphone ini dikatakan akan menggunakan sistem operasi Android Lollipop. Jika benar terjadi, maka Nokia C1 akan menjadi smartphone Android pertama keluaran Nokia pasca diakuisi oleh Microsoft menjadi Windows Phone. Memang ada bagian dari Nokia yang tidak dibeli oleh Microsoft, sehingga produk yang satu ini tidak ada hubungannya dengan Microsoft. Nampaknya Nokia sedang mencoba peruntungan baru dengan menghadirkan perangkat-perangkat yang berbasis dengan sistem operasi milik Google tersebut.

Salah satu gambaran produk Nokia ialah Nokia C1 yang memiliki fitur-fitur cukup menarik seperti bentangan layar 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel yang didukung oleh teknologi IPS, sehingga sudut pandang akan lebih luas. Gambar juga akan terlihat lebih nyata dan jernih karena memiliki kepadatan 294 piksel per inci. Desain ponsel pintar ini terlihat mirip dengan tablet Nokia N1 yang telah dirilis pada beberapa tahun silam. Sudut-sudutnya melengkung dan batas tepi layarnya cukup tipis.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Nokia C1 dipersenjatai dengan RAM sebesar 2 GB dan memori internal sebesar 16 GB. Tentu saja kinerja pengguna akan semakin cepat dan stabil, sehingga kegiatan multitasking akan mudah dijalankan. Sedangkan kamera utamanya memiliki resolusi sebesar 8 MP dan kamera depan 5 MP yang disertai dengan LED Flash dan auto focus. Kualitas kamera dengan resolusi yang cukup tinggi cukup mumpuni digunakan untuk selfie maupun video call. Untuk dapur pacunya, smartphone ini menggunakan prosesor dari Intel Atom yang dikombinasikan dengan OS Android 5.0 Lollipop, sedangkan interface-nya menggunakan Nokia Z Louncher. Beberapa fitur lainnya yang disediakan Nokia antara lain Wi-Fi, Bluetooth, GPS, jaringan 3G, port USB, dan aplikasi default.

Jika ponsel ini benar-benar dirilis, nampaknya akan menjadi smartphone kelas menengah yang dimiliki oleh Nokia. Namun sayangnya Perusahaan asal Finlandia tersebut belom memberikan konfirmasi, apakah smartphone ini masih berada di dalam tahap uji coba atau tidak. Namun jika melihat spesifikasi dari konsep Nokia C1, diperkirakan smartphone ini akan dijual di Indonesia dengan kisaran harga sekitar Rp 5 juta.

Leave a Response