close

Asus Zenfone 4: Seri Terkecil dari Keluarga Zenfone

Zenfone-4

Zenfone-4Asus Zenfone 4 merupakan produk yang paling kecil dan paling murah dalam keluarga Asus Zenfone. Zenfone 4 menggunakan layar sebesar 4 inci. Dengan prosesor yang memiliki arsitektur sama dengan Zenfone 5, Zenfone 4 diharapkan mampu memberikan sesuatu tersendiri untuk para konsumen Android. Zenfone 4 dibandrol dengan harga yang cukup murah, namun tidak memiliki kualitas yang murahan. Apakah kemampuan Zenfone 4 sesuai dengan harga yang ditawarkan? Anda bisa membaca ulasan lengkap dari kami.

Overview

Asus Zenfone 4 merupakan ponsel yang berada pada kisaran harga yang cukup bisa dijangkau oleh masyarakat luas. Dengan beberapa perubahan yang dilakukan dari ponsel sebelumnya, yaitu Asus Fonepad dan Padfone, Zenfone 4 memiliki tampilan yang cukup kecil dan simple.

Zenfone 4 hanya dibandrol dengan harga sekitar 1 jutaan. Meski dengan harga yang murah, Asus bisa berkompetisi dengan ponsel-ponsel yang memiliki harga lebih mahal seperti Motorola Moto G. Mungkin Asus Zenfone 4 jauh dari kata sempurna dan memiliki beberapa permasalahan di berbagai area. Bagaimanapun juga, dengan harga yang cukup murah, Zenfone 4 bukanlah ponsel yang buruk pada rentang harga 1 jutaan.

Review Asus Zenfone 4

1. Desain

Zenfone-4
Desain bagian depan Asus Zenfone 4

Dari segi desain, Zenfone 4 bisa dibilang tidak seberapa buruk. Menggunakan layar sebesar 4 inci, dengan bodi belakang yang melengkung. Dengan desain, yang minimalis dan bodi belakang yang melengkung, membuat smartphone ini mudah dipegang dengan 1 tangan dan pengguna juga bisa menyentuh tombol-tombol ergonomic dengan 1 tangan. Pada bagian belakang, bodi menggunakan bahan plastik yang berwarna doff, tutup bodi bagian belakang ini bisa dilepas. Untuk desain tombol volume dan power berbentuk lingkaran dan menggunakan bahan metalik. Pada semua smartphone yang berada dalam kategori Zenfone, terdapat bagian yang memantulkan sinar dan terbuat dari plastik dibagian bawah ponsel. Ponsel pintar ini memiliki berat sebesar 115g dan terasa cukup padat. Meski dengan harga yang murah, ponsel ini tetap terlihat cantik, stylish dan kuat.

Zenfone-4
Desain bagian belakang Asus Zenfone 4

Desain speaker dari Asus Zenfone 4 ini sedikit berbeda dengan kebanyakan ponsel lainnya, speaker berada tepat di sebelah kanan dari kamera belakang. Sayangnya dengan desain speaker yang seperti ini, membuat speaker terkadang tertutup dengan tangan ketika memainkan musik atau video. Slot microUSB terletak pada sisi kiri pada bagian atas. Sedangkan untuk port jack 3.5mm terdapat pada bagian atas.

2. Fitur

Seperti semua tipe Asus Zenfone lainnya, Zenfone 4 juga menggunakan Zen UI untuk tampilan antarmuka-nya. Zenfone 4 juga menggunakan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean. Tidak seperti tampilan antarmuka lainnya, Zen UI seperti membawa perubahan tersendiri untuk tampilannya. Dengan menggunakan Zen UI, tampilan serasa lebih bersih dan setiap sentuhan berasa nyaman, tanpa mengurangi rasa sistem operasi Android, sehingga pengguna baru pun tidak akan bingung menggunakan antarmuka Zen UI.

Zenfone-4
Antarmuka menu dari Zen UI

Ketika menggunakan Zen UI, anda akan menemukan menu aplikasi (app drawer) seperti biasa untuk menampilkan beberapa aplikasi dan widget yang terpasang. Ketika anda menekan homescreen dengan lama, sistem akan memunculkan pengaturan untuk merubah tampilan dari homescreen anda, tak hanya itu pengguna bisa merubah widget yang terdapat pada homescreen dan berbagai jalan pintas bisa dihilangkan dengan menggeser ikonnya menuju ke ikon tempat sampah.

Zenfone-4
Antarmuka homescreen dari Zen UI

Dengan harga yang rendah, Asus Zenfone 4 memiliki beberapa fitur yang bisa dibilang cukup berguna meskipun anda merupakan pengguna yang membutuhkan aktivitas ponsel yang lebih dari sekedar user biasa. Asus juga menyediakan Asus WebStorage untuk pengguna Zenfone 4. Asus WebStorage merupakan sebuah layanan penyimpanan berbasis cloud yang memperbolehkan pengguna Zenfone untuk bisa melakukan back up, sinkronisasi aplikasi dan membagikan berbagai berkas.

3. Layar

Pengguna Zenfone 4 akan mendapatkan layar dengan tingkat kecerahan yang cukup untuk ukuran ponsel di kelasnya. Zenfone 4 juga memiliki fitur layar dengan resolusi sebesar 480 x 800 dan diberikan perlindungan Corning Gorilla Glass 3, dengan perlindungan tersebut layar anda akan aman dari goresan ataupun benturan. Layar dari Zenfone 4, cukup untuk pengguna yang kesehariannya hanya menggunakan ponsel untuk pekerjaan-pekerjaan yang ringan seperti melakukan panggilan telepon, mengirimkan pesan, sosial media dan berkirim email. Untuk anda yang hobi dengan game dan menonton video, layar dari Zenfone ini kurang mendukung, hal tersebut dikarenakan resolusi layar yang tergolong kecil dan ukuran layar yang juga tidak terlalu besar.

Sayangnya, tingkat kecerahan layar yang tinggi tidak mampu mendukung penggunaan telepon di bawah sinar matahari langsung. Pengguna tidak akan melihat tampilan ponsel dengan jelas jika berada dalam keadaan outdoor. Asus memberikan sebuah aplikasi bawaan bernama Splendid, aplikasi ini bisa membantu anda meningkatkan kualitas tampilan layar anda. Hanya saja, kualitas tampilan masih belum terasa maksimal meski telah menggunakan aplikasi ini.

4. Performa

Zenfone 4 menggunakan prosesor dual-core dari Intel Atom Z2520 dengan kecepatan sebesar 1.2 GHz. Dengan dukungan prosesor yang cepat, Zenfone 4 juga didukung dengan RAM sebesar 1 GB. Dengan prosesor dan RAM seperti ini, diatas kertas Zenfone 4 mampu mengatasi berbagai kebutuhan pengguna. Namun, dalam kenyataannya, Asus Zenfone 4 sedikit lebih lambat jika dibandingkan dengan Motorola Moto E dan Nokia Lumia 530.

Zenfone-4
Hasil benchmark tes dari Asus Zenfone 4

Jika digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti penggunaan untuk internet, termasuk penggunaan untuk media sosial, Zenfone 4 masih nyaman untuk digunakan. Zenfone 4 membutuhkan waku yang cukup lama untuk bisa berjalan dari keadaan mati, ke keadaan menyala. Beberapa aplikasi yang berat, tidak bisa dimulai secara cepat, dan beberapa aplikasi tersebut membutuhkan waktu respon yang lama.

Zenfone 4 memiliki tempat penyimpanan internal sebesar 8 GB dan hanya tersisa 5 GB untuk pengguna. Anda bisa meningkatkan tempat penyimpanannya dengan menambahkan microSD hingga 64 GB. Anda bisa melakukan pengaturan untuk secara otomatis agar sistem menyimpan beberapa aplikasi ke dalam SD card.

5. Kamera

Zenfone-4
Hasil kamera dari Asus Zenfone 4

Kualitas gambar dari kamera sebesar 5 MP milik Asus Zenfone 4 ini tidak terlalu bagus. Dalam mode auto, kamera tetap bisa menjaga hasil agar memiliki noise yang sedikit dan menghasilkan gambar yang bisa dibilang cukup (tidak terlalu bagus dan tidak terlalu jelek). Hasil gambar mungkin bisa terlihat membosankan, namun hasil tersebut bisa dibilang cukup bagus untuk kamera dengan harga yang rendah. Terdapat mode pengambilan gambar yang cukup bagus seperti panorama, GIF animation dan HDR. Mode-mode tersebut mungkin tidak akan anda temukan pada ponsel yang memiliki harga yang sama. Hanya saja, hasil tangkapan kamera dari mode HDR masih mengandung banyak noise dan cenderung tidak natural.

Pada kamera bagian depan, Asus memberikan kamera sebesar 0.3 MP. Tampaknya hal tersebut merupakan salah satu keunggulan, karena pada ponsel yang memiliki harga yang sama, sangat jarang sekali memberikan fasilitas kamera depan.

Kesimpulan

Asus Zenfone 4 merupakan ponsel dengan ukuran yang cukup kecil. Tapi hal tersebut sesuai dengan uang yang akan anda keluarkan. Zenfone 4 memiliki kekurangan pada resolusi layar yang kecil dan ukuran layar yang kecil pula. Namun prosesor dan hasil tangkapan kamera tidak bisa diremehkan. Meski begitu, masih banyak lagi hal yang bisa di explore dari Zenfone 4. Desain dan kualitas dari bodi Zenfone 4 bisa dibilang yang terbaik untuk kisaran harga 1 jutaan. Selain itu, tampilan dari Zen UI dangat mudah untuk digunakan dan beberapa fitur-fitur dasar bisa berjalan dengan sangat halus.

Jika anda memiliki dana yang terbatas, dan ingin mencari ponsel Android yang cukup bertenaga dan juga bagus dari segi antarmuka sistem, Zenfone 4 bisa menjadi pilihan yang bagus.

 

Leave a Response