close

OS X Yosemite: Sistem Operasi Baru yang Terlihat Lebih Fresh

os x yosemite 9OS X Yosemite – Apple baru saja mengeluarkan sistem operasi untuk dekstop versi terbarunya, OS X Yosemite. Sistem operasi yang memiliki versi 10.10.1 di kabarkan memiliki beberapa keunggulan yang cukup besar dibandingkan dengan versi sebelumnya. Baru-baru ini OS X Yosemite mendapatkan pembaharuan terkait beberapa masalah (bug) yang di alami oleh beberapa pengguna, antara lain seperti masalah Wi-Fi, email, Back to My Mac dan beberapa fitur-fitur yang menyangkut masalah keamanan lainnya. Yosemite mewarisi kelebihan beberapa sistem operasi pendahulunya dan bahkan kini bisa disebut sebagai sistem operasi terbaik yang ada di dunia.

Overview

os x yosemite
Wallpaper dan tampilan awal OS X Yosemite

Tentu saja sistem operasi terbaru ini menjadi manifestasi yang cukup baik bagi Apple. Apple memberikan sistem operasi ini secara gratis untuk semua orang yang menggunakan produk Mac yang dibuat minimal tahun 2008. Tapi hal ini tidak bisa dipungkiri jika OS X Yosemite bekerja lebih maksimal dengan perangkat-perangkat terbaru. Hal ini terbukti dengan booting sistem operasi Yosemite yang mampu berjalan lebih cepat pada MacBook Pro Retina Display dibandingkan dengan MacBook Pro tahun 2010.

os x yosemite
Dock dengan ikon datar pada OS X Yosemite

Sistem operasi terbaru ini lebih konsisten, manajemen memori yang bersih dan sangat familiar dengan ikon-ikon datar. Tentu saja dengan perubahan seperti itu, membuat pengguna sistem operasi Yosemite lebih nyaman. Beberapa fitur baru seperti pemberian catatan dan tanda pada email dan preview terlihat lebih halus. Tak hanya itu, terdapat salah satu fitur yang sangat mengejutkan, dengan menggunakan OS X Yosemite, anda bisa menggunakan iPhone atau iPad anda yang menggunakan iOS 8.1.1 berfungsi sebagai perangkat tambahan. Ini berarti, anda bisa menjawab panggilan masuk pada iPhone anda melalui mic dan speaker dari perangkat Mac anda. Atau anda bisa membuat pesan email dengan OS X anda, lalu anda mengirimnya dengan menggunakan iPad atau iPhone. Windows 8.1 memiliki kemampuan seperti ini, sayangnya kemampuannya tidak secepat ini dan hasilnya tidak sehalus milik Apple.

Fitur terbaru tersebut memperbolehkan komunikasi antara sistem operasi dengan sistem operasi lainnya secara maksimal.

Seperti biasanya, pembaharuan untuk OS X berarti pihak Apple memperkenalkan beberapa fitur baru yang sebelumnya memang tidak ada pada OS X Yosemite. Mungkin fitur tersebut tidak banyak, tapi anda tetap harus mempelajarinya agar mampu menggunakan perangkat Mac anda dengan maksimal. Hasil tampilan yang cukup bagus, elegan dan efisien menjadi andalan OS X Yosemite, bahkan sistem operasi ini mampu terlihat jauh lebih bagus pada MacBook yang memiliki teknologi Retina Display.

Tidak hanya tampilan layar dan antar muka yang cukup bagus, fitur-fitur yang terdapat pada OS X Yosemite bisa dibilang tidak kalah hebat atau bahkan yang paling hebat untuk saat ini.

Mengenal OS X Yosemite

Setelah sekilas mengetahui hal-hal umum tentang OS X Yosemite, kini kita beranjak untuk mengenal lebih jauh mengenai fitur-fitur yang di tawarkan oleh pihak Apple dengan sistem operasi terbarunya. Apple mengklaim jika pengguna yang sebelumnya telah menggunakan perangkat Mac lainnya seperti iPhone atau iPad akan mendapatkan berbagai kemudahan tambahan.

1. Fitur Continuity dan Handoff

Pertama, tentu saja kita membahas inovasi yang spektakuler pada OS X. Seperti biasanya, Apple selalu hadir dengan perbedaan-perbedaan yang mencolok di tiap produknya. Fitur yang satu ini bernama Continuity. Dengan menggunakan OS X Yosemite ini anda bisa melakukan komunikasi antar sistem operasi. Jika iPhone anda yang menggunakan sistem operasi iOS 8.1 terhubung dengan perangkat Mac anda dalam 1 jaringan Wi-Fi dan terhubung pada 1 akun iCloud, anda memiliki opsi untuk bisa menerima panggilan dengna menggunakan perangkat Mac (MacBook / iMac) anda. Baik iPhone dan perangkat Mac tersebut akan berdering (Dengan ringtone yang sama) dan notifikasi akan muncul pada bagian atas layar desktop Mac anda. Anda bisa memilih tombol Accept untuk menerima panggilan, lalu bagaimana caranya agar suara kita bisa di dengar? Yosemite memperbolehkan pengguna menggunakan speaker dan microphone dari perangkat Mac anda. Selain menerima panggilan, anda juga bisa melakukan panggilan dengan menggunakan perangkat Mac anda. Tampaknya tidak hanya melakukan panggilan, tapi juga bisa mengirimkan pesan atau email.

os x yosemite
Fitur Continuity pada OS X Yosemite

Beranjak dari fitur Continuity, fitur selanjutnya adalah Handoff. Fitur ini memperbolehkan anda mengetik pesan atau email dengan menggunakan perangkat Mac anda dan mengirimnya dengan menggunakan Mac. Jadi ketika iPhone/iPad anda terhubung dalam 1 jaringan Wi-Fi dengan perangkat Mac anda, hal tersebut sangat bisa dilakukan. Anda juga bisa melakukan hal sebaliknya, jadi anda bisa mengetiknya pada perangkat Mac anda, lalu bisa anda kirim ke dalam iPhone anda. Tidak hanya pada fitur pesan, Handoff juga bisa bekerja dengan seluruh aplikasi pada OS X, termasuk Safari, Kontak, Pengingat, Maps, Page, Keynote dan sebagainya.

Salah satu yang menjadi kelemahan kecil dari fitur Handoff adalah ketika anda mengetikan pesan pada aplikasi Messages pada iPhone/iPad anda, anda bisa membawa seluruh percapakan anda sebelumnya ke dalam perangkat Mac anda. Hal tersebut tidak bisa dilakukan terhadap email yang ada.

Salah satu hal yang cukup berguna bagi anda yang suka berpergian adalah mampu membuat iPhone anda sebagai Internet hotspot via Bluetooth. Dengan OS X Yosemite dan iOS 8.1 hal tersebut sangat mungkin terjadi. Sayangnya, terkadang masalah pair (mencocokan) Bluetooth kedua perangkat ini cukup sulit, tapi ketika sudah tersambung anda akan mendapatkan kenyamanan yang tidak pernah anda rasakan pada sistem operasi sebelumnya.

2. Tampilan yang fresh dan baru

Selama beberapa tahun terakhir ini, OS X tidak tampil dalam kondisi yang maksimal, selalu saja terdapat beberapa fitur antar muka yang tidak konsisten. Kami kira, saat ini untuk pertama kali, seluruh aspek sistem operasi Apple memiliki tampilan yang konsisten dan terlihat sangat berbeda dengan berbagai versi sebelumnya. Terlihat lebih fresh dan baru.

Seperti pada sistem operasi iOS 8.1, OS X Yosemite juga mengandalkan ikon datar sebagai pemanis antar muka yang ada. Antar muka yang ada kini jauh lebih tertata dan terlihat menarik. Dengan batas antara ikon aplikasi dengan lainnya yang dihilangkan, dock berbentuk 3D yang juga di ubah menjadi ikon datar. Hampir semua toolbar yang anda kini dikurangi dan diganti dengan beberapa tombol dan ikon. Selain itu beberapa toolbar kini juga di gabung menjadi satu agar tidak terlihat monoton dan terkesan banyak. Dengan tampilan seperti ini toolbar yang anda menjadi lebih konsisten dan terlihat elegan.

Satu hal yang kami suka adalah peletakkan baris pencarian pada milik Safari. Baris pencarian pada Safari kini diletakkan di tengah, dengan begitu terlihat tidak lagi mengganggu atau pun juga bertabrakan dengan berbagai ikon lainnya. Selain itu aplikasi kalkulator pun juga berubah tampilan, kini kalkulator tampil dengan gaya ikon datar sehingga terlihat lebih elegan dan eye catching.

Tombol berwarna merah, kuning dan hijau yang terletak pada bagian kiri jendela aplikasi sekarang terlihat lebih konsisten di semua jendela. Kini, ketika anda meletakkan pointer mouse anda pada tombol tersebut, maka akan muncul sebuah ikon yang menandakan tugas dari tombol tersebut. Seperti sebelumnya, ikon berwarna merah untuk menutup aplikasi, ikon berwarna kuning untuk meminimalkan jendela aplikasi dan ikon berwarna hijau untuk memperbesar jendela aplikasi. Kini sudah tidak ada lagi tombol arah yang terletak pada bagian kanan atas jendela aplikasi yang memiliki fungsi untuk memaksimalkan jendela aplikasi. Fitur tersebut telah di gantikan secara konsisten dengan tombol berwarna hijau tersebut.

Untuk jenis font yang terdapat pada OS X kali ini, Apple menggantikan font berjenis Lucida Grande dengan font Helvetica Neue, font yang sama yang digunakan pada iOS 8.1. Menurut kami, font jenis terbaru ini lebih lebar dan mudah dibaca serta font ini cocok dengan desain yang baru yang terkesan lebih minimal namun tetap elegan, mudah dibaca dan enak dilihat. Mungkin inilah letak perubahan yang sesungguhnya, Apple kini terlihat lebih fokus ke dalam konter aplikasi dan sedikit mengembangkan sistem operasi tersebut.

3. Fitur Today dan Tomorrow

Dengan membawa beberapa ide yang ada pada iOS terbaru, OS X Yosemite membawa sebuah fitur bernama Today yang mampu menampilkan panel notifikasi pada bagian kanan layar. Pengguna bisa mengakses panel notifikasi ini dengan menekan ikon notifikasi pada bagian kanan atau melakukan swipe dengan dua jari pada trackpad MacBook. Panel notifikasi ini memberikan berbagai pemberitahuan seperti, kegiatan pada kalender anda, pengingat, cuaca, stock, kalkulator dan jam. Selain itu juga terdapat widget yang mampu menghubungkan anda dengan akun sosial media milik anda, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn atau Apple’s Messages. Bagi anda yang memiliki kegiatan yang harus dicatat, fitur Today sangat cocok sebagai pengingat.

os x yosemite
Fitur Today pada OS X Yosemite

Fitur Today view ini menggantikan hampir seluruh Dashboard yang ada pada OS X versi sebelumnya, sayangnya anda tidak bisa menggunakan widget Dashboard kembali ketika anda telah menggunakan fitur Today view. Jika anda membeli perangkat Mac baru yang telah terpasang sistem operasi OS X Yosemite, anda tidak akan pernah lagi melihat ikon Dashboard pada dock. Jangan khawatir, anda tetap bisa menemukan fitur tersebut dengan cara mencarinya melalui baris pencarian bernama “Spotlight”, ketikan saja Dashboard lalu tekan Enter dan anda akan menemukan widget Dashboard memenuhi layar anda seperti biasanya. Namun, jika anda memperoleh OS X Yosemite dengan cara melakukan pembaharuan dari versi sebelumnya, seluruh widget anda pada sistem operasi sebelumnya akan terpasang sama rapinya, begitu juga widget Dashboard.

os x yosemite
Fitur Dashboard yang mulai ditinggalkan pada OS X Yosemite

Salah satu perubahan yang paling besar pada Yosemite adalah baris pencarian yang baru bernama “Spotlight”. Spotlight memang sudah lama, tapi kini tampilan dan fiturnya jauh lebih baru. Spotlight lama yang terletak pada jendela kanan atas, kini berganti menjadi ke tengah dari layar anda ketika anda melakukan pencarian. Tampil dengan jendela aplikasi yang lebih besar, fitur Spotlight pun juga bertambah. Spotlight kini memiliki kemampuan untuk bisa mencari kata-kata yang anda inginkan pada Wikipedia, tak hanya itu, Spotlight juga melakukan pencarian pada iTunes, Map (peta) dan konversi mata uang. Bisa di coba dengan mengetikan “100 euros” pada Spotlight, widget ini akan menampilkan konversi mata uang pada Rupiah atau Dollar.

os x yosemite
Spotlight pada OS X Yosemite

4. Fitur Mail, Markup, Finder dan Berbagi Apps Lain yang Meningkat

Aplikasi email kini terlihat lebih enak dipandang dan juga terdapat fitur berbagi dengan Preview terlebih dahulu. Fitur tersebut merupakan fitur Markup, dengan menggunakan fitur Markup anda bisa menambahkan berkas seperti gambar dan dokumen PDF sebelum mengirim pesan elektronik tersebut. Dengan fitur Markup anda juga bisa melakukan editing pada gambar dengan fitur-fitur simple seperti pen, magic wand untuk melakukan seleksi, pemberian kata dan sebagainya.

Fitur baru lainnya pada aplikasi Mail adalah perawatan otomatis pada pengaturan akun anda, hal ini berarti anda secara otomatis melakukan pembaharuan pada alamat mail server anda ketika ISP anda memiliki kemampuan untuk menggantinya. Opsi ini secara default telah diatur oleh Apple ketika anda menggunakan OS X Yosemite. Jika secara otomatis pengaturan alamat server salah, anda bisa mematikan opsi ini pada pilihan tab Advanced.

Banyak pengguna yang melaporkan bahwa akun email mereka tidak berfungsi seperti selayaknya ketika menggunakan OS X Yosemite. Namun hal tersebut teratasi ketika Apple mengeluarkan pembaharuan terbaru sistem operasi Yosemite menjadi 10.10.1. Pembaharuan ini mengatasi berbagai masalah (bug) pada aplikasi email seperti Google Apss ataupun Microsoft Exchange. Selain itu masalh sinkronisasi pada kalender sistem juga bisa diatasi dengan baik.

Berbicara mengenai sinkronisasi, kini OS X dan iOS lebih mudah tersinkronisasi dan mampu berbagi berbagai berkas pada iCloud milik Apple. Satu hal yang juga baru, kini iCloud bisa tampil pada Finder dari perangkat Mac anda. Sama seperti Drive penyimpanan lainnya, iCloud tampil dengan hirarki folder yang telah anda atur sebelumnya, hanya saja hirarki folder-folder tersebut berbentuk virtual, dengan begitu kita tidak bisa menggunakan fitur “Go To Folder” yang ada pada Finder. Kita tetap membutuhkan koneksi internet untuk bisa mengakses folder atau file yang terdapat pada iCloud. Dengan menggunakan OS X Yosemite, anda bisa melakukan fitur Family Sharing seperti mirip iOS 8.1. Fitur ini memperbolehkan anda menggunakan 1 akun iCloud untuk bisa mengakses iTunes atau Apps Store, maksimal untuk 5 orang. Salah satu hal terbaik yang bisa anda nikmati adalah anda kini bisa mengakses drive penyimpanan dan berbagai foto pada Web browser anda dengan cara masuk ke dalam icloud.com terlebih dahulu. Jika ingin kembali, anda bisa menggunakan menu Back to My Mac.

os x yosemite
Tampilan Finder pada OS X Yosemite

Integrasi antara aplikasi yang ada pada OS X kini makin impresif dan menjadi lebih baik. Contohnya, aplikasi kalender kini mampu menampilkan lokasi dari sebuah even yang ada. Anda bisa menekan map tersebut untuk mendapatkan tampilan map yang lebih besar dan jelas, tentu saja anda masuk ke dalam aplikasi Maps. Tidak hanya sampai disitu, anda juga bisa diberitahu lama waktu berkendara dari rumah menuju ke tempat lokasi even tersebut. Hal tersebut membuktikan bahwa antara aplikasi kalender dan map terintegrasi dengan baik.

os x yosemite
Integrasi antara aplikasi Kalender dan Maps pada OS X Yosemite

Beberapa hal kecil diubah oleh Apple untuk mempermudah kerja pengguna, seperti dukungan RSS yang ada pada Safari dan fitur preview pane yang kini tersedia pada Finder. Selain itu, anda tidak perlu mengintegrasikan perangkat Mac anda dengan Drive penyimpanan cloud lainnya, karena sekarang iCloud pada Yosemite bisa dengan mudah membaca berkas-berkas tambahan dari email untuk bisa langsung di simpan di server iCloud.

Kesimpulan

OS X Yosemite di awal peluncurannya menuai banyak sekali kritik dikarenakan masalah (bug) yang terdapat pada sistem operasi terbaru ini cukup banyak. Namun, pihak Apple menjawabnya dengan memberikan pembaharuan untuk Yosemite. Dengan pembaharuan tersebut, kini Yosemite bisa dianggap salah satu sistem operasi desktop terbaik. Apple juga sepertinya keluar dari kebiasaan-kebiasaan sebelumnya. Dengan tampilan yang serba menggunakan ikon datar, Apple mengubah tampilan OS X yang sebelumnya terlihat lebih animatif, menjadi lebih smooth (halus) dan interaktif.

Selain hadir dengan tampilan yang lebih baik, halus dan interaktif, Apple menghadirkan beberapa fitur-fitur yang mampu memudahkan para penggunanya. Apple seperti melakukan sinkronisasi antara sistem operasi mobile dan sistem operasi desktop yang mereka buat. OS X Yosemite mampu bekerja sama dengan baik dengan iOS 8. Bahkan beberapa fitur diantara kedua sistem operasi ini bisa digunakan secara bersamaan.

Dengan berbagai fitur yang hebat dan tampilan yang indah, kami rasa OS X Yosemite patut untuk anda coba.

1 Comment

Leave a Response