close

Fujitsu ScanSnap iX500: Fitur Lengkap dan Fleksibel

Fujitsu-ScanSnap-ix500Fujitsu kini bisa dibilang sebagai salah satu market leader untuk pasar scanner. Bagaimana tidak, inovasi dari setiap produk yang di luncurkan cenderung inovatif, fleksibel dan memiliki banyak fitur (kompleks). Salah satu produk terbaru dari Fujitsu adalah Fujitsu ScanSnap iX500. ScanSnap iX500 memiliki kemampuan yang cukup kompleks dan mampu menjadi scanner dokumen untuk kebutuhan personal atau kantor yang relatif kecil. Kecepatan dari scanner ScanSnap iX500 saat kita lakukan tes cenderung cepat dan hampir tidak ada jeda pemrosesan. Scanner ini juga memiliki kemampuan pengenalan teks dan kartu bisnis dengan baik. Scanner Fujitsu ScanSnap iX500 memiliki bentuk yang cukup kuat dan terlihat glamour. Dengan fitur yang cukup kompleks, scanner ini bisa digunakan untuk anda yang menginginkan scanner dengan harga menengah ke bawah untuk penggunaan personal atau kantor dengan skala yang kecil.

Overview

Scanner Fujitsu ScanSnap iX500 merupakan suksesor dari ScanSnap tipe sebelumnya yaitu, Fujitsu ScanSnap S1500. Tentu saja Fujitsu tidak akan mengeluarkan produk baru tanpa adanya pembaharuan dan peningkatan performa. ScanSnap iX500 memiliki performa dan fitur yang lebih dibandingkan dengan tipe sebelumnya. Fujitsu ScanSnap iX500 memiliki kecepatan memindai dokumen sebesar 25 halaman per menit. Didukung dengan koneksi via Wi-Fi dan USB 3.0 yang mampu menambah kecepatan pindai (scan). Selain itu, ScanSnap iX500 memiliki kemampuan untuk bisa melakukan scanning dari aplikasi mobile milik Android atau iOS. Di dukung pula dengan kemampuan melakukan scan secara langsung tanpa perlu melalui komputer, selain itu pengguna juga bisa melakukan scanning langsung via situs berbasis cloud seperti evernote, dropbox dan sebagainya. Sistem menu yang ditingkatkan serta paper feeding (cara masuk kertas) yang berkembang, membuat printer ini jarang melakukan kesalahan atau merusak kertas saat beroperasi.

Fujitsu-ScanSnap-ix500
Bodi Fujitsu ScanSnap iX500

Jadi bisa dikatakan jika kualitas dari Fujitsu ScanSnap yang satu ini lebih tinggi dari tingkatan yang ada pada serinya. Kerja perangkat scanner ini memang terlihat simple, namun sebenarnya tidak sesimple apa yang kita lihat. Fujitsu memberikan kompleksitas fitur namun tetap bisa memudahkan para pelanggannya, inilah hal yang patut kita apresiasi. Dengan berbagai tipe dokumen yang cukup bervariasi, mulai dari ukuran dan bentuknya, scanner ini mampu mengubah dokumen biasa menjadi dokumen digital hanya dengan menekan 1 tombol saja. Dengan fitur ini, anda mendapatkan kemudahan dan performa yang cukup bagus.

Jika di bandingkan dengan suksesornya, Fujitsu iX500 memiliki bentuk yang lebih menarik. Di dominasi dengan warna hitam mengkilat yang menjadi background-nya, Fujitsu iX500 memiliki desain yang terkesan mewah. Material bodi-nya pun juga relatif substansial tanpa membuat pengguna merasa berat jika memindahkan scanner ini. Jika berbicara masalah ukuran, ScanSnap iX500 memiliki ukuran yang hampir sama dengan S1500.

Fujitsu ScanSnap S1500 merupakan model lama, namun sepertinya Fujitsu masih menyukai bentuk modelnya sehingga di terapkan pada Fujitsu ScanSnap iX500. Namun tentu saja pihak Fujitsu menambahkan berbagai fitur baru yang mampu meningkatkan kinerja. Fitur seperti paper handling untuk mengatasi penarikan kertas ganda juga hadir Fujitsu ScanSnap iX500. ScanSnap iX500 ini mampu mengatasi dokumen yang memiliki ukuran mulai dari A8 hingga A4, untuk A3 bisa ditangani dengan menggunakan perangkat tambahan bernama Carrier Sheet. Carrier Sheet sendiri merupakan aksesoris tambahan yang mampu membuat scanner ini membaca kertas A3 dengan sama baiknya ketika kita menggunakan kertas A4. Fujitsu ScanSnap iX500 memiliki kemampuan untuk bisa meluruskan kertas dan menghilangkan halaman kosong.

Review Fujitsu ScanSnap iX500

1. Performa

Ketika membahas sebuah scanner, tentu saja kita tidak bisa lepas dari yang namanya performa. Performa suatu scanner mampu mendefinisikan cara kerja scanner tersebut. Performa fujitsu iX500 memiliki efektivitas yang sedikit berbeda dengan Fujitsu ScanSnap S1500. Fujitsu iX500 unggul dalam aspek kemampuan kerjanya.

Fujitsu-ScanSnap-ix500
Fujitsu ScanSnap ix500 memiliki kecepatan cetak yang tinggi

Perbedaan dengan versi sebelumnya sangat susah untuk ditentukan. Anda bisa melihat perbedaan tersebut pada bagian dalamnya. Jika kita amati, lid pada iX500 telah di ubah untuk bisa bekerja lebih baik jika dibandingkan S1500. Lid pada iX500 memiliki prosesor yang lebih handal, dengan begitu otomatis kecepatan pindai-nya pun lebih cepat 25% dibandingkan dengan S1500. Selain itu, ditambah dengan kehadiran interface USB 3.0 membuat printer ini menjadi lebih cepat.

Selain kecepatan pemrosesan yang bertambah, kecepatan akses dokumen pun juga bertambah. Jika menggunakan S1500 anda cuma mendapatkan kecepatan maksimal sebesar 24,9 ppm, pada Fujitsu ScanSnap iX500 anda bisa meningkatkan kecepatan hingga 32,6 ppm. Peningkatan kecepatan yang bisa di bilang cukup signifikan.

2. Sensor

Perkembangan yang juga cukup signifikan adalah perubahan dari sensor warna pada ScanSnap iX500. Fujitsu ScanSnap iX500 sudah tidak lagi menggunakan CCD sebagai sensor warna namun digantikan dengan menggunakan teknologi CIS (Colour Image Sensor). Teknologi CIS sendiri sebenarnya telah lama di sarankan untuk mendapatkan garis gambar yang bagus, tapi hasil yang ditampilkan menjadi sedikit kurang karena reproduksi warna yang kurang maksimal dan terdapat titik yang muncul pada hasil. Namun tampaknya Fujitsu telah memperbaiki kesalahan ini tersebut, sehingga berani mengeluarkan produk yang menggunakan sensor tersebut. Teknologi CIS yang dimiliki oleh iX500 terlihat lebih realistis walau masih terdapat beberapa bagian yang terlihat pucat. Jika berbicara mengenai warna, iX500 mampu menghasilkan komposisi warna yang cukup sempurna. Untuk scanner jenis ini, sepertinya pihak Fujitsu memang tidak terlalu detail mengenai hasil komposisi warna.

3. Mekanisme penarikan kertas yang baru

Kecepatan scan yang berkembang dan bisa di bilang cukup cepat, lalu warna yang dihasilkan juga cukup baik, namun masih memiliki kelemahan bisa jadi salah satu fitur yang mungkin bisa anda pertimbangkan. Mengapa? Karena kunci utama dari scanner ini adalah kemampuannya untuk bisa mengolah berbagai dokumen dengan tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Disini, Fujitsu ScanSnap iX500 memiliki performa yang cukup menajubkan, dokumen yang memiliki banyak table pun bisa di olah dengan sempurna. Anda pun juga tidak akan menemukan kertas yang tersendat ketika menggunakan scanner ini, karena Fujitsu iX500 dilengkapi dengan mekanisme penarikan kertas yang cukup superior, tampaknya kita harus berterima kasih atas fitur ini.

Fujitsu-ScanSnap-ix500
Mekanisme penarikan kertas baru yang mengurangi kemungkinan paper jam

Mekanisme penarikan kertas yang baru memungkinkan pengguna untuk bisa bekerja secara cepat tanpa perlu mengalami paper jam. Sehingga dengan begitu, produktivitas pelanggan tetap terjaga atau bahkan meningkat.

4. Scan dokumen melalui perangkat mobile

Salah satu fitur baru yang sering didengungkan dan dibanggakan oleh pihak Fujitsu adalah kemampuan dari scanner Fujitsu iX500 untuk bisa melakukan scanning dengan menggunakan perangkat mobile seperti, iPad, iPhone atau ponsel Android. Dengan aplikasi ScanSnap Connect yang terpasang pada perangkat mobile anda, anda bisa melakukan scan menggunakan iX500 dan hasilnya secara langsung bisa anda dapatkan pada perangkat mobile anda. Ketika anda telah memasukan detail dari perangkat anda, koneksi antara Fujitsu iX500 akan terjadi secara instan, hal ini membuat anda mendapatkan kemudahan untuk bisa mengirim dokumen yang akan anda pindai ke dalam perangkat anda ketika anda sedang berada di luar kantor atau di luar rumah. Fitur ini sangat berguna, anda bisa menggunakan fitur ini tanpa melalui PC atau laptop anda untuk membuat aplikasi ScanSnap bisa terhubung.

Fujitsu-ScanSnap-ix500
Fitur scan menggunakan perangkat mobile

Secara tidak langsung, fitur Wi-Fi ini mampu membuat anda bekerja secara fleksibel. Ketika kegiatan yang dilakukan pengguna cukup padat, tentu saja hal ini sangat berguna untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Namun, kita masih sedikit kecewa karena Fujitsu tidak memberikan kesempatan pada Fujitsu ScanSnap iX500 memiliki koneksi full wireless, artinya anda mash harus menggunakan kabel untuk melakukan koneksi antara scanner dengan PC atau laptop. Mungkin akan benar-benar lebih fleksibel jika Fujitsu bisa memberikan koneksi full wireless terhadap mesin ini.

5. Perangkat lunak pendukung

Jika berbicara mengenai perangkat lunak bawaan, ada perbedaan antara perangkat lunak bawaan dari Windows dengan perangkat lunak bawaan Mac. Pengguna Mac rasanya akan sedikit kecewa karena perangkat lunak bawaan hanya bisa digunakan pada sistem operasi OS X.

Berbeda dengan pengguna Windows, mereka akan merasa cukup senang bisa menggunakan perangkat lunak ini secara penuh dan memiliki kemampuan untuk bisa melakukan manipulasi dan membuat dokumen digital berupa PDF dengan kemampuan OCR. Beberapa perangkat lunak bawaan seperti ABBYY FineReader dan Evernote bisa anda dapatkan dan anda akses pada penyedia layanan cloud seperti, Dropbox atau SugarSync. Semua aplikasi ini masuk ke dalam satu fitur aplikasi bernama Adobe’s Quick Menu. Mengapa Fujitsu memilih aplikasi ini? Karena aplikasi ini cukup mudah digunakan meski tanpa pengetahuan teknologi informasi yang cukup mendalam. Software ini pun juga diniliai cukup general bagi kalangan umum.

Satu hal lagi yang cukup berguna adalah Fujitsu tidak memiliki menggunakan TWAIN/ISIS, jadi ketika anda ingin menambahkan perangkat lunak tambahan, anda hanya perlu memastikan jika perangkat lunak tersebut mampu bekerja bersama dengan scanner Fujitsu ScanSnap iX500 yang telah anda beli.

Leave a Response