close

Mengenal Fitur Terbaru Pada Macbook Air Retina Display

Fitur terbaru pada Macbook Air

Bagi anda penggemar notebook dari Apple kini saat nya untuk menyambut varian terbaru dari Macbook Air. Retina Macbook Air merupakan salah satu notebook yang paling di tunggu-tunggu oleh para Mac’s addict (sebutan untuk penggemar Apple). Mengapa? Jawabannya cukup mudah, karena Retina Display sangat di tunggu-tunggu untuk bisa di nikmati pada perangkat Macbook Air. Lalu apa saja fitur terbaru pada Macbook Air Retina Display? Pada artikel ini kita akan bahas satu per satu mengenai fitur-fitur terbaru yang terdapat pada Macbook Air.Fitur terbaru pada Macbook Air

Sebelum Macbook Air Retina Display diluncurkan, Macbook Air merupakan satu-satunya perangkat dari Apple yang tidak memiliki fitur Retina Display. iMac, Macbook Pro, iPad Air, iPad mini hingga iPhone semua telah menggunakan Retina Display sebagai salah satu teknologi untuk bisa memuaskan pelanggan.

Semenjak itu, isu akan munculnya Macbook Air dengan fitur Retina Display semakin berkembang dengan cepat. Informasi tersebut pun juga muncul pada beberapa sesi pengenalan Apple, yang ingin membuat sebuah perangkat notebook yang cukup portable namun memiliki daya tahan dan performa yang cukup apik. Isu itu pun di jawab oleh pihak Apple dengan mengeluarkan varian Macbook Air terbaru yang menggunakan Retina Display.

Ada 5 fitur baru yang bisa membuat kita membedakan Macbook Air ini dengan versi Macbook Air sebelumnya, apa saja fitur tersebut? here they are.

1. Retina display dengan resolusi yang luas

Salah satu fitur terbaru pada MacBook Air ini adalah retina display. Ketika membahas retina display, kita tidak bisa mengalihkan pembicaraan ini dari sebuah layar yang nantinya akan digunakan pada Macbook Air. Jika Macbook Air menggunakan teknologi ini, berapa banyak ruang yang bisa digunakan pada desktop nya? Sedikit flashback Macbook Pro 13 inci dengan retina display memiliki resolusi sebesar 2560 x 1600 yang terlihat fantastik. Sebelumnya Apple berhenti pada Macbook Pro yang hanya memiliki resolusi sebesar 1280 x 800 dan menggandakan pixel pada layarnya untuk bisa mencapai retina display. Ini berarti bahwa ruang pada desktop sebelumnya lebih luas dibandingkan dengan Macbook Pro yang baru. Namun rasanya hal tersebut telah diatasi dengan baik oleh pihak Apple dan memberikan berbagai opsi kepada penggunanya dengan menggunakan perangkat lunak tambahan seperti SwitchResX.

fitur terbaru pada macbook air
Layar Macbook Air retina display yang diperkirakan lebih luas

Pada Macbook Air terbaru ini, menggunakan resolusi layar sebesar 1680 x 1050 pixel dengan menggandakan jumlah pixel pada layar. Oleh karena itu, desktop pada Macbook Air kini terlihat tampak luas namun juga terkesan cukup halus.

2. Lebih ringan dengan desain yang ramping

Pada saat masa kepemimpinan Steve Jobs, Macbook Air terlihat seperti notebook biasa yang tidak memiliki desain yang spesifik.

Pada masa yang baru ini, Apple sepertinya ingin merubah stigma Macbook Air. Macbook Air yang baru memiliki material bodi berupa aluminium dengan desain yang mampu menginspirasi banyak Ultrabook beberapa tahun belakangan ini. Bezel yang ada pada layar, kini di desain dengan lebih kecil. Namun sayangnya, desain yang baru ini tidak lebih ingan jika dibansingkan dengan Ultrabook seperti HP Folio 1020 atau Lenovo Yoga 3 Pro, tapi Macbook Air ini masih bisa dibilang merupakan salah satu notebook yang cukup ringan.

fitur terbaru pada macbook air
Desain Macbook Air retina display yang lebih tipis dan ringan

Macbook Air retina display ini menggunakan prosesor Intel Core M yang diharapkan mampu membawa Macbook Air berjalan lebih bertenaga walaupun dengan desain yang terhitung tipis. Intel Core M sendiri memiliki energi yang cukup efisien, hanya berjalan pada tegangan sebesar 4.5 watt. Hal ini berarti akan banyak tenaga tersisa yang bisa digunakan untuk menjalankan berbagai komponen lainnya.

Dengan desain yang lebih ramping otomatis beratnya pun juga berkurang, hal ini menjadi salah satu fitur terbaru pada Macbook Air.

3. Metode pengisian baterai terbaru

Apple melakukan desain ulang pada konektor tenaga untuk semua model Macbook pada tahun 2012, hal ini tersebut melahirkan sebuah charger baru yang diberi nama MagSafe 2. Sampai saat ini MagSafe 2 mampu bekerja dengan baik, tapi hal tersebut tentu saja tidak menghentikan kita terhadap metode terbaru (inovasi) pengisian baterai, seperti pengisian baterai menggunakan wireless. Teknologi tersebut tentu saja menawarkan sebuah kemudahan dan fleksibilitas terutama bagi perangkat mobile.

fitur terbaru pada macbook air
Metode pengisian baterai via wireless

Ponsel pintar seperti Nokia 920 dan LG Nexus 4 telah menggunakan cara yang lebih mudah untuk melakukan pengisian baterai, contoh lain pada laptop kita bisa melihat Dell Latitude X yang mampu melakukan pengisian dengan cara yang juga lebih efektif. Menggunakan pengisian dengan cara inductive, membuat Latitude X mampu mengisi baterai dengan lebih cepat. Hal tersebutlah yang menjadikan Apple mengembangkan sistem pengisian perangkat kerasnya.

Rumornya, Macbook Air retina display ini akan hadir dengan teknologi pengisian berupa solar charging. Bagaimana cara kerja teknologi tersebut sepertinya masih di rahasiakan oleh pihak Apple. kita nantikan saja.

4. Dedicated VGA (Video Graphics Assistant)

Yap, inilah fitur terbaru pada Macbook Air yang tak kalah dinantikan oleh para pengguna setia Apple. Dengan menggunakan VGA yang dedicated akan membuat Macbook Air akan cukup bertenaga untuk bisa digunakan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang di rasa berat. Desain yang ringan telah di lengkapi dengan performa yang cukup apik, sempurna.

Apple telah menggunakan Intel HD 5000 sebagai solusi dari sistem Macbook Ar yang lama, tapi hal tersebut di rasa kurang karena dengan begitu Macbook Air akan kalah bersaing dengan laptop-laptop gaming seperti Razer Blade 14 atau Gigabyte’s Aorus X3. Karena spesifikasi Macbook Air retina display belum keluar dengan jelas, maka sekali lagi kita harus menunggu kemunculan perangkat yang cukup worthed ini.

5. Daya tahan baterai yang tinggi

Semenjak kemunculan Haswell, Apple Macbook Air 13 inci memiliki sistem daya tahan baterai yang cukup tinggi, mampu mencapai angka 12 jam ketika baterai berada pada posisi terisi penuh, tentunya tergantung pemakaian.

fitur terbaru pada macbook air
Daya tahan baterai Macbook Air

Macbook Air 11 inci memiliki daya tahan baterai yang lebih rendah, yaitu hanya berkisar di antara rentang waktu 9 jam. Namun, kami merasa bahwa kedua Macbook Air tersebut telah memiliki daya tahan yang cukup impresif. Bagaimana dengan Macbook Air retina display? Versi Macbook Air terbaru ini bakal hadir dengan kemampuan yang jauh diatas pendahulunya, hal tersebut di tambah lagi dengan resolusi yang jauh lebih besar, tentu saja semua spesifikasi tersebut akan memakan tenaga yang lebih besar.

Apple memberitahukan jika Macbook Air retina display ini juga akan memiliki daya tahan yang sama dengan Macbook Pro retina display, yaitu berkisar dalam angja 9-10 jam (tergantung pemakaian). Kami kira, daya tahan baterainya pun akan lebih lama karena prosesor yang digunakan oleh Macbook Air retina display merupakan prosesor hemat energi, yaitu Intel Core M.

Leave a Response