close
Panduan Membeli

Panduan Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

memilih laptop sesuai kebutuhan
memilih laptop sesuai kebutuhan

memilih laptop sesuai kebutuhan

Fleksibilitas pada era sekarang menjadi faktor yang cukup berpengaruh terhadap pemilihan laptop yang kita gunakan. Tak jarang vendor-vendor memunculkan berbagai macam jenis laptop untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan laptop yang ringkas. Mungkin sudah ratusan jenis laptop yang dikeluarkan sejak awal kemunculannya. Jika ada ingin mengerjakan tugas komputasi secara mobile, laptop menjadi pilihan yang bagus mengingat komputasi laptop lebih reliable ketimbang tablet PC.
Tentunya sebelum memilih laptop sesuai kebutuhan anda, anda harus paham mengenai spesifikasi laptop dan kebutuhan anda sendiri. Tak jarang seseorang membeli laptop dengan spesifikasi yang sering tidak mereka gunakan atau membeli laptop yang spesifikasinya sangat rendah. Hal ini tentu saja akan membuat biaya yang anda keluarkan sia-sia. Oleh karena itu, simak tips memilih yang laptop sesuai kebutuhan anda agar terhindar dari kerugian.

Table of Content:
Kelebihan dan Kekurangan Laptop
Spesifikasi Laptop
Panduan Membeli Laptop
Kesimpulan

Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Tentu saja setiap laptop memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Untuk setiap kekurangan dan kelebihan laptop tersebut tentunya terdapat beberapa komponen yang mampu memenuhi kebutuhan kita. Begitu juga laptop/notebook, memiliki kekurangan dan kelebihan yang bisa anda pertimbangkan sebelum memilih atau membeli laptop.

Kelebihan laptop:

1. Mobile

Laptop merupakan PC berjalan, artinya anda dapat melakukan aktivitas komputasi dimanapun dan kapanpun. Hasil pekerjaan yang dihasilkan pun juga sama dengan menggunakan desktop komputer biasa, tentu saja hal ini terjadi karena notebook menggunakan sistem operasi yang juga terdapat di PC

2. Ringan (lightweight)

Laptop jauh lebih ringan daripada PC dan mampu memberikan kenyamanan pada anda seperti menggunakan PC. Anda tidak susah membawanya kemanapun anda pergi, hanya diperlukan sebuah tas untuk membawanya. Lalu bagaimana dengan tablet komputer? Laptop memang lebih berat ketimbang tablet komputer, tapi saat ini belum ada komputasi tablet komputer yang sama seperti komputasi notebook. Jika anda seorang programmer atau penulis naskah, dan ingin mengerjakan tugas anda disebuah cafe, apakah mungkin anda menggunakan tablet PC?

3. Tidak memerlukan sambungan listrik langsung

Inilah yang mungkin bisa jadi pertimbangan anda, notebook memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 2 jam (tergantung pemakaian dan spesifikasi baterai). Tentu saja cukup membantu disaat kita membutuhkannya dan tak ada sambungan lisrik langsung.

4. Konsumsi daya rendah

Konsumsi daya yang digunakan laptop jauh lebih hemat dari konsumsi daya yang dibutuhkan oleh desktop komputer. Laptop hanya menggunakan 50-150 W dibandingkan dengan PC yang mampu mencapai 400-900 W. Dengan hematnya konsumsi daya, otomatis tagihan listrik yang anda bayar juga lebih murah.

Kerugian laptop:

1. Lebih mahal

Jika kita ingin membeli laptop dengan spesifikasi yang sama dengan desktop PC, maka kita mengeluarkan uang yang lebih mahal daripada kita membeli komputer desktop. Namun akhir-akhir ini harga laptop dengan spesfikasi yang sama dengan desktop juga mampu bersaing. Now, do you think that laptop is overpriced? I don’t think so :).

2. Perawatan yang rumit

Perawatan yang rumit disebabkan karena seluruh komponen yang ada pada notebook menyatu, ketumpahan sedikit air pada bagian atas keyboard memiliki potensi untuk merusak seluruh hardware laptop terutama bagian motherboard.

3. Ganti hardware? Sekalian ganti laptop saja

Inilah yang menjadi kekurangan laptop yang paling besar, hardware dari notebook seakan irreplaceable. Apabila diganti pun harganya hampir setengah dari harga laptop tersebut. Contohnya, mengganti motherboard laptop memerlukan biaya yang hampir sama dengan membeli laptop baru. Hanya beberapa part laptop saja yang bisa di-upgrade seperti RAM atau Drive penyimpanan.

Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan laptop. Jika anda merupakan orang yang suka dengan kegiatan yang mobile dan membutuhkan komputasi yang cepat, membeli laptop bisa jadi salah satu pertimbangan anda. Tetapi jika pekerjaan anda tidak membutuhkan komputasi disaat mobile, anda dapat mempertimbangkan membeli desktop komputer.

Spesifikasi laptop

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kelemahan yang ada pada notebook, tahap selanjutnya adalah anda harus paham mengenai spesifikasi yang ada pada laptop. Ini penting mengingat produk yang ada dipasar memberikan pilihan yang luas pada anda, sehingga jika Anda tidak mengerti, maka akan menjadi bumerang untuk anda sendiri. Ini dia beberapa spesifikasi yang harus anda pahami sebelum memilih laptop yang sesuai kebutuhan anda:

1. Sistem Operasi

Sistem operasi atau biasa disebut OS (Operating System) merupakan wadah bagi berjalannya seluruh kegiatan komputasi. Boleh jadi sistem operasi adalah hal pertama yang bisa menjadi pertimbangan dalam membeli laptop, ini dikarenakan sistem operasi bisa dianalogikan sebagai ruang kerja kita. Nyaman atau tidaknya saat bekerja dengan laptop, bisa dipengaruhi oleh sistem operasi yang anda gunakan. Sistem operasi sendiri sudah mulai ramai dengan hadirnya Chrome OS besutan Google. Ini dia beberapa sistem operasi yang terdapat untuk laptop dipasaran:

Windows 8

memilih laptop sesuai kebutuhan
Logo Windows 8

Sistem operasi ini boleh jadi merupakan OS (Operating System) paling populer untuk laptop, hampir sekitar 60% laptop yang tersedia dipasaran menggunakan sistem operasi ini. Windows 8 memberikan anda kompatibilitas dengan banyak aplikasi-aplikasi yang mampu mendukung kinerja anda. Tampilan dari Windows 8 terlihat seperti Tablet PC berbasis Windows Phone, tak jarang juga vendor-vendor memberikan fungsi 2 in 1 (Laptop + Tablet) kepada laptop yang menggunakan Windows 8 sebagai sistem operasi bawaan mereka.

Mac OS

memilih laptop sesuai kebutuhan
Logo OS X dari Mac

Inilah OS dengan kualitas luar bisa, Mac OS. Apple disebut-sebut tidak menjual sebuah hardware melainkan menjual OS. Banyak produk-produk Apple yang memiliki spesifikasi dibawah produk lainnya tetapi kinerjanya jauh lebih maksimal. Inilah yang membuat Mac bisa jadi bahan pertimbangan untuk dipilih. Namun harga dari produk Apple ini biasanya relatif mahal daripada produk-produk lain yang memiliki spesifikasi yang sama. Mac punya 1 fitur bernama iCloud yang mampu menyatukan seluruh device Apple anda.

Chrome OS

memilih laptop sesuai kebutuhan
Logo Chorme OS

Laptop yang menggunakan Operating System Chrome ini biasanya didesain memiliki berat yang ringan dan fungsionalitasnya bergantung pada cloud system. Ini berarti anda akan menyimpan hampir seluruh data anda pada cloud storage dan membutuhkan internet sebagai alat untuk akses datanya. Google memasarkan laptop berbasis Chrome OS tidak pada sembarang tempat, salah satu faktor tempat pemasaran ini adalah melihat fasilitas internet yang cepat dan terjangkau pada suatu negara.

Jika anda sudah terbiasa menggunakan web browser chrome, maka anda akan terbiasa pula dengan tampilan dari chrome os ini. Laptop yang menggunakan sistem operasi ini harganya jauh lebih murah ketimbang milik Windows atau Mac.

2. Kategori dan ukuran laptop

Banyak cara untuk mengkategorikan laptop, salah satunya berdasarkan sistem kerja laptop, menjadi multimedia, gaming, ultrabook, ultraslim, netbook, dan ultraslim. Selain dengan menggunakan sistem kerja laptop, laptop dapat dikategorikan berdasar besar layarnya. Dengan besar layarnya kita dapat mempersempit kategori laptop tanpa melupakan fungsionalitasnya. Berdasarkan besar layarnya, laptop dibagi menjadi:

Ultraportable (11-12 inci display)

Ultraportable laptop biasanya menggunakan layar sebesar 11 hingga 12 inci. Baru-baru ini ultraportable laptop mulai comeback setelah kurang banyak peminat beberapa tahun terakhir. HP dan Lenovo hadir dengan teknologi hybrid untuk mulai kembali meramaikan pasar ini. Ultraportable laptop ini memiliki ciri low-voltage (tegangan rendah), selain itu berprosessor Intel Atom atau AMD E-Series. Laptop 11 inci ini juga menggunakan Windows 8 sebagai sistem operasi bawaannya dan berada pada kisaran harga sebesar 4-5 juta.

memilih laptop sesuai kebutuhan 3
contoh laptop ultraportable

Laptop 13 inci

Laptop 13 inci ini sepertinya merupakan versi unik, karena tak banyak vendor yang mengeluarkan laptop dengan layar sebesar 13 inci. Laptop dengan layar sebesar 13 inci ini biasanya disebut juga dengan ultrabook, ultrabook sendiri sebenarnya merupakan strategi pemasaran Intel.

Ciri-ciri lainnya dari laptop ini adalah memiliki ketebalan yang tak lebih dari 18 mm, menggunakan SSD Storage dan tak memiliki optical drive. Macbook Air dan Macbook Pro 13’3 inci merupakan salah satu contoh laptop 13 inci yang populer. Beberapa laptop hybrids (Laptop + Tablet) dari berbagai vendor juga hadir dengan layar 13 inci, meskipun tablet dengan lebar layar 13 inci dirasa terlalu lebar.

memilih laptop sesuai kebutuhan
Contoh laptop 13 inci

Midsize (Layar 14, 15 dan 16 inci)

Tradisional/mainstream laptop dengan layar sebesar 14, 15 dan 16 inci mengisi kategori ini. Kebanyakan user memang menggunakan laptop jenis ini, laptop dengan ukuran ini memang cukup nyaman untuk dipakai bekerja atau sekedar mengisi kegiatan baik dirumah atau dikantor.
Ciri-ciri laptop midzise ini menggunakan processor dual-core hingga quad-core CPU dan kebanyakan menggunakan Intel Core i-series dilengkapi dengan 4 GB – 8 GB RAM dan HDD yang cukup besar sebagai ruang penyimpanannya. Ukuran HDD-nya tak kurang dari 320 GB dan juga biasanya memiliki optical drive sebagai tempat membaca CD atau DVD.
Kategori ini dibanderol dengan harga sekitar 5 juta hingga 9 juta, tergantung spesifikasi dan merk dari vendor-nya.

memilih laptop sesuai kebutuhan
Contoh laptop Midsize

Dekstop Replacement (17 inci)

Laptop dengan layar berukuran 17 inci memiliki beban yang cukup berat, bentuknya lebar dan tebal. Laptop ini di desain untuk menggantikan dekstop komputer milik anda.
Menggunakan processor dengan teknologi minimal Quad-core CPU, dilengkapi dengan video card dari Nvidia atau AMD yang memiliki bit rate minimal 128 bit, layar full HD 1080p dengan resolusi 1920 x 1080 pixel.
Laptop seperti Alienware, Macbook Pro 17 inci, Asus RoG merupakan beberapa contoh laptop yang populer dikategori ini. Laptop dengan ukuran 17 inci kebanyakan didesain untuk gaming laptop, hal ini berkaitan dengan gaming experience yang lebih terasa ketika menggunakan spesifikasi dari laptop seperti ini.

memilih laptop sesuai kebutuhan
Contoh laptop 17 inci

3. Processor

Suka atau tidak, anda jelas harus memperhatikan CPU sebagai bahan pertimbangan anda membeli sebuah laptop. Mengapa demikian, karena CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah laptop yang bertugas untuk mengatur seluruh kerja laptop. Untuk mengetahui detailnya, ini dia beberapa CPU yang biasanya digunakan pada laptop.

AMD

memilih laptop sesuai kebutuhan
Logo AMD

AMD merupakan perusahaan prosessor yang mendirikan ATI, beberapa tahun kebelakang AMD menunjukan perkembangan yang tidak bisa dianggap remeh. Melalui generasi baru mereka yang mereka sebut generation of accelerated processing units, AMD siap untuk menghadirkan inovasi baru. AMD dengan APU(Accelerated Processing Unit)-nya mengkombinasikan GPU(Graphic Processing Unit) dengan CPU(Central Processing Unit) menjadi satu kesatuan.
Tipe APU AMD yang ada dipasaran biasanya adalah AMD A4, A6, A8 dan A10. Vendor laptop seperti HP (Hewlett Packard) menjadi penggemar dari teknologi ini, kebanyakan laptop HP dilengkapi dengan processor AMD atau graphic card ATI.

Intel

memilih laptop sesuai kebutuhan
Logo Intel

Bisa dikatakan jika Intel merupakan rajanya processor, hal tersebut dibuktikan dengan mampu mendahuli AMD sejak 10 tahun belakangan. Banyak orang pun percaya bahwa teknologi intel selangkah lebih maju ketimbang milik AMD. Intel baru saja merilis CPU versi terbarunya bernama Haswell yang di rilis pada pertengahan tahun 2013. Seri tersebut sekaligus menandai berakhirnya masa generasi Ivybridge dan Sandybridge.
CPU terbaru ini dapat dengan mudah dikenali, semua serinya hadir dengan diawali nomer 4. Contohnya pada Macbook pro 13 yang memiliki processor 1.6 GHz Intel Core i5-4200U CPU. untuk lebih detailnya anda bisa menggunjungi halaman website intel.
Mode dari processor seri ini sangat berbeda dengan mode-mode sebelumnya, Haswell mampu memberikan perbedaan signfikan pada daya tahan baterai. Macbook air 13 inci dengan processor Haswell mampu bertahan hingga 12 jam. Sangat luar biasa, mengingat daya tahan Macbook aktif hanya sekitar 380 menit. Ini dia beberapa tipe dari processor Intel:

Core i3: banyak terdapat pada low-end sampai mid-end laptop, CPU dual-core ini cukup baik digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Core i5 : ini mungkin salah satu tipe processor yang cukup mainstream. Bisa terdapat pada laptop dengan ukuran 14 hingga 15 inci. laptop dengan teknologi ini biasanya berkisar diatantara 6 juta hingga 10 juta.

Core i7 : processor ini menggunakan teknologi Quad-core, dibandrol dengan harga yang cukup mahal, tetapi anda akan menemukan perbedaannya ketika menggunakannya. Jika anda seorang gamer professional, video editor, pembuat game dan desainer 3D anda sebaiknya mempertimbangan processor ini. Terutama yang menggunakan teknologi Haswell.

4. Memory

memilih laptop sesuai kebutuhan
Perbedaan RAM DD3 & DDR2

Memori merupakan jalan yang dibutuhkan oleh data untuk berpindah atau bergerak. Percuma anda memiliki motor yang cepat jika jalannya sempit, dengan motor yang banyak meski mampu melaju dengan cepat, tetap akan mengalami kemacetan jika jalannya sempit. Itulah analogi kerja memori, memori dianggap sebagai jalan dan cepat atau tidaknya laju data dipengaruhi processor-nya.
Untuk penggunaan kantor, biasanya cukup sekitar 4 GB RAM. Tapi, untuk seorang gamer atau designer yang menjalankan aplikasi cukup berat setidaknya membutuhkan lebih dari 4 GB, terutama jika anda pengguna Windows. Windows setidaknya memakan memori lebih dari 1 GB untuk tampilan dan efek-efeknya dan beban ini dapat bertambah ketika tampilan Windows dibuat menjadi lebih smooth dan artful lagi.

5. Hard drives dan Storage

memilih laptop sesuai kebutuhan
HDD dan SSD: storage laptop saat ini

Ketika membeli sebuah laptop anda memiliki 2 pilihan untuk ruang penyimpanan anda, pertama anda akan menggunakan tradisional plat lingkaran yang berputar (HDD) atau yang kedua menggunakan SSD, SSD telah menggunakan teknologi flash memory (baca disini mengenai SSD).

Ada pilihan lain yang ditawarkan oleh perusahaan produsen laptop, yaitu hybrid drive. Hybrid drive ini biasanya menggunakan SSD dengan ukuran yang kecil (20 GB – 32 GB) yang digabungkan dengan HDD yang lebih besar kapasitasnya. SSD akan digunakan untuk sistem operasinya sehingga diharapkan akan membantu kinerja dari laptop menjadi lebih cepat dan penyimpanan data non-aplikasi seperti musik, film, video, atau dokumen-dokumen diletakkan pada HDD.

HDD masih terdapat pada kebanyakan laptop, menggunakan plat berupa lingkaran sebagai tempat penyimpanan dan harganya murah. Tapi bebannya berat, mudah panas, dan berisik. Jika anda memilih HDD untuk laptop anda, maka pastikan ruang penyimpanannya minimal sebesar 320 GB. Kebanyakan HDD mampu berjalan pada kecepatan 5.400 rpm dan yang paling cepat adalah 7.200 rpm, sangat berguna untuk streaming data secara cepat dari HDD anda ketika melakukan editing video atau memainkan game.

6. Fitur

Wi-Fi

Ini merupakan fitur dasar yang harus ada untuk laptop, karena disayangkan jika laptop tidak memiliki fitur Wi-Fi. Sebenarnya anda tidak usah khawatir, karena Wi-Fi sekarang sudah menjadi standart pada laptop. Teknologi Wi-Fi yang terpasang pada laptop adalah teknologi IEEE 802.11ac yang mampu menghasilkan bandwitdh wireless local area network (WLANs) sebesar 5 GHz.

memilih laptop sesuai kebutuhan
Wi-Fi : fitur standart laptop

Video Card

Jika anda serius untuk menggunakan laptop untuk memainkan game-game HD seperti (Skyrim, Metro, FIFA), anda dapat mempertimbangkan video card yang dedicated pada laptop anda. Tetapi jika anda lebih banyak menggunakannya untuk kegiatan office atau sekedar online, maka built-in video card yang ada pada Intel HD 5000 mampu mengakomodasi kebutuhan anda, selagi itu Intel HD 5000 juga mampu memainkan game casual dengan baik tanpa adanya kendala. Jika anda ingin mengetahui video card lebih lanjut baca disini

memilih laptop sesuai kebutuhan
Contoh video card

NFC dan Bluetooth

NFC(Near Field Communication) merupakan teknologi baru perkembangan dari infrared, anda dapat melakukan transfer data, pembayaran bahkan bertukar informasi hanya dengan mendekatkan laptop anda pada device yang memiliki teknologi yang sama, kecepatan transfer-nya mampu melebihi teknologi bluetooth.
Bluetooth juga teknologi yang bisa digunakan untuk transfer file hanya saja dalam skala area yang terbatas. Selain itu bluetooth juga berfungsi bagi anda yang sering menggunakan laptop untuk presentasi. Koneksi bluetooth memudahkan laptop dengan remote presentation bisa terhubung dengan baik.

memilih laptop sesuai kebutuhan
Bluetooth dan NFC

Blue-ray optical drive

Jika anda mempunyai hobi menonton film dan memiliki banyak CD atau DVD film HD, mungkin bisa mempertimbangkan memilih laptop dengan teknologi blue-ray optical drive. Dengan blue-ray optical drive, anda dapat memutar film HD pada laptop anda, tapi pastikan terlebih dahulu bahwa layar anda juga support dengan teknologi HD. Jika tidak maka hasilnya percuma saja, film tidak akan tampil dengan kualitas HD.

memilih laptop sesuai kebutuhan
Blu-ray Disc

Fingerprint reader

Apakah anda seorang pengusaha dengan dokumen yang sangat penting dan sensitif didalam laptop anda? atau anda ingin menghindari mengetikan password setiap ingin memasuki laptop anda? Jika jawabannya iya, maka fingerprint reader bisa menjadi solusi yang dapat dipertimbangkan untuk memilih laptop anda.

memilih laptop sesuai kebutuhan
Fingerprint reader

HDMI output

Jika anda ingin memainkan video HD diberbagai elektronik stuff seperti TV atau proyektor dengan menggunakan 1 kabel, maka laptop dengan fitur HDMI(High Definition Multimedia Interface) support bisa dipertimbangkan. HDMI output juga penting jika laptop banyak digunakan sebagai alat presentasi.

memilih laptop sesuai kebutuhan
HDMI output

Touchscreen

Sebenarnya fitur touchscreen ini tergantung dari kebutuhan user dan bisa dikatakan jika fitur ini hanya sebagai fitur pelengkap saja, bisa dipertimbangkan jika anda adalah pencinta multimedia. Tapi pertimbangkan dengan matang apakah anda membutuhkan fitur ini, karena bisa jadi fitur ini seakan kurang berguna jika laptop anda tidak menggunakan teknologi hybrid(2 in 1 laptop + tablet).

Hybrid (2 in 1 Laptop + Tablet)

Jika anda menginginkan penghematan daripada membeli laptop dan tablet, maka opsi membeli laptop 2 in 1 atau hybrid ini bisa dipertimbangkan dengan baik. Harga dari laptop 2 in 1 ini juga relatif lebih mahal.

memilih laptop sesuai kebutuhan
Contoh hybrid laptop

3D Display

Jika anda seorang pencinta multimedia dan akan sering menggunakan laptop anda untuk menonton film 3D ada baiknya mempertimbangkan teknologi ini untuk mendapatkan full 3D experience.

Backlit keyboard

Backlit keyboard ini membantu ada ketika berada dalam keadaan pencahayaan yang kurang, sebaliknya jika berada dalam pencahayaan yang cukup fasilitas ini tidak perlu digunakan agar dapat menghemat baterai.

memilih laptop sesuai kebutuhan
Fitur backlit keyboard

Mungkin beberapa fitur diatas terdengar familiar bagi anda, namun sekedar familiar saja tidak cukup dalam memilih laptop. Jika sekedar mengerti luarnya dan tidak mengikuti perkembangan maka bisa berakibat kesalahan dalam pemilihan laptop.

Panduan Membeli

Setelah mengetahui plus minus dari laptop dan juga spesifikasi yang bisa dipertimbangkan pada laptop, kini saatnya anda menentukan pilihan laptop yang pas untuk anda. Kami memberikan beberapa tips kepada anda mengenai cara memilih laptop sesuai kebutuhan.

1. Think about travelling light

Pertanyaan pertama bagi orang yang ingin membeli laptop adalah berapa hari dalam 1 minggu anda akan membawa laptop ?
Jawaban anda berpengaruh terhadap pemilihan ukuran layar laptop anda nantinya, jika anda merupakan orang yang suka berpergian dengan laptop atau anda adalah orang yang tidak bisa hidup tanpa laptop anda, kami menyarankan agar anda membeli laptop ultrabook yang memiliki layar sebesar 13 inci.

Contohnya seperti macbook air, dengan tipe laptop ini anda tidak merasa terbebani pada pundak ketika membawa laptop. Atau anda bisa mempertimbangkan laptop hybrid dengan layar sebesar 11 inci, anda memiliki pilihan untuk membawa laptopnya atau bisa membawa layarnya saja dan meninggalkan keyboard dirumah.

Jika anda hanya membawanya menuju ke kantor lalu kembali pulang, dan tidak terlalu sering membawanya berjalan-jalan. Maka laptop midsize bisa jadi pilihan anda, mengingat anda harus menggunakan laptop tersebut untuk urusan pekerjaan, tentu akan merasa kurang flexibel dan susah jika harus menggunakan laptop dengan layar berukuran 11 inci.
Yang terakhir, jika anda menggunakan laptop tersebut hanya pada satu tempat dan jarang membawanya pergi, serta kebutuhan anda membutuhkan proses komputasi grafik yang tinggi. Anda bisa menggunakan laptop dengan ukuran 17 inci. Spesifikasi laptop berukuran 17 inci mampu mengakomodasi kebutuhan anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang “berat”.

2. Tipe laptop sesuai dengan kebutuhan

1. Cheap laptop

memilih laptop sesuai kebutuhan
Laptop kategori cheap laptop

Anda akan mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang bagus namun harga yang murah jika anda memilih dengan cermat. Anda tidak harus membeli laptop yang mahal jika hanya menggunakannya untuk keperluan olah dokumen atau browsing.
laptop dengan spesifikasi ini cocok untuk pelajar, pemula atau user yang tidak ingin menghabiskan banyak dana untuk membeli laptop.

Inilah poin penting yang harus diperhatikan untuk membeli laptop tipe ini:

4GB Memory

Dengan memory RAM yang cukup besar, diharapkan anda tidak akan terhambat dalam setiap pekerjaan anda. Jika anda membeli laptop dengan RAM sebesar 2 GB, sebaiknya tambahkan menjadi 4 GB mengingat harga RAM tidak telalu mahal. Gunakan ini sebagai standart laptop bagi anda. Perlu diingat bahwa RAM adalah memori jangka pendek yang dimiliki laptop dan berguna menyimpan informasi selagi anda menggunakannya.

320 GB Storage

Agar anda merasa nyaman, pilihalah minimal 320 GB drive storage untuk laptop anda, dan ingat pilihlah HDD bukan SSD. anda tidak membutuhkan SSD jika hanya mengerjakan dokumen-dokumen kantor atau sekedar berselancar di internet (Internet Browsing).

Dual-core basic processor

Banyak laptop yang beredar dipasar sekaran memiliki processor dual-core, berartia ada 2 processor didalam 1 chip yang mana mereka akan bersama-sama memikul kerja processor. Terkadang anda juga melihat laptop yang murah memiliki fitur dual-core prosessor, hal ini terjadi karena mereka didesain untuk melakukan pekerjaan lebih berat daripada yang lainnya.

Daya tahan baterai yang cukup

Baterai laptop yang baik mampu bertahan selama 7 hingga 8 jam, tapi untuk model yang seperti ini baterai yang bertahan untuk 5-6 jam sudah cukup bagus. Ini merupakan sesuatu yang bisa menjadi prioritas anda ketika nantinya anda menggunakan laptop ini tanpa sering melakukan charging, tapi anda harus berhati-hati dengan cara marketing beberapa produk yang melebih-lebihkan nilai produknya.

Midsize Display

Menjatuhkan pilihan pada midsize laptop bisa jadi langkah terbaik bagi anda, seiring penggunaannya yang digunakan untuk bekerja setiap hari, kenyamanan menjadi faktor penting bagi anda, tanpa kenyamanan anda mungkin tidak akan maksimal dalam menyelesaikan tiap pekerjaan anda.

Ke-5 fitur diatas harus berada pada laptop yang anda pilih, selain itu terdapat juga fitur yang bisa anda hemat dalam pemilihan laptop jenis ini, antara lain:

Video Card

Untuk sebuah Cheap notebook anda tidak akan membutuhkan sebuah video card, pekerjaan yang anda lakukan sehari-hari tidak membutuhkan pemrosesan grafik tingkat tinggi. Hal ini cukup diatasi dengan menggunakan built-in video card yang tertanam pada processor, seperti Intel’s HD Graphics.

High Resolution Display

Hampir semua laptop yang ada pada kategori cheap laptop ini tidak memiliki HD resolution display. Kegiatan anda juga tidak membutuhkan fitur ini. Laptop kategori cheap biasanya datang dengan resolusi sebesar 1366 x 768, tentu dengan resolusi layar ini anda sudah mendapatkan kenyamanan yang cukup.

Premium Design

Anda tidak akan mendapatkan laptop dengan desain seperti Apple ketika anda membeli cheap notebook. Tenang, desain dari laptop pada kategori ini tidak jelek dan juga terlalu tebal. Masih layak untuk dilihat dan tidak memalukan. Hanya yang harus diperhatikan adalah pemilihan keyboard-nya, bukan desain dari keyboard melainkan kenyamanannya saat digunakan hal ini penting karena anda nantinya akan banyak berinteraksi dengan keyboard anda.

Fitur touchscreen

Windows 8 yang datang belakangan ini banyak sekali meng-improve kinerja dari laptop, bahkan hybrid laptop juga dibuat karena datangnya Windows 8. Tapi untuk fitur touchscreen pada cheap laptop ini anda jelas tidak membutuhkannya, anda hanya menambah pengeluaran anda untuk mendapatkan fitur ini. Anda masih bisa menikmati Windows 8 meski tanpa fitur touchscreen.

2. Family Laptop

memilih laptop sesuai kebutuhan 21
Family laptop

Banyak rumah sekarang lebih memilih menggunakan notebook ketimbang menggunakan dekstop komputer, banyak keuntungan yang didapat dari laptop ketika digunakan bersama-sama. Selain laptop cukup mobile dan konektivitas yang fleksibel, laptop juga tidak membutuhkan daya yang besar untuk dapat beroperasi.

Laptop kategori family, harus mempunyai power yang cukup untuk menaungi seluruh kegiatan dari user yang menggunakannya, kapasitas ruang penyimpanannya juga harus cukup besar mengingat penggunanya tidak hanya 1 orang dan cukup portable untuk dibawa ditempat yang berbeda oleh user yang berbeda pula. Tipe family laptop ini tidak harus laptop yang paling powerful atau yang paling mahal.

Laptop tipe ini sangat cocok untuk keluarga yang menginginkan komputer portable untuk kegiatan sehari-hari saat dirumah.

Beberapa fitur dibawah ini bisa anda pertimbangkan saat ingin membeli notebook dengan kategori family ini.

Kualitas

Jelas ini faktor utama yang harus diperhatikan jika ingin membeli laptop dengan frekuensi penggunaan yang tinggi dan user yang variatif. Family notebook harus memiliki daya tahan yang kuat. Anda juga harus menghindari pembelian laptop dengan bodi plastik, hal ini sedikit riskan dikarenakan bodi plastik mempunyai peluang yang besar untuk mengalami pembengkokan. kami menyarankan laptop dengan bahan material alumunium atau sejenisnya agar bodi laptop anda tidak mudah rusak. Laptop milik vendor-vendor ternama jelas memiliki kualitas yang baik, pertimbangkan pemilihan merk vendor untuk laptop tipe ini.

500 GB atau lebih ruang penyimpanan

Pilihlah notebook dengan besar ruang penyimpanan setidaknya 500 GB, semakin besar ruang penyimpanan yang anda miliki maka juga semakin baik pula untuk anda dan keluarga. Atau juga bisa menggunakan external hard drive sebagai solusi tempat penyimpanan.

Dual-core processor

Laptop dengan tipe family ini tentu saja tidak membutuhkan prosessor yang paling bagus atau paling mahal. Prosessor mid-range seperti Intel Core i3 atau AMD Athlon sudah cukup untuk mengakomodasi kegiatan anda.

Konektifitas yang baik

Anda harus memastikan jika notebook yang anda beli nantinya memiliki port USB yang cukup, terkadang 2 port USB yang saling berjejer tidak dapat dimasuki oleh 2 US sekaligus. Anda harus mempertimbangkan hal ini, mengingat akan banyak penggunaa nantinya. Selain itu, pilihlah setidaknya yang memiliki 1 USB 3.0, hal ini akan mempercepat transfer data anda. Karena sekarang wi-fi merupakan standard bagi laptop yang ada, anda tak usah khawatir untuk mengakses laptop dimanapun jika anda memiliki home wireless network.

Setelah anda mengetahui fitur-fitur yang harus anda pertimbangkan, dibawah ini akan menjelaskan fitur-fitur yang bisa anda hemat, antara lain:

Video Card

Karena biasanya laptop kategori ini tidak digunakan untuk memainkan game yang berat, maka anda tidak membutuhkan dedicated video card. kebanyakan family laptop ini menggunakan integrated video card, tambahkan saja kapasitas RAM untuk membantu performa dari pengolahan grafik anda, hal tersebut dirasa sudah cukup untuk mendukung kegiatan anda.

Layar yang lebar

Anda tidak perlu untuk membeli laptop dengan layar sebesar 17 inci atau lebih untuk digunakan pada kebutuhan dirumah. Cari model laptop dengan ukuran layar sekitar 13 hingga 15 inci, layar ukuran tersebut sudah cukup nyaman untuk digunakan maupun dibawa kemanapun.

Lama nyala baterai

Mungkin anda merasa jika mempunyai laptop / notebook dengan nyala baterai sekitar 4-5 jam saja, lifetime baterai bukanlah prioritas untuk laptop kategori ini, hal tersebut dikarenakan anda bisa melakukan charging dimanapun saat dirumah. Sebaiknya lepas baterai anda ketika memang digunakan dalam jangka waktu yang lama, hal ini juga baik untuk daya tahan baterai anda.

3. Dekstop Replacement Laptop

memilih laptop sesuai kebutuhan 24
Dekstop Replacement Laptop

Jika anda menginginkan komputer tetapi tidak ingin menghabiskan ruang yang ada pada rumah anda, Anda dapat memilih laptop dengan kategori desktop replacement. Anda juga bisa berpindah-pindah ke tempat yang menurut anda bisa memberikan inspirasi untuk pekerjaan.

Laptop dengan tipe ini ideal untuk anda yang menginginkan power dan fitur seperti dekstop PC tanpa perlu menghabiskan ruang pada rumah anda. Laptop kategori ini berkisar pada harga 8 juta hingga 15 juta rupiah.

Jika anda menginginkan laptop dengan tipe ini, kami memiliki beberapa tips spesifikasi yang bisa anda pertimbangkan sebelum membeli laptop tipe ini:

Top Processor

Untuk bisa bersaing dengan desktop PC tentunya anda membutuhkan prosessor yang cukup powerful untuk mengakomodasi seluruh kegiatan anda. Anda bisa menggunakan Intel dual atau quad core Core i5 chip sebagai prosessor minimun, namun jika anda memiliki dana berlebih jangan ragu untuk membeli processor Intel Core i7.

1 TB storage

Dengan ruang penyimpanan yang besar ini mampu memberikan anda kenyamanan untuk berbagai aplikasi, data, program atau bahkan ribuan foto, lagu dan video. Tapi jika anda ingin sedikit berhemat anda bisa memilih kapasitas penyimpanan sebesar 750 GB, kapasitas ini juga sudah cukup mumpuni mengingat anda akan menggunakan sendirian. Perlu di ingat bahwa nantinya anda bisa menggunakan hard drive eksternal sebagai ruang penyimpanan tambahan.

6GB RAM

Besarnya memori RAM anda berpengaruh kepada kinerja notebook anda nantinya, membuka banyak program dalam satu waktu bisa terhambat jika memori RAM anda tidak seberapa besar. Kami menyarankan setidaknya anda memilih laptop dengan fasilitas RAM 6 GB, tapi jika anda memiliki dana berlebih, maka alangkah baiknya jika menambahkan kapasitas RAM anda.

Layar yang lebar

Ideal nya laptop dengan kebutuhan seperti ini menggunakan layar berukuran 17 inci. Layar 17 inci juga memberikan kenyamanan untuk setiap kebutuhan anda.

Desain keyboard yang luas

Dengan seringnya anda berinteraksi dengan laptop anda, tentunya desain keyboard yang luas akan memberikan kenyaman bagi anda, tidak membuat lekas capek. Pastikan juga bajwa trackpad laptop anda juga lebar dan responsive.

Anda sudah mengetahui spesifikasi yang perlu anda pertimbangkan jika anda memilih notebook dengan kebutuhan tersebut. Berikut dibawah ini merupakan spesifikasi yang sekiranya bisa anda hemat atau tidak anda butuhkan.

Portability

Notebook yang slim dan ringan bukanlah prioritas dari tipe ini mengingat penggunaan laptop ini kebanyakan dirumah dan juga terhubung dengan listrik secara langsung. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk bisa berpindah sekali waktu, jika anda sering berpindah-pindah mungkin lebih baik gunakan laptop dengan tipe family laptop.

Lama nyala baterai

Bukan hal baru jika laptop dengan ukuran yang besar hanya memiliki lama hidup baterai yang tidak lama, hanya sekitar 2-3 jam saja. Anda juga tentu bisa tetap menghidupkannya karena biasanya anda akan meletakkannya dengan jarak yang dekat dengan sumber tenaga listrik.

4. Ultraportable laptop

memilih laptop sesuai kebutuhan
Ultraportable laptop atau ultrabook

Ultraportable laptop didesain tanpa memperhatikan performa dari laptop tersebut. kebanyakan laptop dengan tipe ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, bodi yang ramping dan berat yang ringan. Performa dari laptop tipe ini sangat cepat karena menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya.

Tapi jangan salah sangka, semenjak tahun 2011 saat Intel melakukan promosi produk bernama ultrabook, notebook dengan tipe ini didesain sesuai dengan spesifikasi ultrabook. Banyak perubahan pada laptop dengan tipe ini. Range harga dari tipe ini setidaknya masih berada dalam kisaran 7 juta – 9 juta rupiah

Beberapa spesifikasi yang perlu anda perhatikan jika membeli laptop dengan tipe ultraportable adalah:

Daya tahan baterai yang lama

Tidak ada laptop tipe ultraportable memiliki daya tahan baterai yang buruk. Setidaknya laptop ini mampu bertahan hingga 6 jam ketika melakukan browsing dengan menggunakan koneksi Wi-Fi, tapi beberapa model yang baru mengklaim jika mampu bertahan hingga 8-9 jam.

Menggunakan SSD

Kebanyakan ultrabook menggunakan SSD sebagai media penyimpanannya. Hal ini tentu saja berkaitan dengan konsep ultrabook yang menginginkan agar semua penggunanya menyimpan data-data yang tidak penting di dalam cloud storage.

Material Premium

Dengan menggunakan material yang premium, ultrabook hadir dengan desain yang terkesan mewah dan solid. Hal ini yang membuat ultrabook mampu bersaing dengan laptop tipe lain. Material seperti magnesium, aluminium, dan carbon fibre mampu memberikan kekuatan pada bodinya, memperingan bodinya dan memberikan tampilan yang berkualitas.

Ringan dan tipis

Ketebalan dari ultrabook kurang lebih sebesar 21 mm untuk laptop dengan layar sebesar 14 inci dan kuran dari 18 mm untuk laptop dengan layar sebesar 13 inci. Hal inilah yang mampu mempengaruhi berat ultrabook, rata-rata berat ultrabook tidak lebih dari 2 Kg.

Setelah anda mengetahui fitur-fitur yang harus anda pertimbangkan, dibawah ini akan menjelaskan fitur-fitur yang bisa anda hemat, antara lain:

Optical drive

Pada ultabook, anda jelas tidak membutuhkan optical drive. kebanyakan ultrabook mengunakan external optical drive jika membutuhkannya.

Video Card

Ultabook normalnya tidak menggunakan Video Card yang dedicated. Hanya Video Card yang built-in pada processor-nya.

5. Multimedia laptop

memilih laptop sesuai kebutuhan
Multimedia laptop

Jika anda memilih notebook sarana multimedia, seperti: editting video, foto atau mendesain sebuah interior rumah, maka anda membutuhkan yang lebih dari sekedar laptop. Kategori multimedia laptop sangat cocok untuk anda. Bentuknya mungkin berada pada ukuran midsize tetapi performanya seperti dekstop replacement laptop dan memiliki fleksibilitas seperti ultraportable laptop agar anda dapat membawanya kemanapun.

Laptop dengan tipe ini didesain untuk anda yang menginginkan fasilitas all-in-one dari mulai desain, gaming, entertaiment, word processing, bahkan sekedar browsing.

Jika Anda menginginkan laptop tipe multimedia ini anda baiknya memperhatikan beberapa fitur dibawah ini:

Fast performance

Anda tentu saja tidak mengingikan lag saat bermain game atau menonton film HD bukan? Untuk itu anda membutuhkan processor dengan spesifikasi yang cukup tinggi sehingga mampu menghasilkan performa yang cepat. Kami sarankan anda membeli laptop dengan processor Core i5 atau AMD Athlon II, dengan dukungan RAM setidaknya 8 GB.

Video Card

Dengan adanya video card yang dedicated pada laptop anda akan mendukung performa laptop anda saat melakukan pemrosesan grafik. Carilah Video card seperti Nvidia atau ati dengan bit rate minimal sebesar 128 bit.

Good sound quality

Kualitas sound system yang bagus tentu akan mempengaruhi kenyamanan anda. Menikmati multimedia jelas tidak bisa setengah-setengah. Biasanya laptop tipe multimedia ini juga sudah didukung dengan teknologi sound system yang cukup memadai

High resolution display

Sama seperti kualitas sound system, resolusi yang besar akan menambah kenyamanan anda. resolusi yang rapat juga bagus bagi anda yang pekerjaanya berhubungan dengan desain.

beberapa fitur diatas hendaknya anda pertimbangkan karena akan cukup berpengaruh terhadap kemampuan laptop, tentu saja ada fasilitas yang tidak dibutuhkan dan hanya membebankan biaya kepada anda, seperti

3D display

Beberapa laptop hadir dengan kemampuan 3D, tetapi apa gunanya jika anda tidak memiliki TV yang bisa memproses kemampuan 3D. Bukankah fasilitas ini menjadi tidak berguna?

3. Aplikasi atau game yang sering anda gunakan

Dengan mengetahui aplikasi atau game yang akan sering anda gunakan bisa menjadi pertimbangan untuk memilih spesifikasi laptop. Tiap aplikasi maupun game mempunyai recomended system requirement. Recomended system requirement ini biasanya dapat ditemukan di website aplikasi / game yang bersangkutan. Berikut ini kami memberikan 5 contoh aplikasi / game yang sering digunakan oleh berbagai tingkatan user.

a. Office

Untuk pengguna Microsoft Office, Open Office dan Office 365. Inilah spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi ini:

  • Prosesor 1 GHz atau lebih cepat x86- or x64-bit
  • Memory 1 gigabyte (GB) RAM (32-bit); 2 GB RAM (64-bit)
  • Harddisk dengan kapasitas 3 GB

Jika anda akan sering menggunakan aplikasi ini maka pastikan Anda memilih laptop dengan spesifikasi yang sama atau bahkan lebih dari minimum system requirement yang diminta.

b. Photoshop

Saat ini aplikasi ini mungkin sudah menjadi aplikasi macro (bawaan) pada beberapa laptop yang telah terpasang OS, terutama Mac OS. Photoshop juga masih dirasa sebagai aplikasi editing foto terbaik, jika anda akan sering berinteraksi dengan aplikasi ini maka sebaiknya Anda membeli laptop dengan spesifikasi sebagai berikut:

Windows:

  • Prosesor Intel® Pentium® 4 atau AMD Athlon® 64 (2 GHz atau lebih)
  • System Operasi Microsoft® Windows® 7 dengan Service Pack 1, Windows 8, atau Windows 8.1
  • Memory 2 GB RAM (8 GB dianjurkan)
  • 2 GB ruang yang tersedia pada hard drive anda
  • Layar tampilan 1024×768 display (1280×800 dianjurkan) dengan 16-bit color dan 512 MB VRAM (1 GB dianjurkan)
  • OpenGL

Mac:

  • Multicore Intel processor dengan 64-bit support
  • Mac OS X v10.7, v10.8, v10.9, atau v10.10
  • Memory 2 GB RAM (8 GB dianjurkan)
  • 3.2 GB ruang yang tersedia pada hard drive anda
  • 1024×768 display (1280×800 recommended) with 16-bit color and 512 MB of VRAM (1 GB recommended)
  • OpenGL 2.0

Jika anda tidak ingin terganggu dalam menjalankan aplikasi ini, maka sebaiknya anda memilih laptop yang memiliki spesifikasi yang sama atau lebih dari yang diminta.

c. 3Ds Max / Blender

Anda seorang 3D artist? So pasti anda familiar dengan aplikasi ini. Yap, 3D Max merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah objek 3D yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan, aplikasi yang memiliki kemampuan yang sama adalah blender. Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, Anda wajib memilih laptop dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Prosesor 32 bits, Dual Core CPU setidaknya memiliki kecepatan sebesar 2 GHZ, and SSE2 support.
  • Memory 2 GB RAM
  • 24 bits 1280×768 display
  • Mouse atau trackpad
  • OpenGL Graphics Card dengan 256 MB RAM

Tentu saja anda menginginkan kenyamanan dalam melakukan desain, maka pastikan spesifikasi laptop yang Anda beli sama atau bahkan lebih dari recomended system requirement yang diminta.

d. Visual Studio 2012

Jika anda seorang Programmer .NET Developer, tentu pekerjaan anda membutuhkan aplikasi ini. Visual Studio 2012 adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat program yang mampu berjalan di sistem operasi Windows. Anda perlu memilih laptop dengan spesifikakasi seperti ini:

  • Prosesor 32-bit (x86) atau 64-bit (x64) Dual-core, 2.66-GHz atau lebih cepat
  • Memory 2 GB RAM
  • Graphics card yang telah supports DirectX 9.0c

Spesifikasi diatas menjadi harga mati jika anda merupakan seorang programmer, tentunya jika anda menginginkan kenyamanan maka anda dapat memilih laptop dengan spesifikasi tersebut.

e. Game PES 2014 / FIFA 2014

Tak ada game ber-genre sepak bola yang sepi peminat, PES dan FIFA merupakan daftar teratas game terlaris di jagad raya. Jika anda ingin memainkan game ini dengan nyaman maka laptop yang anda beli harus memilki spesifikasi seperti dibawah ini:

  • Memory 2GB RAM untuk Windows Vista & Windows 7
  • Prosesor Intel Core 2 Quad Q6600 2.4 GHz / AMD Athlon II X4 600e 2.2 GHz
  • VGA Card Nvidia 8800 GT / ATI Radeon HD 4650
  • DirectX 9.0c
  • Sistem Operasi Windows Vista SP1 / Windows 7
  • HArddisk 8 GB, atau lebih untuk menyimpan game data
  • Instalasi DirectX 9.0c
  • DVD-ROM at 8x Speed

Itulah Spesifikasi yang harus ada pada laptop anda jika anda ingin memainkan game ini dengan nyaman.

Kesimpulan

Setiap laptop hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, meskipun laptop dengan harga yang sangat mahal dan fitur yang memadai tetap memiliki kelemahan. Anda tidak harus membeli laptop yang tidak mengakomodasi kebutuhan anda, memilih laptop sesuai kebutuhan lebih mengutungkan anda terutama dalam segi biaya dan efisiensi.

Back to top

Banner

5 Comments

  1. Kira2 merk apa yang cocok untuk mahasiswa dengan segudang aplikasi statistika kayak aku? Soalnya mw beli laptop tp agak takut salah beli…mohon bimbingannya donk

Leave a Response