close
Info KomputerTips & Trick

Tips menjaga laptop agar tetap awet untuk penggunaan jangka panjang

Tips menjaga laptop agar tetap awet untuk penggunaan jangka panjang

Tips menjaga laptop agar tetap awet untuk penggunaan jangka panjang. Laptop tentu menjadi hal yang sangat penting saat ini, laptop digunakan untuk menunjang pekerjaan. Biasanya usia laptop berkisar 3-5 tahun akan tetapi semua berbalik lagi kepada pemakaian kalian.

Laptop yang rusak akan menjadi tidak berfungsi optimal seperti sediakala.
Maka dari itu kalian butuh untuk merawat laptop kalian biar bisa tetap awet dalam penggunaan jangka panjang.

Laptop yang rusak tentu berasal dari kebiasaan buruk yang dilakukan oeh penggunanya, laptop yang rusak dapat menyebabkan kehilangan data-data penting karena itulah kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut perlu dihindari.

Apa saja sih kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang sehingga menyebabkan penggunaan laptop menjadi cepat rusak? Langsung saja kita simak tips menjaga laptop agar tetap awet untuk penggunaan jangka panjang

Kebiasaan makan di depan laptop

Sebenarnya hal ini tidak masalah di lakukan, akan tetapi dampaknya jika kalian makan laptop kalian tentu akan menjadi kotor dan bisa saja remah-remah makanan tersebut masuk ke dalam sela-sela keyboard sehingga dapat menyumbat dan menjadikannya macet. Sebaiknya kalian meluangkan 5-10 menit untuk makan dan membiarkan laptop kalian untuk dingin sejeank.

Menaruh barang di atas laptop

Sadar tau tidak terkadang kita sering menaruh benda diatas laptop seperti buku ataupun benda-benda yang cukup berat. Tentu hal ini bisa dapat membuat laptop kalian menjadi rusak parah karena ini bisa berdampak serius pada layar LCD atau engsel laptop. Selain itu kalau kalian biasakan ini bisa saja mengores bagian belakang monitor. Sangat berbahaya bukan?

Menunpahkan cairan pada Laptop

Menurut laman Seweltech 60% dari kerusakan laptop disebabkan oleh tumpahan cairan. Hindari kebiasaan ini yaa gaes, jangan menaruh minuman apapun di sekitar laptop karena ini bisa berbahaya buat laptop kamu apalagi kalau sewaktu-waktu kalian tidak sengaja menyenggol. Jika kalian terlambat, kalian bisa melakukan ini.

Baca disini juga ya: Laptop Rusak Karena Terkena Air, Cegah Kerusakan Dengan Cara Ini

Menggunakan mode sleep terlalu lama

Jangan meninggalkan laptop di dalam mode sleep terlalu lama karena hal ini bisa merusak daya tahan dan umur baterai.

Selain itu terlalu lama membiarkan laptop di dalam mode sleep juga bisa merusak motherboard. Jadi apabila pekerjaan kamu sudah selesai sebaiknya save data kamu dan matikan laptop kamu.

Sekian ulasan dari anugrahpratama mengenai tips menjaga laptop agar tetap awet untuk penggunaan jangka panjang. Semoga bermanfaat dan hindari kebiasaan buruk ya ^^

Tags : laptoptips menjaga laptop