close

Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

perbedaan laptop, notebook, dan netbook

Banyak masyarakat yang sering keliru, bahkan tidak mengetahui perbedaan laptop, netbook, dan netbook. Misalnya saja orang awam yang tidak mengetahui perbedaaannya sering mengatakan bahwa notebook itu laptop, bahkan sebaliknya. Padahal ketiganya tidaklah sama. Ketiga jenis komputer jinjing ini memiliki beberapa perbedaan dari segi spesifikasi maupun komponen. Walaupun fungsi dasarnya memang sama.

perbedaan laptop, notebook, dan netbook

Saat ini komputer portable seperti laptop. notebook, atau netbook memang telah menjadi barang yang wajib untuk dimiliki karena tuntutan kegiatan dan produktivas masyarakat sehari-hari. Nama laptop, notebook, dan netbook sebenarnya berasal dari bahasa Inggris. Orang awam di Indonesia lebih senang menyebut komputer jinjing dengan istilah ‘laptop’, karena pengucapannya yang mudah. Sehingga nama tersebut menjadi sangat familiar dan digunakan untuk pemanggilan jenis komputer portable lainnya

Banyak orang yang belum mengerti perbedaan di antara ketiganya, sehingga sering terjadi miskomunikasi. Terutama ketika akan membeli laptop. Penjual akan merasa kebingungan untuk mencari produk yang Anda mau jika salah menyebut. Agar bisa membedakannya dan tidak salah sebut, berikut beberapa perbedaan laptop, notebook, dan netbook yang perlu diketahui.

Laptop

perbedaan laptop, notebook, dan netbook

Laptop merupakan jenis komputer portable yang keluar pertama kali. Komputer jinjing generasi pertama ini digunakan untuk mempermudah mobilitas para penggunanya di mana saja. Laptop memiliki ukuran yang tebal karena dilengkapi dengan optical drive seperti DVD Drive atau CD Drive. Kisaran ukuran laptop sekitar 12 hingga 17 inchi.

Notebook

perbedaan laptop, notebook, dan netbook

Notebook sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan laptop untuk masalah spesifikasi. Namun notebook memiliki mobilitas yang lebih mudah dibanding laptop. Notebook memiliki ukuran dan desain yang lebih tipis dan kecil, sehingga akan lebih mudah dibawa kemana saja. Notebook berukuran lebih mini karena tidak dilengkapi dengan optical drive berupa DVD Drive atau CD Drive di dalamnya. Pada umumnya layar notebook memiliki ukuran sekitar 14 inchi. Untuk tebal, biasanya tidak lebih dari 3 inchi.

Netbook

perbedaan laptop, notebook, dan netbook

Netbook memiliki spesifikasi yang jauh dengan laptop atau notebook. Perbedaanya cukup signifikan apabila dibandingkan dengan laptop dan notebook. Sehingga netbook tidak bisa disejajarkan dengan laptop dan notebook dalam segi fungsi dan spesifikasi. Komputer portable yang satu ini hanya memiliki ukuran layar sekitar 8 hingga 12 inchi. Keunggulannya pada daya tahan baterai yang lebih lama. Netbook biasanya digunakan hanya untuk keperluan internet dan multimedia.

Ketiga jenis komputer portable di atas memang memiliki perbedaan, terutama pada netbook. Sehingga, jangan sampai salah lagi menyebut ketiganya.

Leave a Response