close
Review

Review HP ProLiant DL360 Gen9

HP ProLiant DL360 Gen9

Dengan hadirnya Intel Xeon E5-2600 yang termasuk dalam kategori Haswell membuat banyak produsen perangkat keras menyesuaikan kinerja produk terbaru Intel. Dan hal tersebut di tanggapi dengan baik oleh pihak produsen dengan memunculkan berbagai varian server, tidak terkecuali dengan HP. HP hadir dengan produknya HP Gen 9. Salah satu produknya adalah HP ProLiant DL360 Gen 9, server tersebut hadir dengan ukuran terbaru sebesar 1U. HP ProLiant DL360 Gen9 merupakan salah satu keluarga dari HP ProLiant terbaru yang telah dilengkapi dengan prosesor E5-2600 v3 dan memori DD4, kedua perangkat tersebut mendukung teknologi terbaru dari server HP dan membuat perusahaan pengguna bisa memperoleh visi yang lebih jelas untuk data center mereka.HP ProLiant DL360 Gen9

HP ProLiant DL360 Gen9 masuk ke dalam seri DL300 generasi 9. Hampir sama dengan DL380 yang memiliki ukuran 2U (lebih besar), DL360 juga menggunakan prosesor Intel Xeon terbaru dan didukung dengan teknologi Smart Memory DDR4 dari HP hongga 768 GB dengan kecepatan maksimal hingga 2.133 MHz. Hal tersebut merupakan peningkatan yang luar biasa jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, yaitu DL360 Gen8 yang hanya memiliki kecepatan maksimal hingga 1866 MHz dengan hanya menggunakan memori DDR3. Prosesor terbaru milik Intel ini tersedia hingga 18 core dan secara teori jelas menawarkan improvisasi performa yang meningkat hingga 3 kali lipat per watt. Tersedia juga teknologi Smart Array sebesar 12Gb/s dari HP dan PCIe accelerators pada server generasi terbaru ini. Tidak seperti model DL360p Gen8, DL360 Gen9 di dukung dengan slot GPUs, slot ini bisa di pasang hingga 2 GPU dengan active cards sepanjang 9.5 inci.

Jika anda membeli HP ProLiant DL360 Gen9, anda akan mendapatkan fitur bawaan sebesar 8 drive penyimpanan, 2 prosesor Intel Xeon E5-2697 v3 dengan kecepatan 2.6 GHz, 256GB DDR4 RAM (16 slot DIMMs untuk 16GB 2Rx4 PC4-2133) dan 5 SFF 400GB SAS SSDs. Rasanya tidak adil jika kita hanya melihat dari segi prosesor, memori dan juga tempat penyimpanan. Selanjutnya kami akan membahas lebih rinci mengenai salah satu server generasi terbaru dari HP.

Overview

Jika berbicara masalah server, tentu saja kita tidak bisa mengesampingkan masalah desain. HP ProLiant DL360 Gen9 memiliki desain yang akan kita bagi menjadi 3 kategori, yaitu desain depan, desain belakang dan desain bagian dalam.

HP-ProLiant-DL360-Gen9
Bagian depan HP ProLiant DL360 Gen9

Desain bagian depan memiliki 8 port drive SFFyang bisa di akses dengan mudah, ditambah lagi dengan slot kosong untuk Universal Media Bay pada bagian kanan atas, slot tersebut bisa di konfigurasikan dengan di tambahi 2 drive SFF atau kombinasi dari sebuah drive enyimpanan dengan port VGA yang mudah di akses. Status panel dengan tombol power dan indikator LED juga terletak pada bagian depan, indikator LED pada DL360 Gen9 memiliki fungsi untuk mendeteksi status server, sistem, unit ID dan jaringan. Selain itu juga terdapat port USB yang mudah di akses pada bagian depan. Jika anda kurang sesuai dengan fitur ini, HP juga memberikan pilihan dengan desain bagian depan yang memiliki 4 port drive LFF.

HP-ProLiant-DL360-Gen9
Bagian dalam dari HP ProLiant DL360 Gen9

Pada bagian dalam, Server HP ProLiant GL360 Gen9 memiliki sebuah pendingin yang terletak dekat dengan bagian depan. Pada konfigurasi bawaan dari HP, terdapat 2 prosesor Intel Xeon E5-2697 v3 dengan kecepatan 1.6 GHz dan dilengkapi dengan 16 DIMM slot dari total 24 slot yang tersedia. Sistem ini juga menggunakan memori sebesar 16GB 2Rx4 PC4-2133 DDR4. Anda juga bisa menemukan slot untuk MicroSD yang terletak diantara posisi power supply dan slot DIMM. PCIe riser cadangan (secondary PCIe) juga tersedia dengan 3 port PCIe pada bagian dalam, port tersebut dapat digunakan untuk memaksimalkan konfigurasi dari server DL360 Gen9, seperti menambahkan hingga 2 CPUs, menambahkan slot FlexibleLOM. 2 port SATA tambahan juga terletak di belakang dari PCIe riser tersebut. PCIe riser terbaru menawarkan 2 slot PCIe yang bisa anda gunakan secara opsional dan slot lainnya menawarkan 3 PCIe slot untuk konfigurasi 2 CPU tambahan.

HP-ProLiant-DL360-Gen9
Bagian belakang dari HP ProLiant DL360 Gen9

 

Pada bagian dalam belakang server HP ProLiant DL360 Gen9 dilengkapi dengan port VGA, 4 port adaptor jaringan dengan kecepatan sebesar 1GbE, port iLO manajemen, serial port, 2 port USB 3.0, LED unit ID, dan akses terhadap FlexibleLOM card, pada kasus ini FlexibleLOM card bisa di konfigurasi dengan 2 port interface jaringan PCA FLR 10GbE SFP+.

Server ini juga di desain dengan dua slot platinum 800W hot plug power supply pada efisiensi sebesar 94%. Selain itu HP Flex Slot power supplies mampu mendistribusikan port untuk bisa digunakan oleh hot plug, hot-plug sendiri merupakan perangkat yang digunakan untuk mempermudah instalasi server ProLiant Gen9.

Fitur-fitur pada server HP ProLiant DL360 Gen9

  1. Harmonisasi antara fleksibilitas dan kekuatan komputasi yang tinggi

Seperti yang telah kita bahas bersama diatas, HP ProLiant DL360 Gen9 memiliki slot memori hingga 24 slot DDR4, memori tersebut juga di dukung dengan teknologi Smart Memory dari HP. Dan lebih “ganas” lagi memori tersebut bisa di maksimalkan hingga 1.5 TB untuk bisa meningkatkan performa, menurunkan downtime dan menghemat pengeluaran energi hingga 14%. Anda juga memiliki pilihan untuk bisa menambahkan 4 slot kartu adapter jaringan melalui port HP FlexibleLOM, PCIe standup adapter mulai 1 GbE hingga 40 GbE yang mampu menghasilkan fleksibilitas tinggi bagi bandwidth dan struktur jaringan, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan perkembangan bisnis yang berubah dari waktu ke waktu.

Dengan menggunakan HP ProLiant DL360 Gen9, anda akan mendapatkan kapasitas yang besar dengan konfigurasi tempat penyimpanan yang cukup fleksibel. HP DL360 menggunakan hingga 10 SFF (Small Form Factor) dan 4 LFF (Large Form Factor) yang menggunakan teknologi HP SmartDrives. Diharapkan dengan fleksibilitas dan kapasitas yang besar mampu menawarkan performa, kapasitas dan reliabilitas yang optimal untuk bisa menyesuaikan berbagai kebutuhan dan segmen dari pelanggan.

HP juga menawarkan fasilitas “configure-to-order” pada pembelian server HP Gen9, dan layanan ini juga berlaku di seluruh dunia. Fasilitas ini diberikan pihak HP untuk bisa mendukung berbagai kegiatan IT anda mulai dari melakukan perubahan pada image server, racking (menyediakan dan mengatur rack server) serta deployment (instalasi pada beberapa server yang akan kita remote).

  1. Efisiensi untuk investasi pada industri

Dengan tingkat kinerja yang tinggi, server tentu akan bertambah panas. Oleh karena itu, HP ProLiant DL360 Gen9 di dukung dengan sistem teknologi pendingin terbaru dari HP, tentu saja ini berbeda dengan versi sebelumnya yang menggunakan HP ambient temperature. Generasi 9 menggunakan HP Extended Ambient Operating Support bernama ASHRAE A3 dan A4. Teknologi ini sangat membantu anda untuk bisa menurunkan panas yang ada pada server secara optimal.

Selain teknologi pendingin yang meningkat, HP DL360 juga dilengkapi dengan tingkat efisiensi yang tinggi, HP Flexible Slot Power Supplies mampu menghasilkan efisiensi hingga 96% dan di dukung dengan HP Power Discovery Services. Selain itu, semua server generasi 9 dari HP ini juga mendapatkan sertifikat efisiensi dari ENERGY STAR HP®. HP berkomitmen agar tetap menjadi produsen yang membantu pelanggan untuk bisa menghemat energi dan pengeluaran biaya.

  1. Manajemen infrastruktur yang rapi untuk mengantarkan pelayanan terbaik

Dengan server HP ProLiant DL160 Gen9 yang memiliki teknologi HP OneView, pelanggan akan mendapatkan manajemen untuk automasi kemudahan antar server, penyimpanan dan jaringan. HP ProLiant DL160 Gen9 memiliki fasilitas HP Insight Online, sehingga pengguna juga akan diberikan sebuah ruang pribadi untuk bisa mengatur infrastruktur jaringan, melakukan monitoring dan mendukung manajemen jaringan.

Untuk versi server sebelumnya, kebanyakan menggunakan BIOS untuk melakukan booting, tapi pada HP ProLiant DL160 Gen9 telah menggunakan UEFI boot mode. Dengan UEFI boot mode anda bisa mengurangi akses ke local dan remote server dengan teknologi Intelligent Provisioning dan Scripting Toolkits.

Selain menggunakan berbagai teknologi diatas, server HP ProLiant DL160 Gen9 juga telah dilengkapi dengan HP iLO untuk bisa melakukan optimalisasi manajemen deploy, monitoring dan dukungan terhadap servis secara remote. HP juga menggunakan teknologi baru seperti HP Smart Update yang terdiri dari HP SUM dan SPP. Fitur terbaru akan meningkatkan optimalisasi kerja dari perangkat server HP, mampu melakukan pembaharuan driver secara otomatis dan menurunkan downtime.

  1. Pelayanan servis terdepan

HP ProLiant DL360 Gen9 di dukung dengan fitur HP Technology Service yang lengkap. Diharapkan server tipe ini juga mendukung pelayanan terbaik, menurunkan resiko kegagalan dan membantu pelanggan untuk meningkatkan kecepatan dan stabilitas. HP juga mendukung pelanggan dalam bentuk dukungan konsultasi untuk bisa melakukan transformasi infrastruktur, servis untuk melakukan deploy, migrasi dan mendukung koneksi antar server HP ProLiant generasi terbaru.

HP juga memiliki tim tersendiri yang bisa langsung menuju ke kantor/perusahaan anda untuk secara cuma-cuma memberikan konsultasi mengenai infrastruktur jaringan yang anda miliki. Ketika anda telah membeli HP ProLiant DL360 Gen9, anda juga diberikan servis untuk bisa melakukan deploy (instalasi untuk server yang akan di remote), migrasi dan dukungan terhadap server ProLiant terbaru milik anda.

HP juga memberikan dukungan pada perusahaan yang memiliki data center pada beberapa negara. Dengan servis dan support yang tinggi, diharapkan pengguna akan merasa aman dan nyaman akan infrastruktur yang mereka gunakan.

Leave a Response