close
Review

Review Server Dell PowerEdge VRTX

Dell semakin menguatkan dirinya sebagai salah satu perusahaan yang berbasis teknologi informasi dengan meluncurkan produk server Dell PowerEdge VRTX. Dell menyakinkan publik bahwa mereka tidak hanya fokus pada pembuatan laptop dan PC saja tetapi juga serius mengembangkan server yang ada. Dell PowerEdge VRTX memiliki kemampuan yang cukup menjanjikan sebagai server berbasis mid-end.dell poweredge vrtx

Dell PowerEdge VRTX mengabungkan sebuah server, tempat penyimpanan, jaringan dan manajemen komputasi menjadi satu sehingga alat ini diharapkan akan membantu melakukan optimalisasi pada kantor anda. Dengan desain bodi yang kuat dan terlihat gahar, Dell PowerEdge menawarkan kemudahan, efisiensi dan fleksibilitas.

Pada artikel ini, kita akan sama-sama mencari tahu mengenai Dell PowerEdge VRTX lebih lanjut.

Overview

Dell PowerEdge VRTX di desain dengan kegunaan untuk kegiatan kantor dengan kebutuhan bisnis mid-end (menengah). Server ini mengubah operasional IT menjadi lebih mudah dan memiliki akses untuk mengatur performa sendiri sesuai kebutuhan anda dimanapun dan kapanpun. Dell PowerEdge VRTX merupakan server yang cukup bertenaga, mudah di tempatkan (tidak memakan banyak ruang), mudah dioperasikan dan sangat optimal untuk kegiatan pada lingkungan perkantoran. Power VRTX mampu menghilangkan kompleksitas (kerumitan) dari berbagai hardware yang berbeda jenis, peralatan yang berbeda manajemen dan hardware yang bekerja pada platform yang sama. Server ini mengintegrasikan berbagai perangkat keras tersebut dengan menggunakan 4 PowerEdge M-series server nodes yang mampu mengorganisasi penyimpanan, jaringan dan manajemen dalam 1 bodi berukuran 5U (baca tentang server disini) yang cukup compact. Selain itu, server ini memiliki slot tambahan yang terdapat pada bagian dalam bodi untuk bisa digunakan sebagai penambahan server dan drive penyimpanan tanpa perlu kembali menambahkan rak, tempat tambahan atau kabel tambahan lagi.

VRTX memiliki fitur yang cukup kaya, pada salah satu sisinya terdiri dari 2 socket, menggunakan PowerEdge M520 sebagai half-height dan M620 sebagai server node. Sisi lain dari VRTX memiliki 4 socket dan dilengkapi dengan PowerEdge M820 yang mampu mengantarkan fleksibilitas dan performa yang bagus. Dengan pilihan ukuran drive penyimpanan hingga 3.5 inci sampai 2.5 inci anda bisa mendapatkan kapasitas data hingga maksimal 48 TB, tidak perlu khawatir karena VRTX juga telah dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal yang sangat besar pula, hal tersebut tentu saja mampu menjaga data anda agar tetap bisa tumbuh dan tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Dell PowerEdge VRTX telah terintegrasi langsung bersama internal switch yang terdapat di dalam server tersebut dengan kecepatan transfer port mencapai 1 GbE (bisa hingga 10 GbE asalkan melakukan permintaan ke distributor). Dengan mengandalkan fleksibilitas, port I/O pada server ini pun juga tak kalah menjanjikan, terdapat 8 port dengan teknologi PCI Express® (PCIe) slots. Selain slot, Dell VRTX juga dilengkapi dengan power supply sebesar 1100W yang mampu mendukung perangkat lain seperti kipas, blower dan chassis management controllers. Chassis management controller atau yang bisa kita sebut CMC merupakan sebuah sistem manajemen yang mampu menyelesaikan masalah pada sistem manajemen penyebaran perangkat dan kompleksitas yang terjadi pada server nodes, tempat penyimpanan yang di bagi (shared storage), jaringan dan port tenaga, pada satu single konsol.

Pengguna bisa mengakses CMC secara intuitif dengan melalui sebuah antar muka website yang mudah digunakan. Website ini bekerja dengan berbagai peralatan yang tergolong dalam Dell OpenManage™, seperti iDRAC7 yang memiliki fitur Lifecycle Controller, fitur ini telah tertanam pada server node yang ada di PowerEdge VRTX. Manajemen yang telah tertanan pada platform VRTX memperbolehkan administrator jaringan anda untuk bisa mengatur server Dell PowerEdge VRTX untuk bisa digunakan secara langsung, virtual, local atau dilakukan remote server. Dengan berbagai kemampuan ini pengguna di berikan pilihan untuk bisa mengatur bandwidth sistem keluar, mengatur siapa saja yang bisa mengakses server atau meniadakan bandwidth sistem manajemen. CMC memiliki sebuah konsol yang bernama CMS’s unified management yang bisa menurunkan kerumitan jaringan, meningkatkan produktivitas dan membantu anda untuk bisa mendapatkan nyala server dengan maksimal, dengan begitu anda bisa menurunkan waktu administrasi yang digunakan sehingga pengeluaran biaya anda tidak banyak.

Jika anda menggunakan Dell PowerEdge VRTX sebagai remote manajemen server, anda bisa menggunakan software bernama OpenManage Essentials yang bisa anda unduh melalui website resmi Dell. Perangkat lunak ini membantu anda untuk memonitor dan mengatur beberapa platform VRTX pada beberapa lokasi. Dell memberikan akses ekslusif untuk sistem yang ada pada PowerEdge VRTX yang menggunakan lisensi Enterprise pada CMC, untuk bisa mendapatkan mapping dari setiap komponen yang ada, mapping tersebut memberitahu anda mengenai kondisi dari server tersebut. Selain Open Manage Essentials, anda juga bisa mendapatkan perangkat lunak bernama OpenManage iDARC dengan fitur Lifecycle Controller yang telah terintegrasi dan tersambung pada sistem manajemen yang anda pasang sendiri atau bisa dibilang bukan bawaan (seperti bawaan dari MIcrosoft, VMware, dan BMC), jadi anda bisa melakukan perawatan pada satu poin dan menyatukan dengan sistem yang telah anda jalankan.

Fleksibilitas dengan gabungan stabilitas platform yang anda dapatkan dari Dell PowerEdge VRTX merupakan sebuah kenyamanan tersendiri. Fleksibilitas yang digabungkan dengan konfigurasi hardware dan skalabilitas membuat sistem manajemennya lebih konsisten dan seragam, sehingga akan jarang terjadi masalah yang timbul akibat kesalahan hardware dalam mengelola informasi atau perintah. Karakteristik seperti inilah yang akan membuat anda percaya diri ketika menggunakan VRTX. Seluruh pekerjaan anda akan terakomodasi dengan baik serta investasi perangkat keras dan lunak juga akan terjaga pula.

Fitur-fitur pada Dell PowerEdge VRTX

1. Kapasistas yang meningkat pada Dell PowerEdge VRTX

Sebagai sebuah server yang di desain untuk memberikan solusi untuk teknologi informasi untuk perkantoran, PowerEdge VRTX dilengkapi dengan fitur dan kapabilitas yang tinggi untuk menangani berbagai perkerjaan kantor baik itu remote atau pun fisik. Dell PowerEdge VRTX merupakan sebuah perangkat yang multifungsional, hal ini di karenakan VRTX didesain dengan server, tempat penyimpanan, peralatan jaringan dan manajemen menjadi satu. Dengan desain yang bisa di bilang cukup solid dan terkesan megah namun tetap tidak memakan banyak tempat menawarkan sebuah kenyamanan tersendiri bagi anda yang ingin membangun pusat data.

dell poweredge vrtx
Desain Full-Height dan Half-Height pada Dell PowerEdge VRTX

Terdapat sebuah fitur utama yang menjadikan Dell PowerEdge VRTX mampu memiliki fungsionalitas yang tinggi disertai dengan fleksibilitas yang meningkat dan efisiensi yang diperbaharui, seperti:

  • Pemilihan server node tambahan: Drive Tier 1, merupakan drive pada bagian back-end yang memiliki 4-socket untuk menangani pekerjaan, dilengkapi dengan M820 server node serta dilengkapi dengan kapasitas memori yang cukup besar, memiliki bandwidth jaringan yang cukup lebar dan latensi (keterlambatan) yang cukup rendah karena menggunakan penyimpanan Express Flash.
  • Sistem proteksi data terbaru: Sistem proteksi data terbaru ini tentunya lebih kompleks namun tetap mudah digunakan, sistem proteksi ini terletak di dalam bodi server. Dell PowerEdge VRTX memiliki PowerEdge RAID Controller (PERC) yang mampu menyediakan lama nyala RAID kontroler yang tinggi. RAID kontroler sendiri terletak pada dalam bodi.
  • Peningkatan sistem manajemen: Fitur selanjutnya mampu mengatur kesamaan antara CMC (Chassis Management Controller) yang terletak pada data center dengan CMC yang terletak pada server Dell VRTX. Hal tersebut menjamin bahwa sistem manajemen yang ada akan lebih konsisten dan mudah digunakan.
  • Sumber informasi yang ditingkatkan untuk VDI: VRTX memiliki dukungan untuk perangkat yang digunakan secara khusus untuk pemrosesan grafis atau yang lebih kita kenal dengan GPGPU (General-Purpose Graphics Processor Units). Administrator bisa mengatur agar perangkat tersebut bisa terpasang secara virtual  pada kantor secara remote, biasanya hal ini digunakan pada kantor-kantor cabang.

VRTX dapat di pasang dengan cepat untuk berbagai tujuan konsolidasi dan mengantur aplikasi bisnis dengan bantuan 4 server nodes yang didukung tempat penyimpanan yang bisa di bagi dan jaringan yang terintegrasi. Server ini cukup ideal untuk digunakan pada kantor-kantor cabang dari sebuah perusahaan besar atau sebuah organisasi yang memiliki kantor yang kecil atau besar.

2. Biaya penggunaan yang rendah

Dell PowerEdge VRTX mampu memberikan 26 persen biaya lebih rendah dalam 5 tahun jika di bandingkan dengan ketika anda menggunakan tower server biasa. Anda bisa menghemat uang sebesar 26 juta rupiah jika anda menggunakan VRTX. Ditambah lagi, jika anda menyimpan data dan menjalankan aplikasi pada cloud server, anda bisa menghemat uang sebesar 63.9 persen lebih rendah selama 5 tahun dan anda bisa menghemat uang anda sekitar hampir 150 juta rupiah.

3. Performa yang tinggi

Menggunakan teknologi PowerEdge yang paling baru anda akan mendapatkan fitur kemampuan server yang tinggi (sedikit memiliki down-time). Dell VRTX mampu membantu anda mendapatkan waktu respon yang aplikasi yang cukup cepat, mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan performa yang tinggi dan latensi yang rendah, memiliki waktu pemrosesan yang cukup tinggi dan bisa dikembangkan untuk kegiatan bisnis ke depannya.

dell poweredge vrtx
Teknologi PowerEdge Dell PowerEdge VRTX

Performa dan ketersedian fitur juga termasuk:

  • Memiliki 4 port PowerEdge yang berfungsi sebagai server nodes dengan konfigurasi yang cukup fleksibel dan dapat di gabungkan dengan 4 socket M820 dan 2 socket M630, M620 dan M520 server blade untuk kebutuhan anda.
  • Mendukung untuk pembaharuan blade hingga PowerEdge M-Series.
  • Dual SD card untuk mengatasi redundansi (pengulangan) hypervisor.
  • Memiliki Hot-plug HDD dan HDD yang bisa di ganti sesuai kebutuhan.
  • Memiliki Hot-plug power supply dan power supply yang bisa di ganti sesuai kebutuhan.

4. Tempat penyimpanan yang fleksibel

Semua server nodes memliki akses untuk bisa mengakses tempat penyimpanan yang di atur untuk bisa di gunakan secara bersamaan, dengan tingkat latensi yang rendah. Hal ini cukup esensial untuk melakukan penggolongan (clustering) dan virtualisasi, termasuk vMotion. Hal ini juga dapat membantu anda mendapatkan efisiensi tingkat pemrosesan dalam waktu yang tepat dan dapat meningkatkan fleksibilitas penggunaan server.

dell poweredge vrtx
HDD yang Dell PowerEdge VRTX

VRTX memperbolehkan anda untuk mengatur tempat penyimpanan anda, seperti:

  • Mengatur setiap server node untuk bisa melihat tempat penyimpanan yang di bagi sebagai satu tempat penyimpanan, sehingga menjaga latensi agar tetap rendah.
  • Memasukan disk virtual kepada satu server node atau server node yang berbeda
  • Melakukan migrasi data dari mesin virtual dengan menggunakan VRTX chassis tanpa perlu menggunakan kabel dan tenaga tambahan, termasuk mengatur ulang SAN.
  • Anda bisa memilih berbagai ukuran HDD yang nyaman anda gunakan.

5. Terintegrasi dengan jaringan dan port input/output yang fleksibel

Salah satu kelebihan yang ada pada server VRTX adalah jaringan yang terintegrasi, sehingga hal tersebut bisa mengurangi pengguna kabel, tenaga dan anda mampu mengatur switch jaringan tersendiri. Pengguna yang membutuhkan performa jaringan yang tinggi dapat memilih untuk bisa menggunakan pilihan jaringan yang telah di atur pada server Dell PowerEdge VRTX, seperti:

  • Memilih modul switch internal sebesar 1GbE.
  • Memilih modul Pass-Thru.
  • Memilih opsi dual port atau quad port 10GbE pada server nodes
dell poweredge vrtx
Output pada Dell PowerEdge VRTX yang tergolong fleksibel

Untuk efisiensi dan efektivitas pengeluaran, VRTX memiliki fitur 8 port yang didukung dengan teknologi PCIe generasi ke 3 yang bisa anda bagi sebagai lintas server nodes, seperti:

  • 3 slot penuh yang mendukung pemrosesan grafis (GPUs).
  • 5 SFF (Small Form Factor).

6. Sistem manajemen yang mudah, efisien dan fleksibel

Sistem manajemen pada VRTX cukup terkontrol dan memiliki fitur yang cukup lengkap dan membutuhkan waktu yang cukup cepat serta sistem administrasi yang mudah. Hal ini mampu menyebarkan, memonitor, memperbaharui dan merawat server melalui sebuah konsol yang mampu meliputi seluruh server, tempat penyimpanan dan jaringan. Dell OpenManage Essential secara bersamaan mampu bekerja sama dengan CMC dan Geographical View pada server Dell PowerEdge VRTX. Fitur ini mampu memberikan anda kemampuan untuk memonitor seluruh hal yang terjadi pada platform yang terdapat pada VRTX. Beberapa hal yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan sistem manajemen dari Dell PowerEdge VRTX adalah:

  • Konsistensi dengan menggunakan CMC pada data center yang dibangun.
  • Mampu melakukan pemasangan sistem baru baik itu pada lokal area atau berbeda area jaringan, asalkan masih tersambung.
  • Didukung oleh lebih dari 1000 perangkat yang memiliki kemampuan untuk bisa menjalankan aplikasi yang bisa membawa anda menuju CMC.
  • Cepat dan mampu memetakan semua sistem yang menjadi bagian dalam remote sistem dan mampu menampilkan status sistem dengan warna yang telah menjadi kode sebelumnya.
  • Mampu memasang pembaharuan terhadap firmware, BIOS dan driver.
  • Mampu melakukan perawatan sistem dan mengurangi masalah yang muncul.
  • Mampu melakukan pembaharuan pada 36 server dengan 9 platform VRTX secara bersamaan hanya dengan 1 kali reboot sistem saja.

7. Integrasi manajemen yang mudah

Sistem manajemen yang terdapat pada Dell PowerEdge VRTX telah terintegrasi dengan berbagai software eksternal (bukan software bawaan dari Dell). Dengan integrasi manajemen yang mudah, anda bisa memasang berbagai investasi dan memperbolehkan anda menggunakan seluruh sumber informasi yang dibutuhkan. Dengan begitu, anda bisa melakukan berbagai hal ini:

  • Mengurangi waktu dan biaya pengeluaran dari pelatihan untuk manajemen solusi yang baru.
  • Memperdalam dan meluaskan kapabilitas sistem manajemen diatas kemampuan chassis.
  • Memasang Dell VRTX ke dalam infrastruktur yang telah di operasikan dengan Dell OpenManage atau sistem manajemen lainnya seperti Microsoft® System Center dan VMware vCenter™.

Leave a Response