close

Smartwatch: Jam Tangan Pintar yang Diperkirakan Booming Pada 2015

smartwatch 6Salah satu teknologi yang diperkirakan akan booming dan banyak pada tahun ini adalah Smartwatch (jam tangan pintar). Mungkin masyarakat Indonesia masih belum mengenal sepenuhnya perangkat jam tangan pintar ini dan apa saja yang bisa dilakukan dengan perangkat Smartwatch ini. Pada artikel ini kami akan menjelaskan dengan detail apa sebenarnya Smartwatch, cara kerja Smartwatch dan apa yang bisa kalian lakukan dengan perangkat ini.

Gampangnya, Smartwatch merupakan jam tangan yang dilengkapi dengan layar dan memiliki kemampuan untuk lebih dari sekedar memberitahukan waktu kepada penggunanya. Atau dengan kata lain, jam tangan pintar merupakan perangkat pintar yang anda kenakan pada pergelangan tangan anda.

Overview

Lalu apa sebenarnya Smartwatch tersebut dalam artian yang luas? Jam tangan pintar merupakan perangkat yang memiliki kemampuan komputasi yang cukup tinggi. Dengan kemampuan tersebut, Smartwatch menawarkan fasilitas yang tidak ada pada jam tangan biasa. Smartwatch merupakan perangkat yang di desain sebagai pelengkap atau berpasangan dengan ponsel pintar (Smartphone). Dengan begitu, anda bisa menikmati fitur-fitur seperti koneksi internet, menjalankan aplikasi Smartphone anda, melakukan panggilan telepon, membuat pesan via text atau video, memonitor caller ID, melihat kondisi cuaca, mengontrol tingkat kebugaran, mendapatkan koordinat GPS dan lokasi, serta masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh perangkat Smartwatch ini.

Beberapa perusahaan ponsel pintar telah memunculkan produk jam tangan pintar ke pasaran. Tentu saja hal ini juga dibarengi dengan munculnya perangkan ponsel pintar yang mampu bekerja bersama dengan Smartwatch, Seperti Samsung Galaxy Note 3 dengan Gear Watch-nya. Pada 2015 ini, beberapa perusahaan besar juga memiliki keinginan untuk merambah pasar ini, seperti Google, Samsung, Apple, LG, Sony, Pebble dan beberapa perusahaan lainnya.

Mengenal Smartwatch

Setelah mengetahui apa pengertian Smartwatch kini kita beranjak mengenal apa itu Smartwatch. Dengan mengenal perangkat ini lebih lanjut, kita akan mengetahui harga, cara kerja, dan bagaimana jika dipasangkan dengan ponsel pintar milik kita.

1. Berapa harga Smartwatch?

Tentu saja perangkat ini memiliki harga yang sepadan dengan kemampuannya. Sony SmartWatch yang merupakan edisi pertama Smartwatch dari Sony, di bandrol dengan harga sebesar 2 juta rupiah. SmartWatch 2 milik Sony juga dilabeli dengan harga yang tidak jauh berbeda, yaitu sekitar 2,5 juta rupiah. Sedangkan untuk Samsung Galaxy Gear dan Pebble Steel memiliki harga yang jauh diatas milik Sony, yaitu sebesar 4 jutaan.

Jika anda memiliki budget yang tidak besar, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli Smartwatch milik vendor-vendor kecil, seperti Archos yang berkisar dengan harga 900 ribuan. Tentunya sebelum membeli anda harus menyesuaikan kinerja perangkat jam tangan pintar tersebut dengan ponsel pintar anda. Jangan sampai, perangkat Smartwatch tidak bisa bekerja sama dengan baik dengan ponsel anda.

2. Bagaimana cara kerja Smartwatch?

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, Smartwatch yang anda beli alangkah baiknya bisa bekerja sama dengan baik dengan Smartphone milik anda. Mengapa? Karena Smartwatch memang didesain sebagai pelengkap Smartphone dan dengan begitu seluruh fitur yang ada pada Smartwatch akan bekerja secara optimal.

Jam tangan pintar ini terhubung dengan perangkat ponsel anda menggunakan konektivitas Bluetooth dan untuk beberapa Smartwatch telah menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication). Ketika anda telah bisa menyambungkan Smartwatch ke dalam Smartphone, anda bisa memilih berbagai pemberitahuan yang bisa anda dapatkan seperti, pesan masuk, email, panggilan telepon dan aktivitas sosial media. Banyak jam tangan pintar yang mampu melakukan berbagai hal lainnya, seperti mengontrol musik yang ingin anda mainkan dalam ponsel anda atau mengambil gambar dengan menggunakan kamera ponsel. Fungsionalitas yang sangat bervariasi tersebut tergantung jenis dari Smartwatch yang anda beli. Oleh karena itu, pastikan anda memilih Smartwatch yang sesuai dengan kebutuhan anda sebelum membelinya.

3. Apakah semua jenis Smartwatch mampu bekerja sama dengan Smartphone milik saya?

Pertanyaan diatas merupakan pertanyaan yang sangat bagus. Sayangnya, tidak semua jenis Smartwatch mampu bekerja sama dengan berbagai jenis Smartphone. Kebanyakan Smartwatch di buat untuk bisa bekerja sama dengan Smartphone, oleh karena itu mengapa banyak Smartwatch menggunakan sistem operasi iOS dan Android. Dan karena hal tersebut, sebaiknya anda memastikan jika anda menggunakan ponsel Android maka anda harusnya membeli Smartwatch yang menggunakan sistem operasi Android, begitu juga dengan iOS.

Ketika jenis sistem operasi sama, bukan berarti jika Smartwatch yang anda beli mampu bekerja sama dengan ponsel pintar anda. Beberapa Smartwatch didesain hanya untuk perangkat Smartphone khusus. Contohnya, Samsung Galaxy Gear hanya bisa bekerja dengan perangkat Smartphone samsung jenis Samsung Galaxy S4 atau Samsung Galaxy Note 3.

Smartwatch yang diperkirakan akan menjadi yang terbaik pada 2015

1. Pebble Steel

Pebble merupakan salah satu vendor besar untuk industri Smartwatch. Dengan produknya yang diberi nama Pebble Steel, jam tangan pintar ini memiliki material bodi yang berasal dari metal dan dilengkapi dengan kaca gorilla glass untuk melindungi layarnya. Untuk seri yang Pebble Steel, terdapat dalam 2 warna yaitu, silver dan hitam doff. Pebble Steel memiliki tampilan antarmuka yang cukup intuitif dan mudah untuk digunakan. Perangkat ini bisa bekerja sama dengan sistem operasi iOS dan Android. Pebble Steel juga mampu mengakses App Store atau Play Store sehingga mampu bekerja dengan lebih dari 1000 aplikasi yang ada.

smartwatch
Smartwatch Pebble Steel

Dengan fasilitas fitur yang cukup banyak, perangkat ini didukung dengan daya tahan baterai yang cukup tinggi.

Spesifikasi Umum
  • Kompatibilitas: iOS dan Android
  • Fitur menghitung detak jantung: Tidak ada
  • Layar: 1.26 inci, hitam putih
  • Daya tahan baterai: 7 Hari

2. LG G Watch R

Mungkin bisa dikatakan jika LG G Watch R merupakan Smartwatch Android terbaik. LG G Watch R memiliki layar yang cukup tajam, daya tahan baterai yang kuat, fitur yang lengkap, desain yang bagus dan nyaman digunakan. Sungguh lengkap bukan?

LG G Watch R memiliki layar sebesar 1.3 inci, yang sangat nyaman digunakan pada lengan anda. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 320×320 dengan ke rapatan pixel sebesar 348 PPI, mengungguli miliki Moto 360. Sebagai jam tangan pintar dengan platform Android, LG G Watch R mampu menampilkan semua notifikasi yang ada pada ponsel Android. Dengan begitu, LG G watch R mampu membantu anda untuk tetap memantau jadwal kegiatan anda, mampu digunakan sebagai GPS, menggirimkan pesan, memainkan musik atau memantau detak jantung anda. Dan istimewanya lagi, semua hal tersebut bisa anda lakukan tanpa harus mengoperasikan ponsel Android anda.

smartwatch
Smartwatch LG G Watch R
Spesifikasi Umum
  • Kompatibilitas: iOS dan Android
  • Fitur menghitung detak jantung: Ada
  • Layar: 1.3 inci, Berwarna
  • Daya tahan baterai: 2 Hari

3. Apple Watch

Mungkin cukup terlambat bagi vendor sebesar Apple untuk memulai “peperangan” dalam industri Smartwatch. Namun, tampaknya Apple tak takut dengan para pendahulunya. Tahun 2015 ini, Apple berniat mengeluarkan Apple Watch yang akan dinamai dengan iWatch. Apple mengatakan jika Apple Watch akan memiliki desain yang jauh lebih atraktif dan hadir dalam 2 ukuran, selain itu Apple akan memberikan berbagai aksesoris yang mampu memperindah jam tangan pintar versi mereka tersebut. Sehingga diharapkan pengguna tidak akan mudah bosan dan mampu merancangnya seperti apa yang di inginkan.

Apple Watch memiliki fitur Touchscreen (layar sentuh), namun pihak Apple tetap memberikan sebuah tombol yang bisa digunakan untuk mengoperasikan perangkat ini. Selain fitur layar sentuh, Apple watch mampu mendeteksi gerakan dan detak jantung penggunanya. Apple Watch mampu terhubung dengan perangkat iPhone atau iPad anda dengan menggunakan NFC (Near Field Communication).

smartwatch
Smartwatch Apple Watch

Selain itu yang lebih istimewanya lagi, iWatch atau Apple watch ini memiliki fitur Siri. Dengan begitu, anda bisa mengontrolnya hanya dengan melalui suara. Tapi sampai saat ini, masih belum jelas kapan Apple Watch akan dirilis di pasaran.

Spesifikasi Umum
  • Kompatibilitas: iOS
  • Fitur menghitung detak jantung: Ada
  • Layar: – inci, Berwarna
  • Daya tahan baterai: Belum diketahui

4. Moto 360

Salah satu masalah pada Smartwatch yang beredar dipasaran adalah desain yang kurang menarik. Moto 360 bisa jadi solusi untuk anda yang menginginkan Smartwatch dengan desain yang menarik. Moto 360 memiliki resolusi layar sebesar 320 x 290 dengan kerapatan pixel sebesar 239 PPI. Perangkat ini memiliki sistem operasi Android, sehingga mampu mendukung berbagai fitur-fitur yang dimiliki ponsel Android seperti, Google Voide Commands, Google Now dan berbagi pemberitahuan yang anda pada ponsel Android anda.

smartwatch
Smartwatch Moto 360

Istimewanya, Smartwatch moto 360 memiliki fitur anti-air dan juga dilengkapi dengan kaca Gorilla Glass 3.

Spesifikasi Umum
  • Kompatibilitas: Android
  • Fitur menghitung detak jantung: Ada
  • Layar: 1.56 inci, hitam putih
  • Daya tahan baterai: 2 Hari

5. Samsung Gear 2

Jika anda menggunakan ponsel Android dengan vendor Samsung, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli perangkat jam tangan pintar Samsung Gear 2. Smartwatch ini memiliki fitur microphone dan speaker bawaan. Dengan fitur ini anda bisa menerima panggilan telepon tanpa perlu menyentuh ponsel anda. Selain itu perangkat ini mampu bekerja dengan fitur Samsung S Voice untuk bisa membuat anda mengecek cuaca hari ini atau sekedar melihat detail kontak yang ada pada ponsel anda.

smartwatch
Smartwatch Samsung Gear 2
Spesifikasi Umum
  • Kompatibilitas: Android
  • Fitur menghitung detak jantung: Ada
  • Layar: 1.63 inci, Berwarna
  • Daya tahan baterai: 2 Hari

Kesimpulan

Industri jam tangan pintar ini memang masih tergolong baru dan berkembang. Oleh karena itu, masih dibutuhkan beberapa teknologi pendukung seperti, kaca pelindung yang cukup kuat (anti-gores), Bluetooth 4.0 dan prosesor yang lebih bertenaga dan efisien serta layar yang mampu digunakan dalam keadaan dan kondisi apapun. Dengan tambahan dukungan teknologi tersebut, Smartwatch diharapkan sanggup membantu dan memudahkan kebutuhan manusia.

1 Comment

  1. kenapa smart watch harus berpasangan dengan HP?tidak bisakah dibuat mandiri,bisa untuk telpon,sms,etc seperti jamnya power rangers?pasti lebih KEREN…

Leave a Response