close

Tanggal Rilis, Harga dan Fitur Terbaru Windows 10

dell poweredge vrtxMicrosoft telah memperkenalkan Windows 10 pada sebuah forum resmi yang mereka buat sendiri. Dari forum tersebut kita mendapatkan banyak informasi mengenai tanggal rilis, harga dan fitur terbaru Windows 10 yang akan bisa digunakan pada PC, tablet dan ponsel. Windows 10 diperkirakan akan di patok dengan gratis untuk pembaharuannya jika anda masih terhitung pengguna Windows aktif pada saat peluncuran Windows terbaru. Ini dia beberapa hal yang bisa anda ketahui tentang tanggal peluncuran, harga dan fitur terbaru dari Windows 10.

Overview

Mungkin Windows merasakan kesuksesan yang kecil saat merilis sistem operasi Windows 8, oleh karena itu tak lama kemudian pihak Windows melakukan berbagai perbaikan untuk membuat mereka kembali eksis di dalam pasar persaingan sistem operasi. Dengan perkembangan yang cukup cepat dari ponsel pintar dan tablet, hal tersebut secara tidak langsung menurunkan pangsa pasar dari PC. Oleh karena itu, Microsoft sepertinya ingin memberikan beberapa perubahan untuk sistem operasi Windows 10, agar bisa mudah digunakan baik untuk PC dan juga perangkat mobile.

Hal tersebut bisa berarti 2 hal, sistem tersebut baru dan akan ada peningkatan waktu untuk menjalankan berbagai aplikasi dan servis. Berbeda dengan versi sebelumnya, pada Windows terbaru akan di masukkan sebuah aplikasi bawaan termasuk Xbox dan sebuah web browser baru yang akan menggantikan IE, bernama Spartan.

Tanggal rilis Windows 10: Kapan Windows 10 akan di rilis?

Windows 10 versi terbaru dari pengguna insider akan di rilis minggu ini, Microsoft memperkirakan akhir januari atau minggu pertama februari seluruh pengguna insider akan bisa menggunakan Windows 10 versi terbaru. Setelah itu di ikuti dengan Windows 10 versi ponsel atau yang biasa kita kenal Windows Phone. Microsoft telah mengeluarkan statment jika Windows 10 akan di keluarkan secepatnya pada tahun 2015 ini, jadi sepertinya kita tidak bisa berharap jika Windows 10 akan di rilis pada April tahun ini, seperti beberapa isu yang sedang berkembang. Mengapa? Karena bisa kita lihat jika Windows 10 yang digunakan oleh insider program bukanlah versi penuh dari Windows, melainkan terdapat beberapa aplikasi yang dibatasi. Selain itu, lisensi Windows 10 Technical Preview juga berakhir pada April 2015. So, sepertinya tidak mungkin jika Windows 10 akan di rilis pada April tahun ini. Microsoft juga menambahkan, jika Windows 10 tidak akan dicobakan kepada masyarakat luas selama 6 bulan sebelum waktu peluncurannya.

review-windows-10
Start screen pada Windows 10

Kevin Turner selaku kepala pengembangan sistem operasi pada Microsoft mengatakan jika Windows 10 akan di rilis setidaknya pada akhir musim panas 2015 atau awal musim gugur. Microsoft sendiri masih bungkam soal kepastian tanggal peluncuran Windows 10, karena hal tersebut mengacu pada komitmen Microsoft mengenai user testing dan tidak ingin mengulangi kesalahan saat menentukan tanggal pasti pada peluncuran Windows Vista. Tapi satu hal yang pasti mengenai tanggal peluncuran Windows 10, Windows 10 akan diluncurkan setidaknya pada kuartal ke dua atau ke tiga tahun ini. Kami memperkirakan jika Windows akan merilisnya, setidaknya september tahun ini.

Jika anda masuk sebagai Windows Insider Program, anda akan mendapatkan sebuah email dari pihak Microsot yang berisi “Kami akan mengirimkan beberapa pembaharuan yang cukup menggembirakan dan akan segera diluncurkan. Dalam beberapa waktu kedepan, kami ingin anda mengikuti seluruh peraturan yang ada pada Windows Insider Program”. Sebuah bukti bahwa, Microsoft masih menginginkan user testing yang lebih kompleks. Gabriel Aul, yang merupakan ketua dari Windows Insider Program telah mengkonfirmasi bahwa Windows 10 versi terbaru bisa di unduh dalam bentuk ISO.

Berapa harga Windows 10?

Windows 10 akan diluncurkan gratis bagi anda yang merupakan end user dari Windows. Anda bisa melakukan pembaharuan sistem melalui sistem operasi biasa. Pengguna Windows 7, Windows 8 dan Windows Phone terbaru akan mendapatkan upgrade secara gratis ke dalam Windows 10. Sayangnya pembaharuan ini hanya gratis untuk 1 tahun pertama, dan akan di kenakan biaya sendiri untuk tahun berikutnya.

windows 10
Pembaharuan Windows 10 dipatok gratis oleh Microsoft

Pada awal artikel kami telah menjelaskan jika Windows 10 mungkin akan free bagi konsumen Windows, meski begitu Microsoft tetap memberikan beban biaya yang mungkin cukup ringan pada pengguna. Lalu berapakan biaya pasti yang harus dikeluarkan untuk membeli Windows 10? Microsoft sendiri telah menolak untuk memberitahu secara spesifik berapa harga yang harus dibayar pengguna untuk menikmati sistem operasi terbaru ini.

Lalu bagaimana dengan Windows Phone 10?

Windows 10 rencananya juga akan berjalan pada ponsel pintar, tablet, laptop dan PC. Pada aplikasi Phone Insider yang terdapat di Windows Store, anda bisa mendapatkan pembaruan versi pre-rilisi (sebelum rilis) dari Windows Phone 10. Microsoft saat ini akan memberitahukan kepada pengguna mengenai fitur-fitur terbaru dari versi sistem operasi Windows 10 terbaru. Nantinya tidak akan ada nama Windows Phone 10, melainkan langsung menjadi Windows 10.

Fitur-Fitur terbaru pada Windows 10

Salah satu hal terbesar yang membuat banyak pengguna bertanya-tanya mengenai Windows 10 adalah slogan-nya yang berbunyi “One product family, one platform, one store”. Hal ini berarti tidak akan ada berbagai versi Windows 10 dan otomatis hanya akan ada satu versi Windows 10 saja. Lalu apa saja fitur baru yang menjadikan perbedaan untuk Windows 10 dengan versi sebelumnya? here they are kita simak fitur terbaru di bawah ini

1. Spartan menggantikan Internet Explorer?

Menurut pemberitahuan dari ZDNet, Microsoft membuat sebuah aplikasi web browser baru untuk Windows 10 yang di namai dengan Spartan. Dan Microsoft pun juga telah mengkonfirmasi jika meraka telah mengembangkan sebuah sistem web browser terbaru. Sebelumnya telah dirumorkan jika Internet Explorer 12 akan mengisi web browser untuk Windows 10 dan akan memiliki tampilan yang sama. Namun hal ini sepertinya dibantah oleh pihak Microsoft, Spartan merupakan web browser yang akan mengisi Windows terbaru. Sama halnya seperti Chrome dan Firefox, Spartan pun juga bisa dibekali dengan berbagai ekstensi. Spartan di bangun dengan menggunakan Microsoft’s Chakra JavaScript engine dan Trident rendering engine.

review-windows-10
Spartan web browser yang menggantikan Internet Explorer

Bahkan kini beberapa screenshot web browser Spartan sudah bisa anda dapatkan di Google.

2. Xbox kini bisa anda nikmati pada desktop

Ada Windows 10 untuk desktop yang dilengkapi dengan aplikasi Xbox. Kami masih belum mengetahui kepastiannya, meski begitu Paul Thurrott telah menyuarakan jika memang Xbox di masukan pada desktop, alangkah baiknya jika di ganti dengan menggunakan Xbox versi terbaru, seperti Xbox SmartGlass.

Hal tersebut juga telah di konfirmasi secara resmi oleh pihak Microsoft, jika Windows versi desktop juga akan ditambahkan aplikasi Xbox. Namun apakah akan ditambahkan konsol Xbox, kami belum mengetahuinya lebih lanjut.

3. Start Menu yang berubah

Windows versi terbaru sepertinya menggabungkan antara keunggulan dari Windows 7 dan Windows 8 dalam hal start menu. Anda akan mendapati start menu terletak di tempat yang lama seperti Windows 7, namun tampilannya cenderung baru dan bervariasi seperti Windows 8. Anda bisa mengatur seluruh ikon yang ada dan ikon-ikon tersebut bisa diatur secara mudah.

review-windows-10
Start Menu Windows 10

4. Cortana

Microsoft sepertinya tidak akan meluncurkan fitur ini hingga pembaharuan terbaru, tapi sepertinya Windows 10 beta sudah akan dilengkapi dengan fitur ini. Lalu apa sebenarnya fitur Cortana sendiri? Cortana merupakan sebuah fitur yang bekerja seperti Siri pada Apple. Fitur ini bisa mendeteksi suara anda dan menjalankan perintah anda. Tampaknya fitur ini tidak hanya terdapat pada ponsel pintar atau tablet, namun juga pada PC.

review-windows-10
Cortana pada Windows 10

5. Fitur Task View

Pada taskbar yang ada di Windows terbaru nanti, akan ada sebuah tombol kecil yang di namai Task View. Ketika pengguna menekan tombol ini, pengguna akan mendapatkan beberapa thumbnail dari seluruh aplikasi yang sedang berjalan. Fitur ini sangat mirip dengan fitur Expose pada Mac OS X. Tentu saja fitur tersebut adalah fitur yang cukup bagus, mengingat hal tersebut akan membantu para pengguna baru untuk bisa lebih familiar dengan Windows 10.

windows 10
Task View pada Windows 10

Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang berbeda, namun kami memberikan 5 fitur yang memberikan perbedaan cukup jauh dengan sistem operasi Windows versi sebelumnya.

Leave a Response